STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
TINGKAT ULYA
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Fiqih
Jumlah Jam Pelajaran : 8 jam
/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIQIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
dasar-dasar ilmu fiqih dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami riba, bank, asuransi, tabungan dan
hikmahnya
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum riba, bank, asuransi, tabungan
1.2 Menyebutkan ketentuan
tentang riba, bank, asuransi, tabungan
1.3 Menjelaskan
hikmah larangan riba
|
2. Memahami cara pelepasan perubahan harta dan
hikmahnya
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum hibah, hadiah, dan wakaf
2.2 Menyebutkan ketentuan
tentang hibah, hadiah, dan wakaf
2.3 Menjelaskan tujuan dan
hikmah hibah, hadiah, dan wakaf
|
3.
Memahami bentuk - bentuk permohonan
atau utang piutang serta peredarannya dengan benar serta hikmahnya
|
3.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
3.2 Menyebutkan ketentuan tenang
ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
3.3 Menjelaskan tujuan dan
hikmah ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
|
4.
Memahami bentuk perekonomian dalam
Islam
|
4.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum syirkah,
qiradh, musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
4.2
Menyebutkan ketentuan tentang syirkah, qiradh,
musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
4.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah syirkah, qiradh,
musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
|
5.
Memahami ihya al-mawat, wakalah,
shulh, hajr, beserta hikmahnya
|
5.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
5.2 Menyebutkan ketentuan
tentang ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
5.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
|
6.
Memahami hukum pidana Islam dalam
ajaran Islam
|
6.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum qishash, diyat, kafarat, dan nadzar
6.2 Menyebutkan ketentuan
tentang qishash, diyat, kafarat, dan nadzar
6.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah qishash, diyat,
kafarat, dan nadzar
|
7.
Memahami tindak pidana hudud
|
7.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum pelarangan zina, qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri,
menyamun/merampok, bughat, dan ghasab
7.2 Menyebutkan ketentuan
tentang tindakan pidana zina, qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri,
menyamun/merampok, bughat, dan ghasab
7.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah pelarangan zina,
qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri, menyamun/merampok, bughat, dan
ghasab
|
@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami hukum Islam tentang
perkawinan
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum perkawinan
1.2 Menyebutkan ketentuan umum
perkawinan dalam Islam
1.3 Menjelaskan tujuan dan
hikmah perkawinan dalam Islam
|
2. Memahami hukum
Islam tentang talak dan rujuk
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum talak dan rujuk
2.2 Menyebutkan ketentuan talak
dan rujuk
2.3
Menjelaskan hikmah mekanisme talak dan rujuk
|
3. Memahami hukum
waris dan wasiat
|
3.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum waris dan wasiat
3.2 Menyebutkan ketentuan umum waris dan wasiat
3.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah waris dan wasiat
|
4. Memahami ajaran
Islam tentang pemerintahan
|
4.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum pemerintahan
dalam Islam
4.2
Menjelaskan dasar-dasar pemerintahan dalam Islam
4.3
Menjelaskan hak dan kewajiban rakyat
4.4
Menjelaskan struktur kekuasaan dalam pemerintahan
Islam
|
5. Memahami
peradilan dalam Islam
|
5.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum peradilan dalam Islam
5.2 Menyebutkan fungsi peradilan
dalam Islam
5.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah peradilan dalam Islam
|
6. Memahami hukum
acara dalam peradilan Islam
|
6.1
Menjelaskan pengertian hakim, saksi, gugatan, dan
pembuktian
6.2
Menyebutkan ketentuan mengenai hakim, saksi,
gugatan, dan pembuktian
6.3
Menyebutkan mekanisme hukum acara di peradilan
Islam
|
7. Memahami
ketentuan Jihad
|
7.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum jihad
7.2
Menyebutkan ketentuan jihad dalam Islam
7.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah jihad
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
Al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami dan menghayati penafsiran
ayat-ayat Al-Qur’an tentang hakikat dan ciri-ciri orang beriman
|
1.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang
hakikat dan ciri-ciri orang beriman
1.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang hakikat
dan ciri-ciri orang beriman
1.3 Menunjukkan
contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang
hakikat dan ciri-ciri orang beriman dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh, serta
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh
2.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang iman
dan amal shaleh
2.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh
dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah,
serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah
3.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama
dan sifat Allah
3.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman, serta
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman
4.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang enam
rukun Iman
4.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman dalam
kehidupan sehari-hari
|
5. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah, serta
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah
5.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang makna
Ibadah
5.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah dalam
kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis,
serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis
6.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika
ekonomi dan bisnis
6.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis
dalam kehidupan sehari-hari
|
7. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan
kepemimpinan, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
7.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan kepemimpinan
7.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika
politik dan kepemimpinan
7.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan
kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari
|
@ Kelas II Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami dan menghayati penafsiran
ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia, serta mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia
1.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang asal
kejadian manusia
1.3 Menunjukkan
contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang
asal kejadian manusia dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar
manusia, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar manusia
2.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang watak
dan sifat dasar manusia
2.3 Menunjukkan
contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang
watak dan sifat dasar manusia dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab
sosial, serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab sosial
3.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika
dan tanggung jawab sosial
3.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab
sosial dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi
munkar, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi munkar
4.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang amar
ma’ruf dan nahi munkar
4.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi
munkar dalam kehidupan sehari-hari
|
5. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia
terdahulu, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia terdahulu
5.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah
manusia terdahulu
5.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia
terdahulu dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu, serta
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu
6.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan
mencari ilmu
6.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu dalam
kehidupan sehari-hari
|
7. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah,
serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
7.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah
7.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat
ilmiah
7.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah dalam
kehidupan sehari-hari
|
8. Memahami dan
menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta,
serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Menjelaskan makna mufrodat,
asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta
8.2 Menjelaskan kandungan makna
yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan
alam semesta
8.3
Menunjukkan contoh-contoh pelajaran
yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta
dalam kehidupan sehari-hari
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Hadits
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan :
Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN HADITS
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup
Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH ULYA
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami hadits-hadits Nabi SAW
tentang tata cara berwudlu, tayammum dan mandi janabah
|
1.1
Menghafal
hadits-hadits tentang tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah
1.2
Mendemontrasikan
tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah
1.3
Menerapkan
tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami hadits-hadits Nabi SAW tentang
tata cara shalat dan berbagai aspeknya
|
2.1
Menghafal
hadits tentang tata cara shalat Nabi SAW
2.2
Mendemontrasikan
tata cara shalat Nabi SAW
2.3
Menganalisis
hubungan antara shalat dan berwudlu
2.4
Menerapkan
kewajiban shalat dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami hadits-hadits Nabi SAW
tentang tata cara zakat, infaq dan shadaqah
|
3.1
Menghafal
hadits tentang tata cara zakat, infaq dan shadaqah
3.2
Memberikan
contoh tata cara zakat, infaq dan shadaqah
3.3
Menghubungkan
kewajiban zakat, infaq dan shadaqah dengan pengentasan kemiskinan
3.4
Menerapkan
zakat, infaq dan shadaqah dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW
tentang perintah puasa dan berbagai ketentuannya
|
4.1
Menghafal
hadits tentang kewajiban puasa
4.2
Menguraikan
hakikat puasa, macam-macam puasa dan hikmahnya
4.3
Menerapkan
nilai-nilai dan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW
tentang haji dan umrah
|
1.1
Menyebutkan
hadits tentang haji dan umrah
1.2
Menghafal
hadits tentang haji dan umrah
1.3
Menguraikan
hadits tentang haji dan umrah
1.4
Mendemontrasikan
hadits tentang haji dan umrah dalam praktek ibadah
1.5
Menampilkan
sikap positif terhadap ibadah haji dan umrah dalam kehidupan beragama dan
bermasyarakat
|
2. Memahami hadits-hadits Nabi SAW
tentang larangan berzina
|
2.1
Menghafal
hadits tentang larangan berzina
2.2
Memberikan
contoh akibat orang-orang yang suka berzina
2.3
Menjauhi
perzinahandalam kehidupan sehari-hari
|
3. Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW
tentang aqiqah dan berkurban (udhhiyyah)
|
3.1
Menghafal
hadits tentang ke-sunnah-an aqiqah dan berkurban
3.2
Menjelaskan
hikmah aqiqah dan berkurban
3.3
Menerapkan
nilai-nilai aqiqah dan berkurban dalam kehidupan sehari-hari
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH ULYA
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengimani hakikat Qadha’ dan Qadar
Allah
|
1.1
Menjelaskan
hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah
1.2
Menjelaskan
hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia
1.3
Menjelaskan
pentingnya memiliki etos kerja/ berusaha dalam kehidupan
1.4
Menjelaskan
hubungan ikhtiar dan tawakkal
|
2. Memahami keragaman-keragaman
pemikiran berbagai aliran ilmu kalam
|
2.1
Menjelaskan
berbagai aliran ilmu kalam
2.2
Menjelaskan
berbagai keragaman pemikiran ilmu kalam (dosa besar, keadilan Tuhan,
surga-neraka)
2.3
Menjelaskan
pentingnya ilmu kalam dalam kehiduan keseharian
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengembangkan sikap saling menghargai
atas keragaman aliran dan pemikiran dalam Islam
|
1.1
Memahami
faham ahlussunnah wal jama’ah
sebagai golongan terbesar dalam Islam
1.2
Mengenal
pokok-pokok ajaran ahlussunnah wal
jama’ah
1.3
Menerapkan
faham ahlussunnah wal jama’ahdalam
kehidupan sehari-hari
1.4
Menampilkan
perilaku “saling menghargai” dalam kehidupan keseharian
|
2. Mengetahui faham-faham Khawarij,
Murji’ah, Mu’tajilah, asy’ariyah, al-Maturidiyah, Qadariyah dan Jabariyah
|
2.1
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran Khawarij
2.2
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran Murjiah
2.3
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran Mu’tajilah
2.4
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran al-Maturidiyah
2.5
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran Qadariyah
2.6
Menjelaskan
pokok-pokok ajaran Jabariyah
|
3. Memahami beberapa keragaman
organisasi keagamaan dalam pesantren
|
3.1
Menjelaskan
pokok-pokok doktrin NU (Nahdlatul Ulama)
3.2
Menjelaskan
pokok-pokok doktrin Muhammaadiyah
3.3
Menjelaskan
pokok-pokok doktrin Persis
3.4
Menjelaskan
pokok-pokok doktrin Al-Washliyyah
3.5
Menjelaskan
pokok-pokok doktrin Al-Tarbiyah dan lain-lainnya
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH ULYA
Kelas I,Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami akhlak mahmudah serta mampu
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menjelaskan
pengertian akhlak Mahmudah kepada Allah, diri sendiri,orang lain dan alam
lingkungan
1.2
Menyebutkan
dalil-dalil tentang anjuran bersyukur, bersabar, bertawakkal, ikhlas, taubat,
raja’, khauf dan ridha
1.3
Menyebutkan
dalil-dalil tentang anjuran zuhud, qana’ah, tawadlu, syaja’ah dan samahah
1.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang anjuran mengamalkan kasih sayang, ukhuwah , sakha’/
dermawan, tasamuh, senang menolong, tawadlu, pemaaf dan hilm/ lemah lembut
1.5
Menunjukkan
diri berakhlak Mahmudah kepada Allah SWT (syukur, sabar, ikhlas, taubat,
raja’, khauf, tawakal dan ridha)
1.6
Menampilkan
diriberakhlak mahmudah kepada diri sendiri dan korelasinya dengan kehidupan
sehari-hari (zuhud, qana’ah, tawadlu’, syaja’ah, samamah
1.7
Menampilkan
diri berakhlak Mahmudah kepada orang lain (kasih sayang, ukhuwah, sakha’/
dermawan, tasamuh, senang menolong, tawadlu, pemaaf¸ hilm/ lemah lembut)
|
2. Memahami akhlak Mahmudah serta mampu
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1
Menjelaskan
akhlak Mahmudah kepada alam lingkungan (senang kebersihan, sayang binatang
dan tumbuh-tumbuhan, cinta lingkungan sehat dan aman)
2.2
Menyebutkan
dalil-dalil tentang anjuran mengamalkan nilai-nilai kebersihan, sayang
binatang dan tumbuh-tumbuhan, cinta lingkungan sehat
|
Kelas II,Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami akhlak Madzmumah serta mampu
menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menjelaskan
pengertian akhlak Madzmumah kepada Allah, kepada diri sndiri, kepada orang
lain dan kepada alam lingkungannya
1.2
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berbuat syirik, munafik, fasik dan takabbur
1.3
Menjauhi
akhlak Madzmumah kepada Allah,seperti; syirik, munafik, fasik dan takabbur
1.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berbuat boros, riya, tamak/ rakus, penakut dan
ananiyah
1.5
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada diri sendiri (boros, riya, tamak/ rakus,
penakut dan ananiyah)
1.6
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berbuat ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki,
bakhil, namimah, fitnah, ghibah, congkak dan dzalim
1.7
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada orang lain (ghadhab/ mudah marah, hasad/
dengki, bakhil, namimah, fitnah, ghibah, congkak dan dzalim)
1.8
Menyebutkan
dalil-dalil tentang larangan berbuat kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam
pada binatang, mengganggu kepentingan umum/ anarkis dan merusak alam
1.9
Menjauhkan
diri dari akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan (kumuh/ kotor, acuh/ tak
peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum/ anarkis dan merusak
alam)
|
2. Memahami pengertian, ruang lingkup,
sejarah dan aliran-aliran dalam ilmu akhlak
|
2.1
Menjelaskan
pengertian ilmu akhlak
2.2
Menjelaskan
perilaku bangsa Arab sebelum Islam
2.3
Menjelaskan
perubahan perilaku yang terjadi pada bangsa Arab setelah Islam
2.4
Menjelaskan
criteria baik dan buruk menurut pandangan Islam
2.5
Menjelaskan
akhlakul karimah para sahabat Nabi,
seperti; Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Salman Al-Farisy, Abu Dzar Al-Ghifary,
Amar bin Yasir, Hudzalifah, dan lain sebagainya
2.6
Menyebutkan
aliran-aliran dalam ilmu akhlak, serta dasar penilaian baik dan buruk di luar
Islam, seperti; Aliran Hedonisme, Humanisme atau Utilitarianisme
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : SKI
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SKI
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup SKI dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH
TAKMILIYAH ‘ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengenal
sejarah Islam di Indonesia
|
1.1
Menunjukan letak Jazirah Arab dan kepulauan Indonesia beserta garis garis
perkembangan Islam di Jazirah Arab ke Indonesia
1.2
Menyebutkan tata masyarakat Indonesia sebelum datangnya Islam
1.3
Menyebutkan bentuk bentuk kepercayaan bangsa Indonesia sebelum datangnya
Islam
1.4
Menyebutkan daerah yang pertama kali masuk islam
1.5
Mengenal sejarah peran Walisongo dalam penyebaran islam di pulau Jawa
1.6
Menyebutkan nama nama Walisongo
1.7
Menyebutkan jasa jasa Walisongo
1.8
Mencerminkan sikap meneladani perjuangan Walisongo
1.9
Mengenal kerajaan – kerajaan islam di Indonesia
|
@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mengenal sejarah dan kebudayaan Islam di Banten
|
1.1
Menyebutkan sejarah masuknya islam ke Banten
1.2
Menyebutkan perkembangan sejarah dan kebudayaan islam di Banten dan
sekitarnya
1.3
Menyebutkan nama nama tokoh sejarah islam di Banten dan sekitarnya
1.4
Menunjukan keteladanan tokoh tokoh sejarah islam di Banten dan sekitarnya
|
2.
Mengenal sejarah Pesantren
|
2.1
Sejarah Pondok Pesantren
2.2
Misi dan Orientasi pesantren
2.3
Pengembangan Pesantren
2.4
Peran pesantren dalam pembangunan bangsa
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : BAHASA ARAB
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH
TAKMILIYAH ‘ULYA
@ Kelas 1,
Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menguasai 500 - 750 kosakata
baru dengan struktur kalimat ( tarkib al kalimat) yang baik dan benar sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, sosial,
budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni), siswa memiliki skill
untuk memahami teks teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa
Arab percakapan dengan Insya Muwajjah
|
1.1
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· مرفوعات الأسماء والأفعال
· أحوال زيادة همزة الوصل
1.2
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· منصوبات الأسماء والأفعال
· الإبدال
1.3
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· ما ولا ولات وان المشبهات بليس
· أفعال المقاربة
1.4
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· أحوال حركة همزة إن وأحكام إن مخففة
· لا التي لنفس الجنس
· الفصاحة فى الكلمة والكلام والمتكلم
1.5
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat
yang mengandung bentuk bentuk :
· إشتغال العامل عن المعمول
· التنازع فى العمل
· البلاغة فى الكلمة والكلام والمتكلم
1.6
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· الإضافة
· المضاف إلى ياء المتكلم
· أحوال الإسناد الخبرى
1.7
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· إعمال المصدر واسم الفاعل
· أبنية المصادر واسماء الفاعلين والمفعولين والصفة المشبهة
1.8
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· التعجب ونعم وبئس وأفعل التفضيل
|
@ Kelas 2,
Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menguasai 500 - 750 kosakata
baru dengan struktur kalimat ( tarkib al kalimat) yang baik dan benar sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, sosial,
budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni), siswa memiliki skill
untuk memahami teks teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa
Arab percakapan dengan Insya Muwajjah
|
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
النعت
·
التوكيد
·
أحوال لام فعلى
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
عطف البيان والنسق
·
البدل
·
أحوال المسند إليه
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
النداء والمنادى والمضاف لياء المتكلم وأسماء لازمات النداء
·
أحوال المسند
·
متعلقات الفعل
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
الإستغاثة والندبة والترخيم والإختصاص والتحذير والإغراء
·
القصر
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
أسماء الأفعال والأصوات
·
الإنشاء
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
ما لا ينصرف
·
أحوال ذو اللين
·
الفصل والوصل
·
الإيجاز والإطناب والمساوة
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
إعراب الفعل
·
التشبيه
·
الحقيقة والمجاز
·
Membaca, memahami,
berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema
dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur
kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·
الفعل المبنى المجهول ونائب الفاعل
·
الكناية
|
No comments:
Post a Comment