SKKD MADIN TINGKAT ULYA

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
TINGKAT ULYA

IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Fiqih
Jumlah Jam Pelajaran       : 8 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIQIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fiqih dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami riba, bank, asuransi, tabungan dan hikmahnya
1.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum riba, bank, asuransi, tabungan
1.2       Menyebutkan ketentuan tentang riba, bank, asuransi, tabungan
1.3       Menjelaskan hikmah larangan riba
2.       Memahami cara pelepasan perubahan harta dan hikmahnya
2.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum hibah, hadiah, dan wakaf
2.2       Menyebutkan ketentuan tentang hibah, hadiah, dan wakaf
2.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah hibah, hadiah, dan wakaf
3.       Memahami bentuk - bentuk permohonan atau utang piutang serta peredarannya dengan benar serta hikmahnya
3.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
3.2       Menyebutkan ketentuan tenang ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
3.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah ju’alah, utang-piutang, rihanah, ariyah, dhaman, dan wadhi’ah
4.       Memahami bentuk perekonomian dalam Islam
4.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum syirkah, qiradh, musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
4.2       Menyebutkan ketentuan tentang syirkah, qiradh, musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
4.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah syirkah, qiradh, musaqah, muzara’ah/mukhabarah, dan ijarah
5.       Memahami ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr, beserta hikmahnya
5.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
5.2       Menyebutkan ketentuan tentang ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
5.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah ihya al-mawat, wakalah, shulh, hajr
6.       Memahami hukum pidana Islam dalam ajaran Islam
6.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum qishash, diyat, kafarat, dan nadzar
6.2       Menyebutkan ketentuan tentang qishash, diyat, kafarat, dan nadzar
6.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah qishash, diyat, kafarat, dan nadzar
7.       Memahami tindak pidana hudud
7.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum pelarangan zina, qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri, menyamun/merampok, bughat, dan ghasab
7.2       Menyebutkan ketentuan tentang tindakan pidana zina, qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri, menyamun/merampok, bughat, dan ghasab
7.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah pelarangan zina, qadzaf, minuman keras dan narkoba, mencuri, menyamun/merampok, bughat, dan ghasab






@ Kelas II, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami hukum Islam tentang perkawinan
1.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum perkawinan
1.2       Menyebutkan ketentuan umum perkawinan dalam Islam
1.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah perkawinan dalam Islam
2.       Memahami hukum Islam tentang talak dan rujuk
2.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum talak dan rujuk
2.2       Menyebutkan ketentuan talak dan rujuk
2.3       Menjelaskan hikmah mekanisme talak dan rujuk
3.       Memahami hukum waris dan wasiat
3.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum waris dan wasiat
3.2       Menyebutkan ketentuan umum waris dan wasiat
3.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah waris dan wasiat
4.       Memahami ajaran Islam tentang pemerintahan
4.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum pemerintahan dalam Islam
4.2       Menjelaskan dasar-dasar pemerintahan dalam Islam
4.3       Menjelaskan hak dan kewajiban rakyat
4.4       Menjelaskan struktur kekuasaan dalam pemerintahan Islam
5.       Memahami peradilan dalam Islam
5.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum peradilan dalam Islam
5.2       Menyebutkan fungsi peradilan dalam Islam
5.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah peradilan dalam Islam
6.       Memahami hukum acara dalam peradilan Islam
6.1       Menjelaskan pengertian hakim, saksi, gugatan, dan pembuktian
6.2       Menyebutkan ketentuan mengenai hakim, saksi, gugatan, dan pembuktian
6.3       Menyebutkan mekanisme hukum acara di peradilan Islam
7.       Memahami ketentuan Jihad
7.1       Menjelaskan pengertian dan dasar hukum jihad
7.2       Menyebutkan ketentuan jihad dalam Islam
7.3       Menjelaskan tujuan dan hikmah jihad


IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Al-Qur’an
Jumlah Jam Pelajaran       : 4 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang Al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

DINIYAH TAKMILIYAH ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an tentang hakikat dan ciri-ciri orang beriman
1.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang hakikat dan ciri-ciri orang beriman
1.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang hakikat dan ciri-ciri orang beriman
1.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang hakikat dan ciri-ciri orang beriman dalam kehidupan sehari-hari.
2.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh
2.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh
2.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang iman dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
3.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah
3.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah
3.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang Nama-nama dan sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari
4.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman
4.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman
4.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang enam rukun Iman dalam kehidupan sehari-hari
5.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
5.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah
5.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah
5.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang makna Ibadah dalam kehidupan sehari-hari
6.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
6.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis
6.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis
6.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika ekonomi dan bisnis dalam kehidupan sehari-hari
7.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan kepemimpinan, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
7.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan kepemimpinan
7.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan kepemimpinan
7.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika politik dan kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari

@ Kelas II Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
1.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia
1.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia
1.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang asal kejadian manusia dalam kehidupan sehari-hari
2.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar manusia, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar manusia
2.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar manusia
2.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang watak dan sifat dasar manusia dalam kehidupan sehari-hari
3.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab sosial, serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari
3.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab sosial
3.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab sosial
3.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang etika dan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari
4.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi munkar, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi munkar
4.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi munkar
4.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang amar ma’ruf dan nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari
5.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia terdahulu, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
5.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia terdahulu
5.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia terdahulu
5.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang kisah-kisah manusia terdahulu dalam kehidupan sehari-hari
6.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
6.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu
6.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu
6.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang seruan mencari ilmu dalam kehidupan sehari-hari
7.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
7.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah
7.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah
7.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang isyarat-isyarat ilmiah dalam kehidupan sehari-hari
8.       Memahami dan menghayati penafsiran ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
8.1    Menjelaskan makna mufrodat, asbabunnuzul dan munasabah yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta
8.2    Menjelaskan kandungan makna yang terdapat pada ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta
8.3    Menunjukkan contoh-contoh pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat al-Qur’an tentang penciptaan alam semesta dalam kehidupan sehari-hari




IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Hadits
Jumlah Jam Pelajaran       : 4 jam / minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN HADITS
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

DINIYAH ULYA
Kelas I, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami hadits-hadits Nabi SAW tentang tata cara berwudlu, tayammum dan mandi janabah
1.1       Menghafal hadits-hadits tentang tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah
1.2       Mendemontrasikan tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah
1.3       Menerapkan tata cara berwudlu , tayammum dan mandi janabah dalam kehidupan sehari-hari
2.    Memahami hadits-hadits Nabi SAW tentang tata cara shalat dan berbagai aspeknya
2.1       Menghafal hadits tentang tata cara shalat Nabi SAW
2.2       Mendemontrasikan tata cara shalat Nabi SAW
2.3       Menganalisis hubungan antara shalat dan berwudlu
2.4       Menerapkan kewajiban shalat dalam kehidupan sehari-hari
3.    Memahami hadits-hadits Nabi SAW tentang tata cara zakat, infaq dan shadaqah
3.1       Menghafal hadits tentang tata cara zakat, infaq dan shadaqah
3.2       Memberikan contoh tata cara zakat, infaq dan shadaqah
3.3       Menghubungkan kewajiban zakat, infaq dan shadaqah dengan pengentasan kemiskinan
3.4       Menerapkan zakat, infaq dan shadaqah dalam kehidupan sehari-hari
4.    Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW tentang perintah puasa dan berbagai ketentuannya
4.1       Menghafal hadits tentang kewajiban puasa
4.2       Menguraikan hakikat puasa, macam-macam puasa dan hikmahnya
4.3       Menerapkan nilai-nilai dan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari

Kelas II, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW tentang haji dan umrah
1.1       Menyebutkan hadits tentang haji dan umrah
1.2       Menghafal hadits tentang haji dan umrah
1.3       Menguraikan hadits tentang haji dan umrah
1.4       Mendemontrasikan hadits tentang haji dan umrah dalam praktek ibadah
1.5       Menampilkan sikap positif terhadap ibadah haji dan umrah dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat
2.    Memahami hadits-hadits Nabi SAW tentang larangan berzina
2.1       Menghafal hadits tentang larangan berzina
2.2       Memberikan contoh akibat orang-orang yang suka berzina
2.3       Menjauhi perzinahandalam kehidupan sehari-hari
3.    Mengetahui hadits-hadits Nabi SAW tentang aqiqah dan berkurban (udhhiyyah)
3.1       Menghafal hadits tentang ke-sunnah-an aqiqah dan berkurban
3.2       Menjelaskan hikmah aqiqah dan berkurban
3.3       Menerapkan nilai-nilai aqiqah dan berkurban dalam kehidupan sehari-hari




























IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Akidah
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH ULYA
Kelas I, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Mengimani hakikat Qadha’ dan Qadar Allah
1.1       Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah
1.2       Menjelaskan hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia
1.3       Menjelaskan pentingnya memiliki etos kerja/ berusaha dalam kehidupan
1.4       Menjelaskan hubungan ikhtiar dan tawakkal
2.    Memahami keragaman-keragaman pemikiran berbagai aliran ilmu kalam
2.1       Menjelaskan berbagai aliran ilmu kalam
2.2       Menjelaskan berbagai keragaman pemikiran ilmu kalam (dosa besar, keadilan Tuhan, surga-neraka)
2.3       Menjelaskan pentingnya ilmu kalam dalam kehiduan keseharian

Kelas II, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Mengembangkan sikap saling menghargai atas keragaman aliran dan pemikiran dalam Islam
1.1       Memahami faham ahlussunnah wal jama’ah sebagai golongan terbesar dalam Islam
1.2       Mengenal pokok-pokok ajaran ahlussunnah wal jama’ah
1.3       Menerapkan faham ahlussunnah wal jama’ahdalam kehidupan sehari-hari
1.4       Menampilkan perilaku “saling menghargai” dalam kehidupan keseharian
2.    Mengetahui faham-faham Khawarij, Murji’ah, Mu’tajilah, asy’ariyah, al-Maturidiyah, Qadariyah dan Jabariyah
2.1       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Khawarij
2.2       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Murjiah
2.3       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Mu’tajilah
2.4       Menjelaskan pokok-pokok ajaran al-Maturidiyah
2.5       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Qadariyah
2.6       Menjelaskan pokok-pokok ajaran Jabariyah
3.    Memahami beberapa keragaman organisasi keagamaan dalam pesantren
3.1       Menjelaskan pokok-pokok doktrin NU (Nahdlatul Ulama)
3.2       Menjelaskan pokok-pokok doktrin Muhammaadiyah
3.3       Menjelaskan pokok-pokok doktrin Persis
3.4       Menjelaskan pokok-pokok doktrin Al-Washliyyah
3.5       Menjelaskan pokok-pokok doktrin Al-Tarbiyah dan lain-lainnya

















IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : Akhlak
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH ULYA
Kelas I,Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami akhlak mahmudah serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
1.1       Menjelaskan pengertian akhlak Mahmudah kepada Allah, diri sendiri,orang lain dan alam lingkungan
1.2       Menyebutkan dalil-dalil tentang anjuran bersyukur, bersabar, bertawakkal, ikhlas, taubat, raja’, khauf dan ridha
1.3       Menyebutkan dalil-dalil tentang anjuran zuhud, qana’ah, tawadlu, syaja’ah dan samahah
1.4       Menyebutkan dalil-dalil tentang anjuran mengamalkan kasih sayang, ukhuwah , sakha’/ dermawan, tasamuh, senang menolong, tawadlu, pemaaf dan hilm/ lemah lembut
1.5       Menunjukkan diri berakhlak Mahmudah kepada Allah SWT (syukur, sabar, ikhlas, taubat, raja’, khauf, tawakal dan ridha)
1.6       Menampilkan diriberakhlak mahmudah kepada diri sendiri dan korelasinya dengan kehidupan sehari-hari (zuhud, qana’ah, tawadlu’, syaja’ah, samamah
1.7       Menampilkan diri berakhlak Mahmudah kepada orang lain (kasih sayang, ukhuwah, sakha’/ dermawan, tasamuh, senang menolong, tawadlu, pemaaf¸ hilm/ lemah lembut)
2.    Memahami akhlak Mahmudah serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1       Menjelaskan akhlak Mahmudah kepada alam lingkungan (senang kebersihan, sayang binatang dan tumbuh-tumbuhan, cinta lingkungan sehat dan aman)
2.2       Menyebutkan dalil-dalil tentang anjuran mengamalkan nilai-nilai kebersihan, sayang binatang dan tumbuh-tumbuhan, cinta lingkungan sehat


Kelas II,Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Memahami akhlak Madzmumah serta mampu menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari
1.1       Menjelaskan pengertian akhlak Madzmumah kepada Allah, kepada diri sndiri, kepada orang lain dan kepada alam lingkungannya
1.2       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berbuat syirik, munafik, fasik dan takabbur
1.3       Menjauhi akhlak Madzmumah kepada Allah,seperti; syirik, munafik, fasik dan takabbur
1.4       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berbuat boros, riya, tamak/ rakus, penakut dan ananiyah
1.5       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada diri sendiri (boros, riya, tamak/ rakus, penakut dan ananiyah)
1.6       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berbuat ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil, namimah, fitnah, ghibah, congkak dan dzalim
1.7       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada orang lain (ghadhab/ mudah marah, hasad/ dengki, bakhil, namimah, fitnah, ghibah, congkak dan dzalim)
1.8       Menyebutkan dalil-dalil tentang larangan berbuat kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum/ anarkis dan merusak alam
1.9       Menjauhkan diri dari akhlak Madzmumah kepada alam lingkungan (kumuh/ kotor, acuh/ tak peduli, kejam pada binatang, mengganggu kepentingan umum/ anarkis dan merusak alam)
2.    Memahami pengertian, ruang lingkup, sejarah dan aliran-aliran dalam ilmu akhlak
2.1       Menjelaskan pengertian ilmu akhlak
2.2       Menjelaskan perilaku bangsa Arab sebelum Islam
2.3       Menjelaskan perubahan perilaku yang terjadi pada bangsa Arab setelah Islam
2.4       Menjelaskan criteria baik dan buruk menurut pandangan Islam
2.5       Menjelaskan akhlakul karimah para sahabat Nabi, seperti; Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Salman Al-Farisy, Abu Dzar Al-Ghifary, Amar bin Yasir, Hudzalifah, dan lain sebagainya
2.6       Menyebutkan aliran-aliran dalam ilmu akhlak, serta dasar penilaian baik dan buruk di luar Islam, seperti; Aliran Hedonisme, Humanisme atau Utilitarianisme


















































IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : SKI
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SKI
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup SKI dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH ‘ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Mengenal sejarah Islam di Indonesia
1.1     Menunjukan letak Jazirah Arab dan kepulauan Indonesia beserta garis garis perkembangan Islam di Jazirah Arab ke Indonesia
1.2     Menyebutkan tata masyarakat Indonesia sebelum datangnya Islam
1.3     Menyebutkan bentuk bentuk kepercayaan bangsa Indonesia sebelum datangnya Islam
1.4     Menyebutkan daerah yang pertama kali masuk islam
1.5     Mengenal sejarah peran Walisongo dalam penyebaran islam di pulau Jawa
1.6     Menyebutkan nama nama Walisongo
1.7     Menyebutkan jasa jasa Walisongo
1.8     Mencerminkan sikap meneladani perjuangan Walisongo
1.9     Mengenal kerajaan – kerajaan islam di Indonesia

@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.    Mengenal sejarah dan kebudayaan Islam di Banten
1.1     Menyebutkan sejarah masuknya islam ke Banten
1.2     Menyebutkan perkembangan sejarah dan kebudayaan islam di Banten dan sekitarnya
1.3     Menyebutkan nama nama tokoh sejarah islam di Banten dan sekitarnya
1.4     Menunjukan keteladanan tokoh tokoh sejarah islam di Banten dan sekitarnya
2.    Mengenal sejarah Pesantren
2.1     Sejarah Pondok Pesantren
2.2     Misi dan Orientasi pesantren
2.3     Pengembangan Pesantren
2.4     Peran pesantren dalam pembangunan bangsa



















IDENTITAS
Mata Pelajaran                    : BAHASA ARAB
Jumlah Jam                          : 4 (empat) jam/ minggu
Waktu                                    : 40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan                 : Madrasah Diniyah Takmiliyah

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

DINIYAH TAKMILIYAH ‘ULYA
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menguasai 500 - 750 kosakata baru dengan struktur kalimat ( tarkib al kalimat) yang baik dan benar sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni), siswa memiliki skill untuk memahami teks teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa Arab percakapan dengan Insya Muwajjah
1.1    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· مرفوعات الأسماء والأفعال
· أحوال زيادة همزة الوصل
1.2    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     منصوبات الأسماء والأفعال
· الإبدال
1.3    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     ما ولا ولات وان المشبهات بليس
· أفعال المقاربة
1.4    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     أحوال حركة همزة إن وأحكام إن مخففة
·     لا التي لنفس الجنس
· الفصاحة فى الكلمة والكلام والمتكلم
1.5    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     إشتغال العامل عن المعمول
·     التنازع فى العمل
· البلاغة فى الكلمة والكلام والمتكلم
1.6    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     الإضافة
·     المضاف إلى ياء المتكلم
· أحوال الإسناد الخبرى
1.7    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·     إعمال المصدر واسم الفاعل
· أبنية المصادر واسماء الفاعلين والمفعولين والصفة المشبهة
1.8    Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
· التعجب ونعم وبئس وأفعل التفضيل

@ Kelas 2, Semester 1 dan 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Menguasai 500 - 750 kosakata baru dengan struktur kalimat ( tarkib al kalimat) yang baik dan benar sesuai dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok (keagamaan, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni), siswa memiliki skill untuk memahami teks teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa Arab percakapan dengan Insya Muwajjah
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        النعت
·        التوكيد
·        أحوال لام فعلى
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        عطف البيان والنسق
·        البدل
·        أحوال المسند إليه
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        النداء والمنادى والمضاف لياء المتكلم وأسماء لازمات النداء
·        أحوال المسند
·        متعلقات الفعل
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        الإستغاثة والندبة والترخيم والإختصاص والتحذير والإغراء
·        القصر
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        أسماء الأفعال والأصوات
·        الإنشاء
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        ما لا ينصرف
·        أحوال ذو اللين
·        الفصل والوصل
·        الإيجاز والإطناب والمساوة
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        إعراب الفعل
·        التشبيه
·        الحقيقة والمجاز
·         Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya Muwajjah sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 75 - 90 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk bentuk :
·        الفعل المبنى المجهول ونائب الفاعل
·        الكناية


Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.