STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
TINGKAT WUSTHA
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Fiqih
Jumlah Jam Pelajaran : 8 jam
/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIQIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fiqih dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami tata cara menghiangkan najis
|
1.1 Menyebutkan macam-macam najis
1.2 Menyebutkan ketentuan tata cara menghilangkan
najis
1.3 Mempraktekkan menghilangkan najis Mukhaffafah,
Mutawassithah dan Mughalladzah
|
2. Memahami Jinabat / Mandi besar
|
2.1 Menjelaskan dasar hukum dan hal-hal yang dilarang pada
saat jinabat
2.2 Menyebutkan rukun mandi
besar
2.3 Menyebutkan sunnah mandi
besar
2.4 Melaksanakan kaifiyat mandi
besar dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami
ketentuan shalat berjama’ah
|
3.1 Menjelaskan pengertian dan
hukum shalat berjama’ah
3.2 Menjelaskan tata cara shalat
berjama’ah
3.3 menjelaskan
keutamaan-keutamaan shalat berjamaah
3.4 Menyebutkan
syarat imam dan makmum
3.5 Mempraktikan
shalat berjamaah
3.6 Membiasakan diri
melaksanakan shalat berjama’ah
|
4.
Memahami kaifiyat shalat Jum’at
|
4.1
Menyebutkan dasar hukum shalat Jum’at
4.2
Menyebutkan ketentuan syarat dan rukun shalat
jum’at
4.3
Menjelaskan syarat dan rukun khutbah Jum’at
4.4
Mengerjakan shalat Jum’at pada waktunya
|
5.
Memahami ketentuan shalat di dalam
kendaraan
|
5.1
Menjelaskan tata cara bersuci
(tayamum) didalam kendaraan
5.2
Mempraktekkan tata cara shalat dalam kendaraan
|
6.
Memahami ketentuan sujud sahwi dan
sujud tilawah
|
6.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum sujud
sahwi dan sujud tilawah
6.2
Mengetahui bacaan yang disunnahkan untuk sujud
sahwi dan sujud tilawah bila membaca atau mendengarnya
6.3
Menyebutkan bacaan sujud sahwi dan sujud tilawah
6.4
Mempraktekkan sujud sahwi dan sujud tilawah
sesuai tata cara Nabi SAW
|
@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami shalat sunnah tasbih
|
1.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah tasbih
1.2 Menyebutkan tata cara shalat
tasbih
1.3 Mempraktekkan shalat sunnah
tasbih
|
2. Memahami Shalat
Sunnah Istisqa
|
2.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah istisqa
2.2
Menjelaskan tata cara shalat sunnah istisqa
2.3
Mempraktekkan shalat sunnah istisqa
|
3. Memahami shalat
sunnah istikharah
|
3.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah istikharah
3.2
Menjelaskan tata cara shalat sunnah istikharah
3.3
Mempraktekkan shalat sunnah istikharah
|
4. Memahami shalat
sunnah khusuf dan kusuf
|
4.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah khusuf dan kusuf
4.2
Menjelaskan tata cara shalat sunnah khusuf dan
kusuf
4.3
Mempraktekkan shalat sunnah khusuf dan kusuf
|
5. Memahami shalat
sunnah tahiyatul masjid
|
5.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah tahiyatul masjid
5.2
Mengungkapkan keutamaan shalat sunnah tahiyatul
masjid
5.3
Mempraktekkan shalat sunnah tahiyatul masjid
|
6. Memahami Ibadah
Puasa
|
6.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum puasa
6.2
Menjelaskan ketentuan-ketentuan yang dilarang
dalam puasa
6.3
Menyebutkan amalan-amalan yang disunnahkan dalam
berpuasa
6.4
Melakukan ibadah puasa
6.5
Memahami hikmah berpuasa
|
7. Memahami Ibadah
Puasa Ramadhan
|
7.1
Menjelaskan ketentuan awal dan akhir puasa
Ramadhan
7.2
Menyebutkan hal-hal yang membolehkan tidak
berpuasa
7.3
Menyebutkan amalan yang disunnahkan dalam puasa
Ramadhan
7.4
Mengerjakan puasa Ramadhan dengan baik
|
8. Memahami
ketentuan Puasa Nazar
|
8.1
Menerangkan pengertian puasa nazar
8.2
Menyebabkan terjadinya puasa nazar
8.3
Mengerjakan puasa nazar
|
9. Memahami
bentuk-bentuk macam-macam puasa sunah dan haram
|
9.1
Menyebutkan macam-macam puasa sunnah
9.2
Menyebutkan hari-hari yang diharamkan puasa
9.3
Membiasakan puasa sunnah
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
Al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah al-A’la
|
1.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid dengan benar (fasih dan tartil)
1.2
Menulis kembali surat Al-A’la dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
1.3 Menghafal surah Al-A’la
dengan lancar
1.4 Menjelaskan kandungan
tafsir surah Al-A’la secara sederhana
|
2. Hafal surah
Al-Ghasiyah
|
2.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid dengan benar (fasih dan tartil)
2.2
Menulis kembali surat Al-Ghasiyah dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
2.3 Menghafal surah Al-Ghasiyah
dengan lancar
2.4
Menjelaskan kandungan tafsir surah Al-Ghasiyah
secara sederhana
|
3. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang hukum alif dan lam
|
3.1
Mengenal huruf alif lam (al) syamsiah dan
qamariyah
3.2
Mempraktikkan bacaan alif lam
3.3
Mengidentifikasi bacaan alif lam
|
4. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang hukum ra’
|
4.1
Mengenal hukum ra’ (tafhim
dan tarqiq)
4.2
Mempraktikkan bacaan hukum
ra’
4.3
Mengidentifikasi bacaan hukum
ra’
|
5. Hafal surah
al-Fajr
|
5.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2
Menulis kembali surah al-Fajr dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
5.3
Menghafal surat al-Fajr dengan lancar
5.4
Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Fajr
dengan sederhana
|
6. Hafal surah
al-Muthafifin
|
6.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2
Menulis kembali surah al-Muthafifin
dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
6.3
Menghafal surat al-Muthafifin
dengan lancar
6.4
Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Muthafifin dengan sederhana
|
7. Mengenal ilmu
al-Qur’an tentang sejarah al-Qur’an
|
7.1
Mengenal sejarah turunnya al-Qur’an
7.2
Mengenal sejarah kemurnian mushaf al-Qur’an
|
8. Mengenal ilmu
al-Qur’an tentang pengertian tafsir
|
8.1
Mengenal definisi tafsir, takwil, dan hadits
8.2
Membedakan antara tafsir, takwil dan hadits
8.3
Mengidentifikasi tafsir, takwil dan hadits
|
@ Kelas II Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah an-Naba’
|
1.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2
Menulis kembali surah an-Naba’ dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
1.3
Menghafal surat an-Naba’ dengan lancar
1.4 Menjelaskan kandungan tafsir
surat an-Naba’ dengan sederhana
|
2. Hafal surah
al-Mulk
|
2.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2
Menulis kembali surah al-Mulk
dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
2.3
Menghafal surat al-Mulk
dengan lancar
2.4
Menjelaskan kandungan tafsir surat al-Mulk dengan sederhana
|
3. Mengenal ilmu
al-Qur’an tentang kitab-kitab tafsir
|
3.1
Mengenal kitab-kitab tafsir berbahasa arab
3.2
Mengenal tafsir al-Qur’an berbahasa Indonesia
3.3
Mengenal tafsir al-Qur’an berbahasa daerah
|
4. Hala surah
Yaasiin
|
4.1
Membaca dengan makharijul huruf yang tepat dan
tajwid yang benar (fasih dan tartil)
4.2
Menulis kembali surah Yaasiin
dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar
4.3
Menghafal surat Yaasiin dengan lancar
4.4
Menjelaskan kandungan tafsir surat Yaasiin dengan
sederhana
|
5. Memahami tafsir
surat al-Fatihah
|
5.1
Menjelaskan tafsir dari ayat pertama sampai ke
tujuh surat al-Fatihah
5.2
Menerapkan kandungan surah al-fatihah dalam
kehidupan sehari-hari
5.3
Meneladani nilai-nilai kebaikan para tokoh yang
memperoleh nikmat dari Allah SWT dalam surah al-Fatihah dalam kehidupan
sehari-hari
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Hadits
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN HADITS
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup
Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH WUSTHO
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami hadits tentang keutamaan
bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang membutuhkan
|
1.1
menghafal
teks hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang
yang membutuhkan
1.2
Menerjemahkan
hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada orang yang
membutuhkan
1.3
Menulis
kembali hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi kepada
orang yang membutuhkan
1.4
Menerapkan
kandungan makna hadits tentang keutamaan bersedekah, berderma dan memberi
kepada orang yang membutuhkan
|
2. Memahami hadits tentang amal shalih
|
2.1
Menghafal
bunyi hadits tentang amal shalih
2.2
Menerjemahkan
hadits tentang amal shalih
2.3
Menjelaskan
isi kandungan hadits tentang amal shalih secara sederhana
2.4
Menerapkan
isi kandungan hadits tentang amal shalih dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami hadits tentang kewajiban
menuntut ilmu dan menghargai waktu
|
3.1
Menghafal
bunyi hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.2
Menerjemahkan
hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.3
Menulis
kembali teks hadits tentang kewajiban menuntut ilmu dan menghargai waktu
3.4
Menjelaskan
keterkaitan isi kandungan hadits dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai
waktu dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami hadits tentang ciri-ciri
iman dan ibadah yang diterima Allah
|
4.1
Menghafal
teks hadits tentang iman dan ibadah
4.2
Menerjemahkan hadits tentang iman dan ibadah
4.3
Menulis
kembali teks hadits tentang iman dan ibadah
4.4
Menerapkan
isi kandungan hadits tentang ciri-ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami hadits tentang keseimbangan
hidup di dunia dan akhirat
|
1.1
Menghafal
teks hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.2
Menerjemahkan
hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.3
Menulis
kembali teks hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
1.4
Menerapkan
kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam kehidupan
sehari-hari
|
2. Mengenal pengertian dan kedudukan
hadits Nabi SAW terhadap Al-Qur’an
|
2.1
Menjelaskan
pengertian dan kedudukan hadits di dalam ajaran Islam
2.2
Menjelaskan
fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
2.3
Menerapkan
Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai pedoman hidup umat Islam sehari-hari
|
3. Memahami hadits tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
|
3.1
Menghafal
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.2
Menerjemahkan
hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.3
Menulis
kembali teks hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
3.4
Menerapkan
kandungan hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam
kehidupan sehari-hari
|
4. Mengetahui sekilas tokoh-tokoh perawi
hadits (al-Kutub al-Tis’ah)
|
4.1
Mengenal
sejarah dan perjuangan al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibn Majah,
ad-Darimi, Imam Malik, al-Hakim dan Ahmad bin Hambal
4.2
Menyebutkan
karya-karya kitabhadits dari al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibn
Majah, ad-Darimi, Imam Malik, al-Hakim dan Ahmad bin Hambal
4.3
Membedakan
kitab-kitab hadits yang tergolong al-Kutub al-Sittah dan al-Kutub al-Tis’ah
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH WUSTHO
Kelas I, Smester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami dan meyakini serta mengimani
hari akhir
|
1.1
Menjelaskan
makna beriman kepada hari akhir
1.2
Menjelaskan
tentang alam barzakh
1.3
Menguraikan
tentang kebangkitan di akhirat(kebangkitan dan perhitungan amal)
1.4
Menjelaskan
tentang hakikat surga dan neraka
1.5
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada hari akhir
|
2. Memahami fungsi iman pada hari akhir
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1
Menjelaskan
fungsi iman pada hari akhir
2.2
Menampilkan
sikap kehati-hatian dalam kehidupan sehari-hari
2.3
Menampilkan
sikap berfikir jauh ke depan
|
3. Memahami dan meyakini hakikat Qadha’
dan Qadar Allah
|
3.1
Menjelaskan
hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah
3.2
Menjelaskan
hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia
3.3
Menjelaskan
pentingnya memiliki etos kerja/ berusaha dalam kehidupan
3.4
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah SWT
|
4. Memahami dan meyakini kebesaran
takdir Allah dan mensikapinya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menjelaskan
hubungan ikhtiar, tawakkal, dan takdir Allah SWT
4.2
Menampilkan
sikap, perilaku dan berfikir positif dalam kehiupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menghayati hakikat Tauhidillah
|
1.1
Menjelaskan
makna dasar tauhid
1.2
Menjelaskan
hubungan ikhtiar, tawakkal dan takdir Allah SWT
1.3
Menampilkan
sikap, perilaku dan berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
1.4
Menguraikan
keragaman disiplin keilmuan yang mengkaji tauhid (Ilmu Tauhid, Ilmu
Ushuluddin, Aqidah Islamiyah dan Ilmu Kalam)
|
2. Memahami bentuk-bentuk implementasi
tauhid dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1
Menjelaskan
pengertian dan cakupan tauhid dzat, sifat, asma’ dan af’al
2.2
Menjelaskan
relasi Iman, Islam dan Ihsan
2.3
Menjelaskan
hubungan fungsional antara tauhid, akhlak dan tashawuf ‘amali
|
3. Memahami iman kepada Allah SWT
|
3.1
Menjelaskan
hakikat iman kepada allah sebagai rabbul
‘alamin
3.2
Menguraikan
dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (Sifat
Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ami dan
Ma’nawiyah), Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah
3.3
Menjelaskan
makna al Asma’ al Husna dan
implimentasinya bagi manusia sebagai makhluq
Allah Rabbul ‘Alamin
3.4
Menjelaskan
makna dan implementasi Dzikrullah
|
4. Mengimani Malaikat Allah
|
4.1
Menjelaskan
perilaku dan sifat Malaikat Allah
4.2
Menampilkan
perilaku “Ta’abbudy” dalam
kehidupan sehari-hari
|
5. Mengimani Kitab-kitab Allah
|
5.1
Menjelaskan
hakikat kitab suci Allah
5.2
Menjelaskan
macam-macam kitab suci Allah yang diturunkan kepada para Nabi-Nya
5.3
Menjelaskan
hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah
5.4
Menjelaskan
kemu’jizatan Al-Qur’an
5.5
Menjelaskan
fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
5.6
Menampilkan
perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Mengimani Rasul-rasul Allah
|
6.1
Menjelaskan
makna dan misi kerasulan
6.2
Menjelaskan
relasi kewahyuan dan kerasulan
6.3
Menguraikan
makna mu’jizat bagi para rasul
6.4
Menguraikan
kerasulan Muhammad SAW sebagai khatamil
anbiya wal mursalin
6.5
Menjelaska
fungsi rasul sebagai uswatun hasanah
6.6
Menampilkan
perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para rasul
|
7. Memahami fungsi iman pada hari akhir
dalam kehidupan keseharian
|
7.1
Menjelaskan
makna beriman kepada hari akhir
7.2
Menguraikan
tentang kebangkitan di akhirat (kebangkitan dan perhitungan amal)
7.3
Menjelaskan
hakikat surga dan neraka
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH WUSTHO
Kelas I,Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Membiasakan diri menjauhkan diri dari
akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menyebutkan
akhlak Madzmumah kepada diri sendiri
1.2
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada diri sendiri (boros, riya, tamak, rakus,
penakut dan mementingkan diri sendiri)
1.3
Mengenal
kisah akibat bagi orang-orang yang boros, riya, tamak, rakus, penakut dan
mementingkan diri sendiri
1.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berbuat boros, riya, tamak, rakus, penakut dan
mementingkan diri sendiri
|
2. Membiasakan diri menjauhi akhlak
Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1
Menyebutkan
akhlak Madzmumah kepada orang lain
2.2
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada orang lain (ghadhab/ mudah marah, hasad/
dengki, bakhil, fitnah, ghibah dan congkak)
2.3
Mengenal
kisah akibat bagi orang-orang yang berperilaku ghadhab/ mudah marah, hasad/
dengki, bakhil, fitnah, ghibah dan congkak
2.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil,
fitnah, ghibah dan congkak
|
Kelas II,Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Membiasakan diri menjauhkan diri dari
akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menyebutkan
akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan
1.2
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan (kumuh/ kotor, acuh/ tak
peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam)
1.3
Mengenal
kisah akibat bagi orang-orang yang yang suka berperilaku kumuh/ kotor, acuh/
tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam
1.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berperilaku kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli,
kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum dan merusak alam
|
2. Memahami makna akhlak Islam
|
2.1
menjelaskan
arti akhlak, bai lughatan (bahasa)
maupun istilahan (ta’rif)
2.2
Menjelaskan
kedudukan akhlak dalam Islam
2.3
Menjelaskan
hubungan akidah dengan akhak
2.4
Menjelaskan
hubungan dan perbedaan akhlak dengan budi pekerti, moral, etika dan kesopanan
2.5
Menyebutkan
dalil-dalil tentang risalah utama Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan
akhlak, serta keutamaan akhlak bagi orang beriman
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : SKI
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SKI
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup SKI dan
mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH
TAKMILIYAH WUSTHO
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengenal
sejarah Islam masa Dinasti Umayyah
|
1.1
Mengenal sejarah pendirian dan
faktor faktor yang mempengaruhinya
1.2
Mengenal masa keemasan dan capaian prestasi dalam bidang tata
pemerintahan, politik luar negeri dan urusan dalam negeri lainnya
1.3
Mengenal para khalifah dan tokoh tokoh penting dibalik kesuksesan dinasti
Umayyah
1.4
Mengenal sejarah kemunduran dinasti Umayyah dan faktor faktor yang
mempengaruhinya
|
@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Mengenal
sejarah Islam masa Dinasti Abbasiyah
|
2.1
Mengenal sejarah pendirian dan
faktor faktor yang mempengaruhinya
2.2
Mengenal masa keemasan dan capaian prestasi dalam bidang tata
pemerintahan, politik luar negeri dan urusan dalam negeri lainnya
2.3
Mengenal para khalifah dan tokoh tokoh penting dibalik kesuksesan dinasti
Abbasiyah
2.4 Mengenal sejarah kemunduran dinasti Abbasiyah dan faktor faktor yang mempengaruhinya
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : BAHASA ARAB
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa
Arab dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH
TAKMILIYAH WUSTHO
@ Kelas 1,
Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menguasai 140 kosakata baru
sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih
dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·
منصوبات الأسماء
·
تصريف اللغوي : إسم الفاعل و اسم
المفعول و
إسم
المكان و اسم الزمان (علم الصرف )
·
إعلال اللفظ صان و مدّ (علم الصرف
)
|
1.1
Memahami teks
berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50
mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2
Menulis teks berbahasa
Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru
tersebut.
1.3
Menyebutkan mufrodat baru
beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
1.4
Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara
langsung atau melalui media elektronik
1.5
Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
1.6
Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
1.7
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
·
منصوبات الأسماء
·
تصريف اللغوي : إسم الفاعل و اسم
المفعول و
إسم
المكان و اسم الزمان (علم الصرف )
·
إعلال اللفظ صان و مدّ (علم الصرف
)
|
2.
Menguasai 140 kosakata baru
sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih
dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
·
كان وأخواتها و إن وأخواتها و ظن
وأخواتها
· الفعل
اثلاثي المزيد بحرف (علم الصرف )
· إعلال
اللفظ يقوم و صن (علم الصرف )
|
2.1
Memahami teks
berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50
mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2
Menulis teks berbahasa
Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru
tersebut.
2.3
Menyebutkan mufrodat baru
beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
2.4
Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara
langsung atau melalui media elektronik
2.5
Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
2.6
Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
2.7
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
·
كان وأخواتها و إن وأخواتها و ظن
وأخواتها
· الفعل
اثلاثي المزيد بحرف (علم الصرف )
·
إعلال اللفظ يقوم و صن (علم الصرف
)
|
@ Kelas 2,
Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menguasai 140 kosakata baru
sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih
dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
· مجرورات
الأسماء
· العطف
والنعت والبدل والتوكيد
· الفعل
اثلاثي المزيد بحرفين (علم الصرف )
· إعلال
اللفظ وقى و ق (علم الصرف )
|
1.1
Memahami teks
berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 40-50
mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2
Menulis teks berbahasa
Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 – 100 mufrodat baru
tersebut.
1.3
Menyebutkan mufrodat baru
beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
1.4
Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara
langsung atau melalui media elektronik
1.5
Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
1.6
Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
1.7
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
· مجرورات
الأسماء
· العطف
والنعت والبدل والتوكيد
· الفعل
اثلاثي المزيد بحرفين (علم الصرف )
· إعلال
اللفظ وقى و ق (علم الصرف )
1.8
Menguraikan kalimat dalam
Bahasa Arab sesuai kedudukan I’robnya ( I’roban Taamman) misalnya :
·
توبوا إلى
الله إنه كان توابا
|
2.
Menguasai 140 kosakata baru
sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih
dan Tarikh dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
· النداء
والمنادى
·
نعم و بئس
· الفعل
اثلاثي المزيد بثلاثة أحرف (علم الصرف
)
|
2.1
Memahami teks
berbahasa Arab sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 -
100 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2
Menulis teks berbahasa
Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 100 - 150 mufrodat
baru tersebut.
2.3
Menyebutkan 100 – 150 mufrodat
baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
2.4
Mendengarkan pidato berbahasa Arab secara
langsung atau melalui media elektronik
2.5
Melakukan Khutbah/pidato berbahasa Arab secara sederhana
2.6
Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
2.7
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
· النداء
والمنادى
·
نعم و بئس
·
الفعل اثلاثي المزيد بثلاثة أحرف (علم الصرف
)
2.8
Menguraikan kalimat dalam
Bahasa Arab sesuai kedudukan I’robnya ( I’roban Taamman) misalnya :
· يا نار كوني بردا وسلاما على إبراهيم
|
No comments:
Post a Comment