SKKD MADIN TINGKAT WUSTHA


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
TINGKAT WUSTHA


IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Fiqih
Jumlah Jam Pelajaran       : 8 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIQIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fiqih dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
@ Kelas 1,  Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami tata cara menghiangkan najis
1.1       Menyebutkan macam-macam najis
1.2       Menyebutkan ketentuan tata cara menghilangkan najis
1.3       Mempraktekkan menghilangkan najis Mukhaffafah, Mutawassithah dan Mughalladzah
2.       Memahami Jinabat / Mandi besar
2.1       Menjelaskan dasar hukum dan hal-hal yang dilarang pada saat jinabat
2.2       Menyebutkan rukun mandi besar
2.3       Menyebutkan sunnah mandi besar
2.4       Melaksanakan kaifiyat mandi besar dalam kehidupan sehari-hari
3.       Memahami ketentuan shalat berjama’ah
3.1       Menjelaskan pengertian dan hukum shalat berjama’ah
3.2       Menjelaskan tata cara shalat berjama’ah
3.3       menjelaskan keutamaan-keutamaan shalat berjamaah
3.4       Menyebutkan syarat imam dan makmum
3.5       Mempraktikan shalat berjamaah
3.6       Membiasakan diri melaksanakan shalat berjama’ah
4.       Memahami kaifiyat shalat Jum’at
4.1       Menyebutkan dasar hukum shalat Jum’at
4.2       Menyebutkan ketentuan syarat dan rukun shalat jum’at
4.3       Menjelaskan syarat dan rukun khutbah Jum’at
4.4       Mengerjakan shalat Jum’at pada waktunya
5.       Memahami ketentuan shalat di dalam kendaraan
5.1       Menjelaskan tata cara bersuci (tayamum) didalam kendaraan
5.2       Mempraktekkan tata cara shalat dalam kendaraan
6.       Memahami ketentuan sujud sahwi dan sujud tilawah
6.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum sujud sahwi dan sujud tilawah
6.2       Mengetahui bacaan yang disunnahkan untuk sujud sahwi dan sujud tilawah bila membaca atau mendengarnya
6.3       Menyebutkan bacaan sujud sahwi dan sujud tilawah
6.4       Mempraktekkan sujud sahwi dan sujud tilawah sesuai tata cara Nabi SAW

@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami shalat sunnah tasbih
1.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah tasbih
1.2       Menyebutkan tata cara shalat tasbih
1.3       Mempraktekkan shalat sunnah tasbih
2.       Memahami Shalat Sunnah Istisqa
2.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah istisqa
2.2       Menjelaskan tata cara shalat sunnah istisqa
2.3       Mempraktekkan shalat sunnah istisqa
3.       Memahami shalat sunnah istikharah
3.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah istikharah
3.2       Menjelaskan tata cara shalat sunnah istikharah
3.3       Mempraktekkan shalat sunnah istikharah
4.       Memahami shalat sunnah khusuf dan kusuf
4.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah khusuf dan kusuf
4.2       Menjelaskan tata cara shalat sunnah khusuf dan kusuf
4.3       Mempraktekkan shalat sunnah khusuf dan kusuf
5.       Memahami shalat sunnah tahiyatul masjid
5.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat sunnah tahiyatul masjid
5.2       Mengungkapkan keutamaan shalat sunnah tahiyatul masjid
5.3       Mempraktekkan shalat sunnah tahiyatul masjid
6.       Memahami Ibadah Puasa
6.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum puasa
6.2       Menjelaskan ketentuan-ketentuan yang dilarang dalam puasa
6.3       Menyebutkan amalan-amalan yang disunnahkan dalam berpuasa
6.4       Melakukan ibadah puasa
6.5       Memahami hikmah berpuasa
7.       Memahami Ibadah Puasa Ramadhan
7.1       Menjelaskan ketentuan awal dan akhir puasa Ramadhan
7.2       Menyebutkan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa
7.3       Menyebutkan amalan yang disunnahkan dalam puasa Ramadhan
7.4       Mengerjakan puasa Ramadhan dengan baik
8.       Memahami ketentuan Puasa Nazar
8.1       Menerangkan pengertian puasa nazar
8.2       Menyebabkan terjadinya puasa nazar
8.3       Mengerjakan puasa nazar
9.       Memahami bentuk-bentuk macam-macam puasa sunah dan haram
9.1       Menyebutkan macam-macam puasa sunnah
9.2       Menyebutkan hari-hari yang diharamkan puasa
9.3       Membiasakan puasa sunnah



IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Al-Qur’an
Jumlah Jam Pelajaran       : 4 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang Al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Hafal surah al-A’la
1.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid dengan benar (fasih dan tartil)
1.2    Menulis kembali surat Al-A’la dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
1.3    Menghafal surah Al-A’la dengan lancar
1.4    Menjelaskan kandungan tafsir surah Al-A’la secara sederhana 
2.       Hafal surah Al-Ghasiyah
2.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid dengan benar (fasih dan tartil)
2.2    Menulis kembali surat Al-Ghasiyah dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
2.3    Menghafal surah Al-Ghasiyah dengan lancar
2.4    Menjelaskan kandungan tafsir surah Al-Ghasiyah secara sederhana
3.       Memahami kaidah ilmu tajwid tentang hukum alif dan lam
3.1    Mengenal huruf alif lam (al) syamsiah dan qamariyah
3.2    Mempraktikkan bacaan alif lam
3.3    Mengidentifikasi bacaan alif lam
4.       Memahami kaidah ilmu tajwid tentang hukum ra’
4.1    Mengenal hukum ra’ (tafhim dan tarqiq)
4.2    Mempraktikkan bacaan hukum ra’
4.3    Mengidentifikasi bacaan hukum ra’
5.       Hafal surah al-Fajr
5.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2    Menulis kembali surah al-Fajr dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
5.3    Menghafal surat al-Fajr dengan lancar
5.4    Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Fajr dengan sederhana
6.       Hafal surah al-Muthafifin
6.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2    Menulis kembali surah al-Muthafifin dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
6.3    Menghafal surat al-Muthafifin dengan lancar
6.4    Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Muthafifin dengan sederhana
7.       Mengenal ilmu al-Qur’an tentang sejarah al-Qur’an
7.1    Mengenal sejarah turunnya al-Qur’an
7.2    Mengenal sejarah kemurnian mushaf al-Qur’an
8.       Mengenal ilmu al-Qur’an tentang pengertian tafsir
8.1    Mengenal definisi tafsir, takwil, dan hadits
8.2    Membedakan antara tafsir, takwil dan hadits
8.3    Mengidentifikasi tafsir, takwil dan hadits

@ Kelas II Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Hafal surah an-Naba’
1.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2    Menulis kembali surah an-Naba’ dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
1.3    Menghafal surat an-Naba’ dengan lancar
1.4    Menjelaskan kandungan tafsir surat an-Naba’ dengan sederhana
2.       Hafal surah al-Mulk
2.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2    Menulis kembali surah al-Mulk dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
2.3    Menghafal surat al-Mulk dengan lancar
2.4    Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Mulk dengan sederhana
3.       Mengenal ilmu al-Qur’an tentang kitab-kitab tafsir
3.1    Mengenal kitab-kitab tafsir berbahasa arab
3.2    Mengenal tafsir al-Qur’an berbahasa Indonesia
3.3    Mengenal tafsir al-Qur’an berbahasa daerah
4.       Hala surah Yaasiin
4.1    Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
4.2    Menulis kembali surah Yaasiin dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
4.3    Menghafal surat Yaasiin dengan lancar
4.4    Menjelaskan kandungan tafsir surat Yaasiin dengan sederhana
5.       Memahami tafsir surat al-Fatihah
5.1    Menjelaskan tafsir dari ayat pertama sampai ke tujuh surat al-Fatihah
5.2    Menerapkan kandungan surah al-fatihah dalam kehidupan sehari-hari
5.3    Meneladani nilai-nilai kebaikan para tokoh yang memperoleh nikmat dari Allah SWT dalam surah al-Fatihah dalam kehidupan sehari-hari



IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Hadits
Jumlah Jam Pelajaran       : 4 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN HADITS
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

DINIYAH WUSTHO
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
1.1       menghafal teks hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
1.2       Menerjemahkan hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
1.3       Menulis kembali hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
1.4       Menerapkan kandungan makna hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
2.    Memahami hadits tentang amal shalih
2.1       Menghafal bunyi hadits tentang amal shalih
2.2       Menerjemahkan hadits tentang amal shalih
2.3       Menjelaskan isi kandungan hadits tentang amal shalih secara sederhana
2.4       Menerapkan isi kandungan hadits tentang amal shalih dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.1       Menghafal bunyi hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.2       Menerjemahkan hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.3       Menulis kembali teks hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.4       Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam kehidupan sehari-hari
4.    Memahami hadits tentang ciri-ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
4.1       Menghafal teks hadits tentang iman dan ibadah
4.2        Menerjemahkan hadits tentang iman dan ibadah
4.3       Menulis kembali teks hadits tentang iman dan ibadah
4.4       Menerapkan isi kandungan hadits tentang ciri-ciri iman dan ibadah yang diterima Allah dalam kehidupan sehari-hari

Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.1       Menghafal teks hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.2       Menerjemahkan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.3       Menulis kembali teks hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.4       Menerapkan kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam kehidupan sehari-hari
2.    Mengenal pengertian dan kedudukan hadits Nabi SAW terhadap Al-Qur’an
2.1       Menjelaskan pengertian dan kedudukan hadits di dalam ajaran Islam
2.2       Menjelaskan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
2.3       Menerapkan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai pedoman hidup umat Islam sehari-hari
3.    Memahami hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.1       Menghafal hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.2       Menerjemahkan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.3       Menulis kembali teks hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.4       Menerapkan kandungan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam kehidupan sehari-hari
4.    Mengetahui sekilas tokoh-tokoh perawi hadits (al-Kutub al-Tis’ah)
4.1       Mengenal sejarah dan perjuangan al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibn Majah, ad-Darimi, Imam Malik, al-Hakim dan Ahmad bin Hambal
4.2       Menyebutkan karya-karya kitabhadits dari al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibn Majah, ad-Darimi, Imam Malik, al-Hakim dan Ahmad bin Hambal
4.3       Membedakan kitab-kitab hadits yang tergolong al-Kutub al-Sittah dan al-Kutub al-Tis’ah



IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Akidah
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH WUSTHO
Kelas I, Smester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami dan meyakini serta mengimani hari akhir
1.1       Menjelaskan makna beriman kepada hari akhir
1.2       Menjelaskan tentang alam barzakh
1.3       Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat(kebangkitan dan perhitungan amal)
1.4       Menjelaskan tentang hakikat surga dan neraka
1.5       Menyebutkan dalil tentang iman kepada hari akhir
2.    Memahami fungsi iman pada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari
2.1       Menjelaskan fungsi iman pada hari akhir
2.2       Menampilkan sikap kehati-hatian dalam kehidupan sehari-hari
2.3       Menampilkan sikap berfikir jauh ke depan
3.    Memahami dan meyakini hakikat Qadha’ dan Qadar Allah
3.1       Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah
3.2       Menjelaskan hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia
3.3       Menjelaskan pentingnya memiliki etos kerja/ berusaha dalam kehidupan
3.4       Menyebutkan dalil tentang iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah SWT
4.    Memahami dan meyakini kebesaran takdir Allah dan mensikapinya dalam kehidupan sehari-hari
4.1       Menjelaskan hubungan ikhtiar, tawakkal, dan takdir Allah SWT
4.2       Menampilkan sikap, perilaku dan berfikir positif dalam kehiupan sehari-hari

Kelas II, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Menghayati hakikat Tauhidillah
1.1       Menjelaskan makna dasar tauhid
1.2       Menjelaskan hubungan ikhtiar, tawakkal dan takdir Allah SWT
1.3       Menampilkan sikap, perilaku dan berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
1.4       Menguraikan keragaman disiplin keilmuan yang mengkaji tauhid (Ilmu Tauhid, Ilmu Ushuluddin, Aqidah Islamiyah dan Ilmu Kalam)
2.    Memahami bentuk-bentuk implementasi tauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.1       Menjelaskan pengertian dan cakupan tauhid dzat, sifat, asma’ dan af’al
2.2       Menjelaskan relasi Iman, Islam dan Ihsan
2.3       Menjelaskan hubungan fungsional antara tauhid, akhlak dan tashawuf ‘amali
3.    Memahami iman kepada Allah SWT
3.1       Menjelaskan hakikat iman kepada allah sebagai rabbul ‘alamin
3.2       Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ami dan Ma’nawiyah), Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah
3.3       Menjelaskan makna al Asma’ al Husna dan implimentasinya bagi manusia sebagai makhluq Allah Rabbul ‘Alamin
3.4       Menjelaskan makna dan implementasi Dzikrullah
4.    Mengimani Malaikat Allah
4.1       Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat Allah
4.2       Menampilkan perilaku “Ta’abbudy” dalam kehidupan sehari-hari
5.    Mengimani Kitab-kitab Allah
5.1       Menjelaskan hakikat kitab suci Allah
5.2       Menjelaskan macam-macam kitab suci Allah yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
5.3       Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah
5.4       Menjelaskan kemu’jizatan Al-Qur’an
5.5       Menjelaskan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
5.6       Menampilkan perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari
6.    Mengimani Rasul-rasul Allah
6.1       Menjelaskan makna dan misi kerasulan
6.2       Menjelaskan relasi kewahyuan dan kerasulan
6.3       Menguraikan makna mu’jizat bagi para rasul
6.4       Menguraikan kerasulan Muhammad SAW sebagai khatamil anbiya wal mursalin
6.5       Menjelaska fungsi rasul sebagai uswatun hasanah
6.6       Menampilkan perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para rasul
7.    Memahami fungsi iman pada hari akhir dalam kehidupan keseharian
7.1       Menjelaskan makna beriman kepada hari akhir
7.2       Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat (kebangkitan dan perhitungan amal)
7.3       Menjelaskan hakikat surga dan neraka



IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Akhlak
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH WUSTHO
Kelas I,Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Membiasakan diri menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
1.1       Menyebutkan akhlak Madzmumah kepada diri sendiri
1.2       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada diri sendiri (boros, riya, tamak, rakus, penakut dan mementingkan diri sendiri)
1.3       Mengenal kisah akibat bagi orang-orang yang boros, riya, tamak, rakus, penakut dan mementingkan diri sendiri
1.4       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berbuat boros, riya, tamak, rakus, penakut dan mementingkan diri sendiri
2.    Membiasakan diri menjauhi akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
2.1       Menyebutkan akhlak Madzmumah kepada orang lain
2.2       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada orang lain (ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil, fitnah, ghibah dan congkak)
2.3       Mengenal kisah akibat bagi orang-orang yang berperilaku ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil, fitnah, ghibah dan congkak
2.4       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil, fitnah, ghibah dan congkak

Kelas II,Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Membiasakan diri menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
1.1       Menyebutkan akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan
1.2       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan (kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam)
1.3       Mengenal kisah akibat bagi orang-orang yang yang suka berperilaku kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam
1.4       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berperilaku kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam
2.    Memahami makna akhlak Islam
2.1       menjelaskan arti akhlak, bai lughatan (bahasa) maupun istilahan (ta’rif)
2.2       Menjelaskan kedudukan akhlak dalam Islam
2.3       Menjelaskan hubungan akidah dengan akhak
2.4       Menjelaskan hubungan dan perbedaan akhlak dengan budi pekerti, moral, etika dan kesopanan
2.5       Menyebutkan dalil-dalil tentang risalah utama Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, serta keutamaan akhlak bagi orang beriman



IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : SKI
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SKI
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup SKI dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Mengenal sejarah Islam masa Dinasti Umayyah
1.1     Mengenal sejarah pendirian dan faktor faktor yang mempengaruhinya
1.2     Mengenal masa keemasan dan capaian prestasi dalam bidang tata pemerintahan, politik luar negeri dan urusan dalam negeri lainnya
1.3     Mengenal para khalifah dan tokoh tokoh penting dibalik kesuksesan dinasti Umayyah
1.4     Mengenal sejarah kemunduran dinasti Umayyah dan faktor faktor yang mempengaruhinya

@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.    Mengenal sejarah Islam masa Dinasti Abbasiyah
2.1     Mengenal sejarah pendirian dan faktor faktor yang mempengaruhinya
2.2     Mengenal masa keemasan dan capaian prestasi dalam bidang tata pemerintahan, politik luar negeri dan urusan dalam negeri lainnya
2.3     Mengenal para khalifah dan tokoh tokoh penting dibalik kesuksesan dinasti Abbasiyah
2.4     Mengenal sejarah kemunduran dinasti Abbasiyah dan faktor faktor yang mempengaruhinya



























IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : BAHASA ARAB
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Menguasai 140 kosakata baru sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·         منصوبات الأسماء
·         تصريف اللغوي : إسم الفاعل و اسم المفعول و إسم المكان و اسم الزمان (علم الصرف )
·         إعلال اللفظ صان و مدّ (علم الصرف )
1.1      Memahami teks berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2      Menulis teks berbahasa Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru tersebut.
1.3      Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
1.4      Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara langsung atau melalui media elektronik
1.5      Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
1.6      Melakukan dialog ( muhadatsah sederhana )
1.7      Mengenal  unsur unsur kalimat dalam Struktur Bahasa Arab yang meliputi :
·         منصوبات الأسماء
·         تصريف اللغوي : إسم الفاعل و اسم المفعول و إسم المكان و اسم الزمان (علم الصرف )
·         إعلال اللفظ صان و مدّ (علم الصرف )
2.    Menguasai 140 kosakata baru sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·    كان وأخواتها و إن وأخواتها و ظن وأخواتها
·    الفعل اثلاثي المزيد بحرف (علم الصرف )
·    إعلال اللفظ يقوم و صن (علم الصرف )
2.1      Memahami teks berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2      Menulis teks berbahasa Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru tersebut.
2.3      Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
2.4      Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara langsung atau melalui media elektronik
2.5      Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
2.6      Melakukan dialog ( muhadatsah sederhana )
2.7      Mengenal  unsur unsur kalimat dalam Struktur Bahasa Arab yang meliputi :
·    كان وأخواتها و إن وأخواتها و ظن وأخواتها
·    الفعل اثلاثي المزيد بحرف (علم الصرف )
·         إعلال اللفظ يقوم و صن (علم الصرف )

@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menguasai 140 kosakata baru sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·    مجرورات الأسماء
·    العطف والنعت والبدل والتوكيد
·    الفعل اثلاثي المزيد بحرفين (علم الصرف )
·    إعلال اللفظ وقى و ق (علم الصرف )
1.1    Memahami teks berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2    Menulis teks berbahasa Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru tersebut.
1.3    Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
1.4    Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara langsung atau melalui media elektronik
1.5    Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
1.6    Melakukan dialog ( muhadatsah sederhana )
1.7    Mengenal  unsur unsur kalimat dalam Struktur Bahasa Arab yang meliputi :
·       مجرورات الأسماء
·       العطف والنعت والبدل والتوكيد
·       الفعل اثلاثي المزيد بحرفين (علم الصرف )
·       إعلال اللفظ وقى و ق (علم الصرف )
1.8    Menguraikan kalimat dalam Bahasa Arab sesuai kedudukan I’robnya ( I’roban Taamman) misalnya :
·         توبوا إلى الله إنه كان توابا
2.      Menguasai 140 kosakata baru sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·    النداء والمنادى
·     نعم و بئس
·    الفعل اثلاثي المزيد بثلاثة أحرف (علم الصرف )
2.1    Memahami teks berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 100 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2    Menulis teks berbahasa Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 100 - 150 mufrodat baru tersebut.
2.3    Menyebutkan 100 – 150 mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
2.4    Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara langsung atau melalui media elektronik
2.5    Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
2.6    Melakukan dialog ( muhadatsah sederhana )
2.7    Mengenal  unsur unsur kalimat dalam Struktur Bahasa Arab yang meliputi :
·    النداء والمنادى
·     نعم و بئس
·         الفعل اثلاثي المزيد بثلاثة أحرف (علم الصرف )
2.8    Menguraikan kalimat dalam Bahasa Arab sesuai kedudukan I’robnya ( I’roban Taamman) misalnya :
·       يا نار كوني بردا وسلاما على إبراهيم




Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.