Sunday 1 June 2014

Cara Menyusun Teks Master of Ceremoony (MC)



Skema Menyusun Sebuah Runtutan Seorang MC

Dalam pembuatan sebuah teks MC (Pembawa Acara) hendaknya mengetahui skema umum runtutan pembuatan teks MC. Skema umum pembuatan teks MC adalah sebagai berikut:
1.      Salam Pembuka
Dapat berupa salam atau berselingan dengan ucapan selamat pagi, siang, sore, dan malam (Untuk suatu forum yang di dalamnya terdapat berbagai macam kalangan agama).
2.      Muqaddimah Awal
Muqaddimah awal adalah sebuah pendahuluan yang merupakan latar belakang diadakannya sebuah acara. Muqaddimah awal minimal berisi Basmalah, Hamdalah, Shalawat, Salam, dan beberapa Dzikir. Serta jika perlu, untuk memperindah kesan di hati para hadirin MC membubuhi Muqaddimah awal dengan Ayat Alquran, Hadits, atau Kalam Hikmah yang berkaitan dengan acara yang sedang dilaksanakan.
3.      Penghormatan
Penghormatan yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah penghormatan bagi mereka yang terlibat dalam acara, sebagai pelancar acara, undangan, hadirin yang sekiranya memiliki nama yang dijunjung tinggi di kalangan masyarakat, ataupun pihak yang telah membantu terlaksananya acara. Contoh: Alim Ulama, Kepala Sekolah, Ketua Komite, Ketua Yayasan, Pengasuh Pondok Pesantren, Sesepuh, Kyai berpengaruh di masyarakat, Guru Teladan, Kepala Kantor, Ketua Paguyuban, dan lain sebagainya.
4.      Muqaddimah Kedua
Berisi runtutan basmalah, hamdalah, dan shalawat yang sudah diterjemahkan serta memberikan infomasi tentang maksud berdirinya MC di depan hadirin.
5.      Inti Acara
Yang dimaksud dengan inti acara adalah sebuah acara dimana MC meruntutkan seluruh acara yang akan dibawakannya.
6.      Penutup
Berupa permohonan maaf dan kata penutup

No comments:

Post a Comment