STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH
TINGKAT AWWALIYAH
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Fiqih
Jumlah Jam Pelajaran : 8 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIQIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
dasar-dasar ilmu fiqih dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami rukun Islam yang pertama (Syahadatain)
|
1.1 Melafalkan dua kalimah syahadat dengan fasih
1.2 Menjelaskan pengertian syahadat tauhid
1.3 Menjelaskan pengertian syahadat rasul
1.4 Dapat membedakan syahadat tauhid dan syahadat
rasul
1.5 Membiasakan membaca dua kalimat syahadat
|
2.
Memahami konsep thaharah
|
2.1
Menjelaskan
pengetian dan dasar hukum thaharah secara sederhana
2.2
Menyebutkan ketentuan thaharah dalam
Islam
2.3
Menyebutkan tujuan dann hikmah
thaharah
2.4
Mempraktikkan cara bersuci (wudhu,
tayamum, istinja dan mandi janabah)
|
3.
Memahami tata cara berwudhu, tayamum,
istinja’ dan mandi janabah
|
3.1
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
wudhu, tayamum,
istinja’ dan mandi janabah
3.2
Menyebutkan ketentuan berwudhu, tayamum,
istinja’ dan mandi janabah
3.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah wudhu,
tayamum, istinja’ dan mandi janabah
3.4
Mempraktikkan cara berwudhu, tayamum,
istinja’ dan mandi janabah dengan benar
|
4.
Memahami tata cara adzan dan iqamah
|
4.1
Melafalkan bacaan adzan dan iqamah dengan baik
4.2
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum adzan dan
iqamah
4.3
Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
4.4
Mempraktikkan adzan dan iqamah
|
5.
Menguasai bacaan-bacaan dalam shalat
|
5.1
Menghafal bacaan-bacaan shalat
5.2
Menghafalkan dan mengartikan
bacaan-bacaan shalat
|
@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami tata cara shalat maktubah
|
1.1
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat
1.2 Menjelaskan ketentuan shalat
1.3 Menyebutkan jenis-jenis
shalat maktubah
1.4 Menjelaskan tujuan dan
hikmah shalat
1.5 Mempraktikkan tata cara
shalat beserta bacaannya
|
2. Memahami tata
cara shalat sunnah Rawatib
|
2.1
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat
sunnah Rawatib
2.2
Menjelaskan ketentuan dan macam-macam shalat
sunnah Rawatib
2.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat sunnah Rawatib
2.4
Mempraktikkan shalat sunnah Rawatib
|
3. Memahami tata
cara shalat jamak dan qashar
|
3.1
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum shalat
jamak dan qashar
3.2
Menjelaskan ketentuan shalat jamak dan qashar
3.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat jamak dan
qashar
3.4
Mempraktikan tata cara shalat jamak dan qashar
|
@ Kelas III, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami ajaran Islm tentang zakat
mal
|
1.1
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat mal
1.2 Menyebutkan macam-macam
zakat mal
1.3 Menjelaskan ketentuan
tentang zakat mal
1.4 Menjelaskan tujuan dan
hikmah zakat mal
|
2. Memahami ajaran
Islam tentang zakat fitrah
|
2.1
Menyebutkan pengertian dan dasar hukum zakat
fitrah
2.2
Menjelaskan ketentuan tentang zakat fitrah
2.3
Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat fitrah
|
3. Memahami ajaran
Islam tentang infak, shadaqah dan wakaf
|
3.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum infak, shadaqah dan wakaf
3.2 Menyebutkan ketentuan
tentang infak, shadaqah dan wakaf
3.3 Menjelaskan
tujuan dan hikmah infak, shadaqah dan wakaf
3.4
Membiasakan perilaku
berinfak, bershadaqah, dan berwaqaf
|
@ Kelas IV, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Memahami ajaran Islam tentang haji
dan umrah
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum haji dan umrah
1.2
Menjelaskan tujuan dan hikmah ibadah haji dan
umrah
1.3
Mempraktikkan manasik haji dan umrah
1.4
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan etos
ibadah haji dan umrah
|
2. Memahami
jenis-jenis makanan dan minuman yang halal dan haram
|
2.1 Menyebutkan jenis-jenis
makanan dan minuman yang halal dan haram
2.2 Menyadari
pentingnya hikmah mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan halal
2.3 Membiasakan memakan makanan
dan minuman yang halal dan menghindari makanan dan minuman yang haram
|
3. Mengetahui
jenis-jenis hewan yang halal dan haram di konsumsi serta memahami cara
penyembelihannya
|
3.1 Menyebutkan jenis-jenis
hewan yang halal dan haram dikonsumsi
3.2 Menyebutkan hewan yang
halal dan yang perlu disembelih dan yang tidak perlu disembelih
3.3 Menjelaskan tata cara
penyembelihan hewan
3.4 Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan sikap sayang terhadap binatang
3.5 Terbiasa menyembelih sesuai
dengan syari’at
|
4. Memahami ajaran
Islam tentang qurban, aqiqah dan khitan
|
4.1 Menjelaskan pengertian dan
dasar hukum qurban, aqiqah dan khitan
4.2 Menyebutkan ketentuan dan
tata cara qurban, aqiqah dan khitan
4.3 Menunjukkan
perilaku yang mencerminkan sikap menjunjung tinggi nilai dan hikmah
disyariatkannya qurban, aqiqah dan khitan
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar tentang
Al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah al-Fatihah
|
1.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid dengan benar (fasih dan tartil)
1.2 Mempertebal / memperjelas
teks surah al-Fatihah dengan baik dan benar
1.3 Mengetahui arti surah
al-Fatihah dengan baik
|
2. Menulis huruf
hijaiyah secara terpisah dan bersambung
|
2.1 Menulis huruf-huruf
hijaiyah secara terpisah dengan benar
2.2 Menulis huruf-huruf
hijaiyah secara bersambung dengan benar
|
3. Hafal surah
al-Ikhlas
|
3.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
3.2 Mempertebal / memperjelas
teks surah al-Ikhlas dengan baik dan benar
3.3 Mengetahui arti surah al-Ikhlas dengan baik
|
4. Memahami kaidah
ilmu tajwid
|
4.1 Mengetahui kaidah bacaan
idgham, ikhfa, qolqolah dan lainnya
4.2 Mengenal bacaan waqaf dan washal
4.3 Mempraktikkan bacaan
al-Qur’an sesuai kaidah tajwid
|
@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah an-Naas
|
1.1 Membaca dengan makharijul huruf
yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2 Menulis kembali surah
an-Naas dengan khot yang benar
1.3 Mengetahui arti surah
an-Naas dengan baik
|
2. Hafal surah
al-Falaq
|
2.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2 Menulis kembali surah
al-Falaq dengan khot yang benar
2.3 Mengetahui arti surah
al-Falaq dengan baik
|
3. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1 Mengenal tanwin dan nun
mati
3.2 Mengenal hukum idzhar
tanwin dan nun mati
3.3 Mengidentifikasi bacaan
idzhar dalam al-Qur’an
|
4. Hafal surah al-Kafirun
|
4.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan benar (fasih dan tartil)
4.2 Menulis kembali surah
al-Kafirun dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
4.3 Mengetahui arti surah
al-Kafirun dengan baik
|
5. Hafal surah al-Kautsar
|
5.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2 Menulis kembali surah
al-Kautsar dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
5.3 Mengetahui arti surah
al-Kautsar dengan baik
|
6. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
6.1 Mengenal hukum idgham
bigunnah tanwin dan nun mati
6.2 Mempraktikkan bacaan idgham
bigunnah
6.3 Mengidentifikasi bacaan
idgham bigunnah
|
@ Kelas III, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah al-Fiil
|
1.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2 Menulis kembali surah
al-Fiil dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
1.3 Menghafal surah al-Fiil
dengan lancar
1.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Fiil secara sederhana
|
2. Hafal surah at-Takatsur
|
2.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2 Menulis kembali surah
at-Takatsur dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
2.3 Menghafal surah at-Takatsur
dengan lancar
2.4 Menjelaskan kandungan surah
at-Takatsur secara sederhana
|
3. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1 Mengenal hukum idgham bila
gunnah tanwin dan nun mati
3.2 Mempraktikkan bacaan idgham
bila gunnah
3.3 Mengidentifikasi bacaann
idgham bila gunnah
|
4. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
4.1 Mengenal hukum iqlab
4.2 Mempraktikkan bacaan iqlab
4.3 Mengidentifikasi bacaan
iqlab
|
5. Hafal surah
al-Qari’ah
|
5.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2 Menulis kembali surah
al-Qari’ah dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
5.3 Menghafal surah al-Qari’ah
dengan lancar
5.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Qori’ah secara sederhana
|
6. Hafal surah
al-Zalzalah
|
6.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2 Menulis kembali surah al-Zalzalah
dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
6.3 Menghafal surah al-Zalzalah
dengan lancar
6.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Zalzalah secara sederhana
|
7. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
7.1 Mengenal hukum ikhfa
7.2 Mempraktikkan bacaan ikhfa
7.3 Mengidentifikasi bacaann
ikhfa
|
@ Kelas IV, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Hafal surah at-Tiin
|
1.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2 Menulis kembali surah
al-Zalzalah dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
1.3 Menghafal surah al-Zalzalah
dengan lancar
1.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Zalzalah secara sederhana
|
2. Hafal surah
Insyirah
|
2.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2 Menulis kembali surah
al-Insyirah dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
2.3 Menghafal surah al-Insyirah
dengan lancar
2.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Insyirah secara sederhana
|
3. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mim mati dan nun bertasydid
|
3.1 Mengenal hukum gunnah
3.2 Mempraktikkan bacaan gunnah
3.3 Mengidentifikasi bacaan
gunnah
|
4. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mim mati
|
4.1 Mengenal hukum ikhfa syafawi
4.2 Mempraktikkan bacaan ikhfa
syafawi
4.3 Mengidentifikasi bacaan
ikhfa syafawi
|
5. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mim mati
|
5.1 Mengenal hukum idgham
mutamatsilain
5.2 Mempraktikkan bacaan idgham
mutamatsilain
5.3 Mengidentifikasi bacaan
idgham mutamatsilain
|
6. Hafal surah
al-Alaq
|
6.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
6.2 Menulis kembali surah
al-Alaq dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
6.3 Menghafal surah al-Alaq
dengan lancar
6.4 Menjelaskan kandungan surah
al-Alaq secara sederhana
|
7. Memahami surah
ad-Dhuha
|
7.1 Membaca dengan makharijul
huruf yang tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
7.2 Menulis kembali surah
ad-Dhuha dan menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia
7.3 Menghafal surah Ad-Dhuha
dengan lancar
7.4 Menjelaskan kandungan surah
Ad-Dhuha secara sederhana
|
8. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mad
|
8.1 Mengenal hukum mad thabi’i
8.2 Mempraktikkan bacaan mad thabi’i
8.3 Mengidentifikasi bacaan mad
thabi’i
|
9. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mad
|
9.1 Mengenal hukum mad wajib
muttashil
9.2 Mempraktikkan bacaan mad
wajib muttashil
9.3 Mengidentifikasi bacaan mad
wajib muttashil
|
10. Memahami kaidah
ilmu tajwid tentang mad
|
10.1Mengenal hukum mad jaiz
munfashil
10.2Mempraktikkan bacaan mad
jaiz munfashil
10.3Mengidentifikasi bacaan mad
jaiz munfashil
|
IDENTITAS
Mata Pelajaran :
Hadits
Jumlah Jam Pelajaran : 4 jam / minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN HADITS
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup
Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
DINIYAH TAKMILIAH ULA / AWWALIYAH
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Melafadzkan hadits-hadits pendek
tentang kebersihan dengan fasih dan benar
|
1.1 Menghafal hadits-hadits
pendek tentang urgensi kebersihan
1.2 Menerjemahkan dan
mempertebal/memperjelas teks hadits tentang kebersihan
1.3 Menampilkan perilaku bersih
di lingkungan sekitar
|
2. Melafadzkan
hadits-hadits pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
|
2.1 Menghafal hadits-hadits
pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
2.2 Menerjemahkan dan
mempertebal/memperjelas teks hadits tentang kewajiban menghormati orangg tua
2.3 Menunjukkan sikap
menghormati orang tua dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Melafadzkan
hadts-hadits pendek tentang kewajiban bertakwa
|
3.1 Menghafal hadits-hadits
pendek tentang kewajiban bertakwa
3.2 Menerjemahkan dan
mempertebal/memperjelas teks hadits tentang kewajiban bertakwa
3.3 Menunjukkan ciri-ciri orang
yang benar-benar bertakwa secara sederhana
3.4 Menampilkan perilaku
bertakwa di mana saja berada
|
4. Melafadzkan
hadits-hadits pendek tentang shalat berjama’ah, dan ciri-ciri orang munafik
|
4.1 Menghafal hadits-hadits
pendek tentang keutamaan shalat berjama’ah dan ciri-ciri orang munafik
4.2 Mempertebal/memperjelas
teks hadits tentang keutamaan shalat berjama’ah dan ciri-ciri orang munafik
4.3 Menunjukkan kegemaran
shalat berjama’ah setiap hari
4.4 Menampilkan perilaku jujur
dan amanah
|
@ Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Melafadzkan hadits-hadits pendek
tentang beberapa akhlak mulia
|
1.1 Menghafalkan hadits tentang
wajib hidup jujur dan menjauhi sifat pembohong dan pengkhianat
1.2 Menterjemahkan hadits
tentang wajib hidup jujur dan menjauhi
sifat pembohong dan pengkhianat
1.3 Menerapkan hidup jujur dan
menjauhi sifat bohong dan khianat
1.4 Menulis kembali
hadits-hadits pendek tentang macam-macam akhlak al-karimah dan akhlak
al-madzmumah
1.5 Menunjukkan sikap berakhlak
mulia dalam kehidupan sehari-hari
1.6 Melaksanakan aturan-aturan
dan norma-norma yang berlaku di keluarga dan masyarakat
|
2. Melafadzkan
hadits-hadits pendek tentang kewajiban bersikap toleransi dan saling
menghargai
|
2.1 Menulis kembali hadits
tentang pentingnya sikap toleransi dan saling
menghargai
2.2 Menghafal hadits tentang
pentingnya sikap toleransi dan saling menghargai
2.3 Menunjukkan
contoh sikap-sikap toleransi dan saling menghargai
2.4 Melaksanakan
sikap-sikap toleransi dengan saling menghargai dimana saja berada
|
3. Melafadzkan
hadits-hadits pendek tentang kewajiban patuh terhadap guru
|
3.1 Menghafal teks hadits
tentang kewajiban patuh kepada guru
3.2 Menterjemahkan teks hadits
tentang kewajiban patuh kepada guru
3.3 Mengenal nilai kepatuhan,
kedisiplinan, dan senang belajar dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Melaksanakan perilaku patuh,
sopan, tawadlu dan disiplin dimana saja berada
|
@ Kelas III, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami makna
hadis persaudaraan, silaturahmi dan persahabatan
|
1.1 Menghafal bunyi hadits
tentang kewajiban ukhuwah Islamiyah, silaturahim, dan persahabatan
1.2 Menterjemahkan hadits
tentang kewajiban ukhuwah Islamiyah, silaturahim, dan persahabatan
1.3 Mengenal kandungan makna
silaturahim dan hubungannya dengan ukhuwah Islamiyah
1.4 Mengamalkan kegiatan
silaturahim dan persahabatan sejati (al-hubb fillah) dalam kehidupan
sehari-hari
|
2. Memahami hadits
tentang rukun Iman
|
2.1 Menghafal bunyi hadits
tentang 6 rukun Iman
2.2 Menterjemahkan serta menulis
kembali hadits tentang 6 rukun iman
2.3 Memberikan contoh hidup
beriman kepada Allah, Malaikat, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari kiamat
dan takdir Allah SWT dimana saja berada
|
3. Memahami hadits
tentang pentingnya sikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT
|
3.1 Menghafal teks hadits
tentang kewajiban bersikap pemaaf dan penyayang kepada semua makhluk Allah
SWT
3.2 Menterjemahkan hadits
tentang kewajiban bersikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah
SWT
3.3 Memberikan contoh sikap
pemaaf dan penyayang, baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan
3.4 Menampilkan perilaku pemaaf
dan penyayang, baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan
|
4. Memahami hadits
tentang muslim/muslimah yang paling baik
|
4.1 Menghafal teks hadits
tentang sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia
lainnya
4.2 Menterjemahkan hadits
tentang sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia
lainnya
4.3 Mengenal jati diri
muslim/muslimah yang baik, seperti toleransi (at-tasamuh), adil (al-adl), dan
moderat (at-tawassuth) kepada sesama makhluk Allah
4.4 Menampilkan rasa bangga
sebagai muslim/muslimah Indonesia
|
@ Kelas IV, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami hadits
tentang rukun Islam
|
1.1 Menghafal teks hadits
tentang 5 rukun Islam
1.2 Menterjemahkan hadits
tentang 5 rukun Islam
1.3 Memberikan contoh hubungan
Iman dengan Islam dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Menerapkan rukun Islam dalam
kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami hadits
tentang ihsan
|
2.1 Menghafal teks hadits
tentang ihsan
2.2 Menterjemahkan hadits
tentang ihsan
2.3 Menerapkan nilai-nilai ihsan
dalam bermain/bergaul, belajar, beribadah dan berhubungan sosial
2.4 Melaksanakan ihsan dalam
kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami hadits
tentang shalat berjama’ah
|
3.1 Menghafal teks hadits
tentang shalat berjama’ah
3.2 Menterjemahkan hadits
tentang shalat berjama’ah
3.3 Menulis kembali hadits
tentang shalat berjama’ah
3.4 Membiasakan shalat
berjama’ah dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami hadits
tentang menyayangi anak yatim
|
4.1 Menghafal teks hadits
tentang menyayangi anak yatim
4.2 Menterjemahkan hadits
tentang menyayangi anak yatim
4.3 Menulis kembali
hadits tentangg kewajiban menyayangi anak yatim
4.4 Menjelaskan isi
kandungan hadits tentang menyayangi anak yatim
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup
Akidah dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH ULA/ AWWALIYAH
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami hakikat Tauhid kepada Allah
SWT
|
1.1
Menjelaskan
makna dasar tauhid
1.2
Menjelaskan
pengertian dan cakupan tauhid kepada Allah SWT
1.3
Melaksanakan
perilaku “tauhidy” dalam kehidupan
keseharian
|
2.
Memahami serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1
Menjelaskan hakikat iman kepada allah sebagai rabbul ‘alamin
2.2
Menjelaskan perbedaan kholiq
dan makhluq dengan dzat, sifat dan af’al-nya
2.3
Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (Sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ami dan Ma’nawiyah), Sifat Mustahil bagi
Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah
2.4
Menjelaskan makna al Asma’
al Husna dan implimentasinya bagi manusia sebagai makhluq Allah Rabbul
‘Alamin
2.5
Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah SWT
|
3. Memahami kebesaran Allah dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.1
Menjelaskan
makna dan implementasi dzikrullah
3.2
Menjelaskan
makna dan implementasi tafakkur dan tadabbur
3.3
Melaksanakan
perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami dan mengimani Malaikat Allah
|
4.1
Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT
4.2
Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT
4.3
Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat Allah SWT
4.4
Menyebutkan dalil-dalil tentang iman kepada Malaikat Allah SWT
4.5
Melaksanakan perilaku Ta’abbudy
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami dan meyakini/ mengimani
kitab-kitab suci Allah
|
1.1
Menyebutkan
dalil tentang mu’jizat al-Qur’an
1.2
Menjelaskan
hakikat kitab suci Allah
1.3
Menjelaskan
hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah
1.4
Menjelaskan
fungsi dan mu’jizat al-Qur’an
1.5
Mempraktikkan
perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami Rasul-rasul Allah
|
2.1
Menjelaskan
makna dan misi kerasulan
2.2
Menjelaskan
hubungan antara wahyu dan rasul
2.3
Menyebutkan
nama-nama rasul Allah SWT
2.4
Menyebutkan
rasul-rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi
2.5
Menguraikan
makna mu’jizat bagi para rasul
2.6
Menguraikan
kerasulan Muhammad SAW sebagai Khatamil
anbiya wal Mursalin
2.7
Mempraktikkan
perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para rasul
|
3. Memahami dan mengimani hari Akhir
|
3.1
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada hari akhir
3.2
Menjelaskan
makna beriman kepada hari akhir
3.3
Menjelaskan
tentang alam barzakh
3.4
Menguraikan
tentang kebangkitan di akhirat(kebangkitan dan perhitungan amal)
3.5
Menjelaskan
tentang hakikat surga dan neraka
3.6
Menunjukkan
sikap kehati-hatian dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami dan meyakini hakikat Qadha’
dan Qadar Allah
|
4.1
Menjelaskan
hakikat iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah
4.2
Menjelaskan
hubungan Qadha’ dan Qadar Allah terhadap manusia
4.3
Menjelaskan
pentingnya memiliki etos kerja/ berusaha dalam kehidupan
4.4
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada Qadha’ dan Qadar Allah SWT
|
Kelas III, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami dan menjelaskan
bentuk-bentuk implementasi tauhid dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Menjelaskan
relasi iman, islam dan ihsan
1.2
Menjelaskan
hubungan fungsional antara tauhid dan akhlak
1.3
Menyebutkan
dalil tentang hubungan iman, islam dan ihsan
1.4
Menampilkan
perilaku “tauhidy” dalam kehidupan
keseharian
|
2. Memahami dan meyakini serta mengimani
Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1
menjelaskan
hakikat iman kepada allah sebagai rabbul
‘alamin
2.2
Menjelaskan
perbedaan kholiq dan makhluq dengan dzat, sifat dan af’al-nya
2.3
Menguraikan
dan menjelaskan sifat-sifat wajib Allah (Sifat
Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ami dan
Ma’nawiyah), Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi Allah
2.4
Menjelaskan
makna al Asma’ al Husna dan implimentasinya
bagi manusia sebagai makhluq Allah Rabbul ‘Alamin
2.5
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada Allah SWT
|
3. Memahami dan meyakini kebesaran Allah
serta mensikapinya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Menjelaskan
makna dan implementasi dzikrullah
3.2
Menjelaskan
makna dan implementasi tafakkur dan tadabbur
3.3
Menampilkan
perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IV, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami dan meyakini serta mengimani
Malaikat Allah
|
1.1
Menjelaskan
hakikat iman kepada Malaikat Allah SWT
1.2
Menguraikan
tugas-tugas Malaikat Allah SWT
1.3
Menjelaskan
perilaku dan sifat Malaikat Allah SWT
1.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang iman kepada Malaikat Allah SWT
1.5
Melaksanakan
perilaku Ta’abbudy dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami dan mayakini /
mengimani kitab-kitab suci Allah
|
2.1
Menjelaskan
hakikat kitab suci Allah
2.2
Menjelaskan
hubungan ayat-ayat Qauliyah dan Kauniyah
2.3
Menjelaskan
mu’jizat al-Qur’an
2.4
Menyebutkan
dalil tentang mu’jizat al-Qur’an
|
3. Memahami fungsi kitab suci Allah
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Menjelaskan
fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
3.2
Menampilkan
perilaku Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami dan meyakini /
mengimani rasul-rasul Allah
|
4.1
Menjelaskan
makna dan misi kerasulan
4.2
Menjelaskan
hubungan antara wahyu dan rasul
4.3
Menyebutkan
nama-nama rasul Allah SWT
4.4
Menyebutkan
rasul-rasul yang mendapat gelar ulul ‘azmi
4.5
Menguraikan
makna mu’jizat bagi para rasul
4.6
Menguraikan
kerasulan Muhammad SAW sebagai Khatamil
anbiya wal mursalin
4.7
Menyebutkan
dalil tentang iman kepada rasul-rasul Allah
|
5. Memahami dan meneladani perilaku
Rasul dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1
Menjelaskan
fungsi rasul sebagai “Uswatun Hasanah”
5.2
Menjelaskan
kerasulan Muhammad SAW sebagai Rahmatan
Lil ‘Alamin
5.3
Menampilkan
perilaku mulia sebagaimana dicontohkan para rasul
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN AKIDAH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup
Akhlak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH ULA/ AWWALIYAH
Kelas I, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal
perbuatan yang baik dan yang buruk terhadap diri sendiri dan orang lain
|
1.1
Menampilkan
perilaku sayang kepada diri sendiri
1.2
Menampilkan
perilaku sayang kepada teman
1.3
Menampilkan perilaku sopan
dan taat kepada orang tua/guru
1.4
Menjauhi perilaku onar yang
dapat mengganggu orang lain.
1.5
Menjauhi perilaku menyakiti
diri sendiri dan orang lain
|
2. Menghafal
doa-doa seharian
|
2.1
Menghafal doa untuk kedua
orang tua
2.2
Menghafal doa untuk
keselamatan dunia akherat
|
3. Mengenal
perbuatan yang baik dan yang buruk terhadap lingkungan
|
3.1
Menampilkan
perilaku sayang kepada tumbuh-tumbuhan
3.2
Menampilkan
perilaku sayang kepada hewan/ binatang
3.3
Menjauhi
perilaku menyakiti orang lain
3.4
Menjauhi
perilaku menyakiti hewan/ binatang
3.5
Menjauhi
perilaku merusak tanaman
|
4. Menghafal do’a-do’a seharian
|
4.1
Menghafal
do’a hendak masuk kamar mandi
4.2
Menghafal
do’a keluar dari kamar mandi
4.3
Menghafal
do’a hendak tidur
4.4
Menghafal
do’a bangun tidur
|
Kelas II, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal akhlak Islam
|
1.1
Mengetahui
pengertian akhlak
1.2
Mengetahui
dalil tentang pentingnya akhlak
1.3
Membiasakan
perbuatan baik yang disukai oleh orang lain (menolong, menyayangi,
menghormati dan manghargai)
1.4
Membiasakan
menjauhi perbuatan buruk yang tidak disukai oleh orang lain (mengganggu,
menghina, membentak, memukul dan menyakiti)
1.5
Membiasakan
perbuatan baik yang disukai oleh orang lain
1.6
Membiasakan
menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang tidak disukai oleh orang lain
1.7
Mengetahui
dalil tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk
|
2. Menghafal do’a-do’a seharian
|
2.1
Melafalkan
do’a ketika keluar rumah
2.2
Melafalkan
do’a ketika masuk rumah
2.3
Melafalkan
do’a mau belajar
2.4
Melafalkan
do’a selesai belajar
2.5
Melafalkan
do’a ketika bertemu dengan binatang
2.6
Melafalkan
do’a ketika mendengar halilintar
2.7
Melafalkan
do’a ketika melihat sesuatu yang mengagumkan
|
Kelas III,Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal Akhlaq Islam
|
1.1
Mengetahui Pengertian akhlaq secara lughoh dan istilah
1.2
Menyebutkan
akhlak Mahmudah terhadap Allah
1.3
Menampilkan
diri berakhlak Mahmudah terhadap Allah (syukur, sabar, ikhlas)
1.4
Mengenal
kisah orang-orang yang syukur, sabar, ikhlas
1.5
Menyebutkan
dalil-dalil tentang berakhlak Mahmudah terhadap Allah(syukur, sabar, ikhlas)
|
2. Membiasakan diri berakhlak Mahmudah
dalam kehidupan sehari-hari terhadap diri sendiri
|
2.1
Menyebutkan
akhlak Mahmudah kepada diri sendiri melliputi Qana’ah, Tawadlu, Syaja’ah dan
Samanah
2.2
Mengenal
kisah orang-orang yang Qana’ah, Tawadlu, Syaja’ah dan Samanah
2.3
Menyebutkan dalil-dalil tentang Qana’ah, Tawadlu,
Syaja’ah dan Samanah
|
Kelas IV, Semester 1 dan 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Membiasakan diri berakhlak Mahmudah
dalam kehidupan sehari-hari terhadap orang lain
|
1.1
Menyebutkan
akhlak Mahmudah kepada orang lain (kasih sayang, ukhuwah, sakha/ dermawan,
senang menolong, tawadlu dan pemaaf)
1.2
Mengenal
kisah orang-orang yang berprilaku kasih sayang, ukhuwah, sakha/ dermawan,
senang menolong, tawadlu dan pemaaf
1.3
Menyebutkan
dalil-dalil tentang kasih sayang, ukhuwah, sakha/ dermawan, senang menolong,
tawadlu dan pemaaf
|
2. Membiasakan diri berakhlak Mahmudah
dalam kehidupan sehari-hari terhadap lingkungan
|
2.1
Menyebutkan
akhlak Mahmudah kepada alam lingkungan (cinta kebersihan, sayang binatang,
sayang tumbuh-tumbuhan dan cinta lingkungan sehat)
2.2
Mengenal
kisah orang-orang yang berprilaku cinta kebersihan, sayang binatang, sayang
tumbuh-tumbuhan dan cinta lingkungan sehat
2.3
Menyebutkan
dalil-dalil tentang cinta kebersihan, sayang binatang, sayang tumbuh-tumbuhan
dan cinta lingkungan sehat
|
3. Membiasakan diri menjauhkan diri dari
akhlak Madzmumah dalam kehidupan sehari-hari kepada Allah
|
3.1
Menyebutkan
akhlak Mahmudah kepada Allah SWT
3.2
Menjauhkan
diri dari syirik, munafik dan fasik
3.3
Mengenal
kisah akibat bagi orang-orang yang syirik, munafik dan fasik
3.4
Menyebutkan
dalil-dalil tentang syirik, munafik dan fasik
|
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : SKI
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN SKI
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup SKI dan mempraktikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal sejarah Nabi nabi selain Ulul
Azmi
|
1.1
Mendengarkan
sejarah Nabi Adam As.
1.2
Mendengarkan
sejarah Nabi Idris As.
1.3
Mendengarkan
sejarah Nabi Hud As.
1.4
Mendengarkan
sejarah Nabi Shaleh As.
1.5
Mendengarkan
sejarah Nabi Luth As.
1.6
Mendengarkan
sejarah Nabi Isma’il As.
1.7
Mendengarkan
sejarah Nabi Ishaq As.
1.8
Mendengarkan
sejarah Nabi Ya’qub As.
1.9
Mendengarkan
sejarah Nabi Yusuf As.
1.10
Mendengarkan
sejarah Nabi Ayyub As.
1.11
Mendengarkan
sejarah Nabi Yunus As.
1.12
Mendengarkan
sejarah Nabi Dawud As.
1.13
Mendengarkan
sejarah Nabi Sulaiman As.
1.14
Mendengarkan
sejarah Nabi Dzulkifli As.
1.15
Mendengarkan
sejarah Nabi Syu’aib As.
1.16
Mendengarkan
sejarah Nabi Harun As.
1.17
Mendengarkan
sejarah Nabi Ilyas As.
1.18
Mendengarkan
sejarah Nabi Ilyasa’ As.
1.19
Mendengarkan
sejarah Nabi Zakariya As.
1.20
Mendengarkan
sejarah Nabi Yahya As.
|
2. Mengenal sejarah Nabi nabi Ulul Azmi
|
2.1
Mendengarkan
sejarah Nabi Nuh As.
2.2
Mendengarkan
sejarah Nabi Ibrahim As.
2.3
Mendengarkan
sejarah Nabi Musa As.
2.4
Mendengarkan
sejarah Nabi Isa As.
2.5
Mendengarkan
sejarah Nabi Muhammad SAW.
|
3.
Mengetahui kondisi Jazirah Arab
sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
3.1 Mengetahui peta Jazirah Arab
3.2 Mengetahui keyakinan masyarakat
Jahiliyah
3.3 Mengetahui kondisi sosial ekonomi
3.4 Mengetahui kondisi sosial politik
3.5 Mengetahui suku suku bangsa Arab
3.6 Mengetahui kebudayaan masyarakat
jahiliyah
|
@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal Sejarah
Nabi Muhammad SAW pada masa kelahiran
|
1.1 Mendengar peristiwa kelahiran Nabi
Muhammad SAW
1.2 Peristiwa – peristiwa penting pada
masa kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
2.
Mengenal Sejarah Nabi
Muhammad SAW pada masa kecil
|
2.1 Mendengar
figur ayah dan Ibu Muhammad SAW.
2.2 Mendengar
sejarah Muhammad dalam asuhan ibu kandungnya
2.3 Mendengar
sejarah Muhammad dalam asuhan orang lain.
2.4 Mendengar
peristiwa wafatnya ibu kandung Muhammad SAW.
2.5 Mendengar
sejarah Muhammad SAW dalam asuhan kakeknya (Abdul Muththalib)
2.6 Mendengar
sejarah Muhammad SAW dalam asuhan pamannya (Abu Thalib)
2.7 Mendengar
sosok Nabi Muhammad sebagai penggembala kambing
2.8 Menyebutkan
sifat-sifat terpuji yang dimiliki Muhammad SAW. di masa kecil
2.9 Menunjukkan
perilaku mencontoh sifat terpuji Nabi Muhammad SAW di masa kecil
|
3. Mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW
pada masa dewasa
|
3.1 Menceritakan kisah
Muhammad SAW saat mengikuti pamannya berdagang
3.2 Menceritakan kisah
Muhammad SAW saat dipercaya membawa barang dagangan Siti Khadijah
3.3 Menyebutkan sebab-sebab
keberhasilan perdagangan Nabi Muhammad SAW
3.4 Menampilkan perilaku Nabi
yang dapat ditauladani dalam bidang perdagangan
3.5 Menceritakan proses
peristiwa pernikahan Muhammad SAW dengan Siti Khadijah
3.6 Menyebutkan keteladanan
Muhammad SAW dan Khadijah dalam membina keluarga
3.7 Mencerminkan perilaku
pentingnya mencontoh keluarga Muhammad SAW dalam keluarga dan lingkungan
|
@ Kelas 3, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa kenabian periode Makkah
|
1.1
Menceritakan kehidupan Muhammad SAW menjelang
pengangkatan kenabiannya.
1.2
Menceritakan kisah pengangkatan kenabian Muhammad SAW.
1.3
Menceritakan keadaan Muhammad dan keluarganya
di awal kerasulannya
1.4 Mengenal ayat-ayat
al-Qur’an yang turun di masa awal kenabian Muhammad SAW.
1.5 Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan penjiwaan terhadap kenabian Muhammad SAW.
1.6
Menceritakan tentang da’wah Rasulullah SAW
secara sembunyi-sembunyi
1.7 Menyebutkan nama-nama
sahabat yang masuk Islam
1.8 Menyebutkan pelajaran
yang diambil dari metode berdakwah di masa awal
1.9 Menunjukkan perilaku yang
mencerminkan penjiwaan terhadap perjuangan Rasulullah di masa awal da’wah
|
2.
Mengenal sejarah Nabi Muhammad
SAW pada masa kenabian periode Madinah
|
2.1
Menjelaskan
struktur sosial masyarakat Madinah khususnya persaingan antar suku
2.2
Menyebutkan
faktor faktor yang menyebabkan masyarakat Madinah menerima Islam
2.3
Menjelaskan
keadaan ekonomi masyarakat Madinah
2.4
Menjelaskan
perkembangan da’wah Rasulullah SAW di Madinah
2.5
Menjelaskan
peran Rasulullah SAW dalam menyatukan kelompok Muhajirin dan Anshar
2.6
Menjelaskan
perkembangan kondisi sosial dan kehidupan beragama di Madinah
2.7
Menceritakan
gangguan kaum kafir Quraisy terhadap kaum muslimin Makkah dan Madinah
2.8
Mengenal
peristiwa Perang Badar dan Uhud
2.9
Menjelaskan
peristiwa Perjanjian Hudaibiyah
2.10 Mencerminkan perilaku toleransi dalam
beragama sebagaimana keragaman beragama di Madinah
2.11 Mengenal sebab sebab dan peristiwa
peperangan yang diikuti Rasulullah (ghazwah)
2.12 Mengenal sebab sebab dan peristiwa
peperangan yang diikuti Sahabat (sariyah)
2.13 Menyebut nama-nama peperangan yang
diikuti Rasulullah SAW dan para sahabatnya
2.14 Mencerminkan sikap anti kekerasan
dalam berda’wah dan menanamkan metode da’wah secara damai
|
3.
Mengenal Sejarah Nabi Muhammad
SAW pada masa akhir hayatnya
|
3.1 Menjelaskan peristiwa Haji Wada’
3.2 Menjelaskan peristiwa ‘Amul Fath
3.3 Memahami isi khutbah haji Wada’
3.4 Menceritakan kisah wafatnya
Rasulullah SAW
3.5 Memahami Muhammad sebagai Nabi dan
Rasul akhir zaman
|
@ Kelas 4, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Mengenal Sejarah Islam masa khalifah
Abu Bakar As-Shiddiq RA.
|
1.1 Menerangkan silsilah dan kedudukan
Abu Bakar As-Shiddiq
1.2 Menjelaskan kehidupan Abu Bakar
As-Shiddiq sebelum dan setelah masuk islam serta hubungannya dengan Nabi
Muhammad SAW
1.3 Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Abu Bakar As-Shiddiq terhadap Rasulullah SAW dalam berdakwah
1.4 Mencerminkan perilaku meneladani
sifat sifat kemulyaan Abu Bakar As-Shiddiq
|
2. Mengenal Sejarah Islam masa khalifah Umar bin Khathab RA.
|
2.1 Menerangkan silsilah dan kedudukan Umar bin Khathab
RA.
2.2 Menjelaskan kehidupan Umar bin Khathab
RA. sebelum dan setelah masuk islam
serta hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW
2.3 Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Umar bin Khathab
RA. terhadap Rasulullah SAW dalam
berdakwah
2.4 Mencerminkan perilaku meneladani
sifat sifat kemulyaan Umar bin Khathab RA.
|
3. Mengenal Sejarah Islam masa khalifah
Utsman bin Affan RA.
|
3.1 Menerangkan silsilah dan kedudukan
Utsman bin Affan RA.
3.2 Menjelaskan kehidupan Utsman bin
Affan RA. sebelum dan setelah masuk islam serta hubungannya dengan
Nabi Muhammad SAW
3.3 Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Utsman bin Affan RA. terhadap
Rasulullah SAW dalam berdakwah
3.4
Mencerminkan
perilaku meneladani sifat sifat kemulyaan Utsman bin Affan RA.
|
4. Mengenal Sejarah Islam masa khalifah Ali bin Abi
Thalib RA.
|
4.1 Menerangkan silsilah dan kedudukan Ali bin Abi
Thalib RA.
4.2 Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi
Thalib RA. sebelum dan setelah masuk islam
serta hubungannya dengan Nabi Muhammad SAW
4.3 Menerangkan persahabatan dan
kesetiaan Ali bin Abi Thalib
RA. terhadap Rasulullah SAW dalam
berdakwah
4.4 Mencerminkan perilaku meneladani
sifat sifat kemulyaan Ali bin Abi Thalib RA.
|
5.
Mengenal sejarah dan kebudayaan Islam
di Banten
|
5.1
Menyebutkan sejarah masuknya islam ke
Banten
5.2
Menyebutkan perkembangan sejarah dan
kebudayaan islam di Banten dan sekitarnya
5.3
Menyebutkan nama nama tokoh sejarah
islam di Banten dan sekitarnya
|
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Jumlah
Jam : 4 (empat)
jam/ minggu
Waktu :
40 menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah
Diniyah Takmiliyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Bahasa Arab dan
mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.
DINIYAH
TAKMILIYAH AWWALIYAH
@ Kelas 1, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Mampu
membaca dan menulis teks berbahasa Arab yag sesuai dengan tema tema pokok
yang berkorelasi dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq,
Fiqih dan Tarikh
|
1.1
Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran. ( 1 JP = 35 menit x 4 JP = 140 menit ).
1.2
Menyalin teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
1.3
Menyebutkan
mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema dalam materi pokok.
|
2.
Menguasai
120 kosakata baru sesuai dengan tema tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh
|
2.1
Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2
Menyalin teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
2.3
Menyebutkan
mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema dalam materi pokok.
|
@ Kelas 2, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh
dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi ( isim [benda +
sifat], fi’il dan huruf ).
|
1.1 Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.
1.2 Menulis teks
berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi pokok
dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
1.3 Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema
pokok.
1.4 Mengenal unsur unsur kalimat dalam struktur Bahasa Arab yang
meliputi :
·
أنواع الكلمة : الإسم والفعل والحرف
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh
dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana yang meliputi ( kalam,
kalim, qaul, kalimah dan jumlah ).
|
2.1
Membaca
teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam materi pokok dengan
menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2
Menulis teks berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai
tema dalam materi pokok dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
2.3
Menyebutkan
mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
2.4 Mengenal unsur unsur kalimat dalam struktur Bahasa Arab yang
meliputi :
·
كلام و كلم و قول و كلمة
·
مراجعة أنواع الإسم والفعل والحرف
|
@ Kelas 3, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh
dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi (mubtada dan khobar).
|
1.1 Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.
1.2 Menulis teks
berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi pokok
dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
1.3 Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema
pokok.
1.4 Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
1.5 Mengenal unsur unsur kalimat dalam struktur Bahasa Arab yang
meliputi :
·
أنواع الإعراب وعلاماتها
·
تصريف الإصطلاحي : فتح ضم و فتح كسر (علم
الصرف )
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan
penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
· النكرة
والمعرفة
· المبنى
والمعرب
|
2.1 Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4
jam pelajaran.
2.2 Menulis teks
berbahasa Arab secara terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi pokok
dengan menggunakan mufrodat baru tersebut.
2.3 Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema
pokok.
2.4 Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
2.5 Mengenal unsur unsur kalimat dalam struktur Bahasa Arab yang
meliputi :
· النكرة
والمعرفة
· المبنى
والمعرب
|
@ Kelas 4, Semester 1 dan 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi
dengan mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh
dengan penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
· أنواع
إسم المعرفة
· إعراب
الفعل
· تصريف
الإصطلاحي : فتحتان و كسر فتح (علم الصرف )
· تصريف
الإصطلاحي : ضم ضم و كسرتان (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل الماض (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل المضارع (علم الصرف )
|
1.1
Memahami teks berbahasa Arab sederhana sesuai dengan
tema dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufrodat baru
1.2
Menulis teks
berbahasa Arab sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan 50 – 75
mufrodat baru tersebut.
1.3
Menyebutkan
mufrodat baru beserta artinya yang sesuai dengan tema pokok.
1.4
Melakukan
dialog ( muhadatsah sederhana )
1.5
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
· أنواع
إسم المعرفة
· إعراب
الفعل
· تصريف
الإصطلاحي : فتحتان و كسر فتح (علم الصرف )
· تصريف
الإصطلاحي : ضم ضم و كسرتان (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل الماض (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل المضارع (علم الصرف )
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai
dengan tema tema pokok yang tersedia dalam materi pokok yang berkorelasi dengan
mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan Tarikh dengan
penekanan tentang klasifikasi kata yang meliputi :
· مرفوعات
الأسماء
· أنواع
البناء (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل الأمر (علم الصرف )
|
2.1
Membaca sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 20-40 mufrodat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
2.2
Menulis teks berbahasa Arab sesuai tema dalam
materi pokok dengan menggunakan 50-75 mufrodat baru tersebut.
2.3
Menyebutkan mufrodat baru beserta artinya yang
sesuai dengan tema pokok.
2.4
Melakukan dialog ( muhadatsah
sederhana )
2.5
Mengenal unsur unsur kalimat dalam Struktur
Bahasa Arab yang meliputi :
· مرفوعات
الأسماء
· أنواع
البناء (علم الصرف )
· تصريف
اللغوي : فعل الأمر (علم الصرف )
|
No comments:
Post a Comment