Skema Menyusun Sebuah Runtutan Prakata Panitia

Skema Menyusun Sebuah Runtutan Prakata Panitia

Isi dari prakata panitia harus singkat, ringkas, jelas, dan mudah dipahami oleh mustami’in dan mustami’at. Untuk itulah perlu perbatasan waktu dan pencarian kata yang sesuai dengan kebutuhan untuk merangkai ucapan dan ungkapan yang sesuai dengan kriteria di atas. 
Tidak ada beda antara acara umum ataupun pribadi mengenai prakata panitia. Hanya saja istilahnya yang sedikit berbeda, dalam acara Walimatulu Ursy disebut sebagai Shohibul Hajah, dalam Walimatul khitan disebut Shohibul Bait, dalam Pengiringan Jenazah disebut Shohibul Musibah, dalam rapat koordinasi disebut penyelenggara, dan lain sebagainya. Secara global dan umum, Skema susunan runtutan Prakata Panitia adalah sebagai berikut:
1.      Salam Pembuka
Sama seperti halnya salam pembuka MC yaitu salam dalam bahasa Arab, dan atau berselingan dengan ucapan selamat pagi, siang, sore, dan malam (Untuk suatu forum yang di dalamnya terdapat berbagai macam kalangan agama).
2.      Muqaddimah Awal
Berisi Basmalah, Hamdalah, Shalawat, dan Kalam Hikmah yang sesuai dengan acara, disertai dengan beberapa ayat Alquran, Alhadits, ataupun Kalam Hikmah.
3.      Salam penghormatan
Penghoramatan pada tokoh-tokoh yang berpengaruh di masyarakat dan tokoh yang berpengaruh terhadap kelancaran acara, contoh: Alim Ulama, Kepala Sekolah, Ketua Komite, Ketua Yayasan, Pengasuh Pondok Pesantren, Sesepuh, Kyai yang berpengaruh di masyarakat, Guru Teladan, Kepala Kantor, Ketua Paguyuban, dan lain sebagainya.
4.      Muqaddimah Kedua
Berisi runtutan basmalah, hamdalah, dan shalawat yang sudah diterjemahkan serta memberikan infomasi tentang maksud berdirinya Wakil dari Seluruh Panitia di depan hadirin.
5.      Inti
Intisari dari prakata Panitia adalah
a.       Ucapan Selamat Datang
b.      Ucapan Syukur dan Terima Kasih atas Kedatangan Hadirin dan pihak yang telah membantu terlaksananya acara
c.       Permohonan Maaf
d.      Mendoakan Hadirin dan pihak yang berpengaruh terhadap kelancaran acara yang diadakan
6.      Do’a/Penutup
Berisi permohonan maaf dan kata penutup

Share on Google Plus

About G-rya Anime

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.