Friday 27 April 2012

DOA GERAKAN WUDLU


DO’A GERAKAN WUDLU



Alhamdulillah, kesempatan kali ini jokosungsang dapat berbagi ilmu kepada pembaca sekalian tentang bacaan ketika umat muslim melaksanakan wudlu. Mungkin kebanyakan dari muslim/muslimat hanya membasuh muka saja yang ada do’anya, itu saja dibarengi dengan melakukan niat, do’a sebelum membasuh telapak tangan, dan do’a setelah berwudlu. Namun dibalik itu semua terdapat beberapa bacaan yang masing-masing dibaca di dalam gerakan wudlu. Adapun beberapa do’a gerakan wudlu yang dapat jokosungsang bagikan adalah sebagai berikut.

Basmalah
بسم الله الرحمن الرحيم
Bismillahirrahmanirahim
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”
Do’a ketika membasuh telapak tangan
اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, اَللَّهُمَّ إِنــِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هــَمَزَاتِ الشَّيَاطِيــْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ يــَحْضُرُوْنِ
Asyhadu an la ilaha illallah waasyhadu anna muhammadan rasulullah, allahumma inni a’udzu bika min hamazatis syayathin wa a’udzu bika rabbi an yahdlurun
 “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari godaan syaitan, dan aku berlindung semoga syaitan tidak datang kepadaku.”
Do’a ketika berkumur
اَللَّهُمَّ اَعِنـــِّيْ عَلَى تِلاَوَةِ كِتَابِكَ وَكَثْرَةِ الذِّكْرِ لَكَ وَثَبِّتْ لــِيْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فيِ الْــحَيَوةِ الدُّنْيَا وَفيِ اْلاَخِرَةِ
Allahumma a’inni ‘ala tilawati kitabika wakatsratidz dzikri laka watsabbitni bil qoulits tsabit fil hayati dunya wafil akhiroh
“Ya Allah tolonglah aku dalam membaca kitabMu dan memperbanyak dzikir kepadaMu, dan tetapkanlah aku dengan Qaul Tsabit (Ucapan yang Tetap “keimanan”) di dunia dan akhirat”
Do’a ketika mengisap air ke dalam hidung
اَللَّهُمَّ اَرِحْنــِيْ رَائِحَةَ الــْجَنَّةِ وَاَنْتَ عَنــِّيْ رَاضٍ
Allahumma arihni ro ihatal jannati waanta ‘anni rodlin
“Wahai Allah, ciumkanlah kepadaku bau surge sedang Engkau meridloinya.”
Do’a Membasuh muka pertama kali bersamaan dengan niat (wajib)
نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْــحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًالله تَعَالىَ
Nawaitul wudlua liraf’il hadatsil ashghori fardlon lillahi ta’ala
“Aku berniat melaksanakan wudlu untuk menghilangkan hadats kecil Fardlu, Karena Allah Ta’ala”
Do’a membasuh muka kedua
اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ بِنُوْرِ وَجْهِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهُ اَوْلِيَائِكَ
Allahumma bayyidl wajhi binuri wajhika yauma tabyadlu wujuhu auliyaaik
“Wahai Allah putihkanlah wajahku dengan cahayaMu pada hari dimana para kekasihMu memiliki wajah yang bersinar”
Do’a membasuh muka ketiga
اَللَّهُمَّ لاَ تُــسَوِّدْ وَجْهِيْ بِنُوْرِكَ يَوْمَ تَسْوَدُّ وُجُوْهُ أَعْدَائِكَ
Allahumma la tusawwid wajhi binurika yauma taswaddu wujuhu a’daaik
“Wahai Allah jangan hitamkan wajahku ketika para musuhMu memiliki wajah yang hitam pekat”
Do’a membasuh tangan kanan
اَللَّهُمَّ إِنــِّيْ اَسْاَلُكَ اَنْ تُعْطِيَنــِيْ كِتَابــِيْ بِيَمِيْنــِيْ وَحَاسِبْنــِيْ حِسَابًا يَسِيــْرًا
Allahumma inni as aluka an tu’thiyani kitabii biyamini wahasibni hisaban yasiro
“Wahai Allah aku memohon kepadaMu semoga engkau memberiku kitab (di hari kiamat) dan aku menerimanya dengan tangan kanan, dan hisablah aku dengan hisab yang mudah di hari akhir kelak”
Do’a membasuh tangan kiri
اَللَّهُمَّ إِنــِّيْ أَعُوْذُ بِكَ اَنْ تُعْطِيَنــِيْ كِتَابــِيْ بِشِمَالــِيْ اَوْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ
Allahumma inni a’udzu bika an tu’thiyani kitabi bisyimali au min warooi dzohri
“Wahai Allah aku berlindung kepadaMu jikalau Engkau memberiku kitab (catatan amal) dan aku terima dengan tangan kiri atau aku terima dengan berpaling muka (dari arah belakang)”
Do’a ketika membasuh rambut kepala
اَللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ
Allahumma harrim sya’ri wabasyari ‘ala nar
“Wahai Allah, haramkanlah (hadangilah) rambut dan kulitku dari api neraka”
Do’a ketika mengusap kedua telinga
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ اَحْسَنَهُ
Allahumma ij’alna minal ladzina yastami’unal qoula fayattabi’uuna ahsanah
“Wahai Allah jadikanlah aku sebagian dari orang yang mendengarkan nasehat dan mengikuti kebaikan nasehat itu”
Do’a ketika mengusap leher bagian belakang
اَللَّهُمَّ فُكْ رَقَبَتـــِيْ مِنَ السَّلاَسِلِ وَاْلاَغْلاَلِ
Allahumma fuk roqobati minas salasili wal aghlal
“Wahai Allah jagalah leherku dari rantai dan kendali besi (di neraka)”
Do’a ketika membasuh kaki kanan
اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ الــْمُسْتَقِيْمَ مَعَ اَقْدَامِ عِبَادِكَ الصَّالــِحِيـْنَ
Allahumma tsabbit qadami ‘alas shirotil mustaqim ma’a aqdami ‘ibadikas shalihin
“Wahai Allah tetapkanlah langkahku pada Shirot Al Mustaqim (jalan yang lurus) bersama dengan langkah orang yang shalih-shalih”
Do’a ketika membasuh kaki kiri
اَللَّهُمَّ إِنــِّي اَعُوْذُ بِكَ اَنْ تَزُلَّ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ فيِ النَّارِ يَوْمَ تَزُلَّ اَقْدَامُ الــْمُنَافِقِــيــْنَ وَالــْمُشْــــرِكِيــــْنَ
Allahumma inni a’udzu bika an tazulla qadami ‘alas shiroti fin naar yauma tazulla aqdamul munafiqina wal musyrikin
“Wahai Allah aku berlindung kepadaMu jika langkahku terpeleset ke dalam jurang neraka, di hari seluruh langkah orang munafiq dan musyrik terpeleset ke dalamnya”
Do’a setelah berwudlu
اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مــُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَللَّهُمَّ اجْعَلْنـِيْ مِنَ التَّوَّابِيــْنَ وَاجْعَلْنـــِيْ مِنَ الــْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنــِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالــِحِيــْنَ وَاجْعَلْنــِيْ صَبُوْرًا شَكُوْرًا, سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبــِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
Asyhadu an laa ilaha illallah wahdahu la syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluh, allahummaj’alni minat tawwaabina waj’alni minal mutathohhirin waj’alni min ‘ibadikas shalihin, waj’alni shaburan syakura, subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an la ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik
“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, Ia hanya satu tiada skutu bagiNya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Wahai Allah jadikanlah aku sebagian dari hambaMu yang shalih, dan jadikanlah aku orang yang selalu sabar dan selalu bersyukur. Maha Suci Engkau, dengan pujiMu aku bersaksi tiada Tuhan sealing Engkau, aku memohon ampunan kepadaMu dan aku bertaubat kepadaMu.”

Demikian sedikit bagi ilmu jokosungsang tentang do’a gerakan wudlu, komentar dan masukan selalu kami nantikan!
27 april 2012

No comments:

Post a Comment