Friday 27 April 2012

HUKUM ALAT MASJID YANG RUSAK


KEPUTUSAN KONFERENSI BESAR
PENGURUS BESAR SYURIAH
NAHDLATUL ULAMA KE-2
Di Jakarta pada Tanggal 1-3 Jumadil Ulaa 1381 H.
11-13 Oktober 1961 M.

           
Kewakafan Alat-Alat Masjid Yang Sudah Rusak

Bagaimanakah hukumnya alat-alat masjid yang sudah rusak seperti tikar dan pelepah kurma? Apakah masih tetap kewakafannya/kemesjidanya ataukan tidak?
                                
Alat-alat masjid yang sudah rusak yang tidak patut dipakai lagi kecuali dibakar itu masih tetap hukum kewakafanya, tetapi boleh dijual kalau kemaslahatanya hanya dijual, kecuali menurut segolongan ulama

Keterangan, dalam kitab Al-I’anah III/8 :

وَيجَـُـوْزُ بــَيْعُ حَصْرِ المْــَـــــسْجِدِ المْــَـــوْقُوْفَةِ عَلَيْهِ اِذَا بَـــــلِيَتْ بــــِاَنْ ذَهَبَ جَمَـــــالهُــَــا وَنـــَفْعُهَا وَكَانـــَتِ المْـَــصْلَحَةُ فيِ بَــيْعِهَا وَكَذَا جُذُوْعُهُ المْـــُــنْكَسِرَةُ خِلاَفـــًا ِلجَـــــمْعٍ فِيــْهِمَا ( قَوْلُهُ وَيجَــــُوْزُ بَيْعُ حَصْرِ المْــــَسْجِدِ الخ ) قَالَ فِى التُّحْفَةِ اَيْ ِلئَلاَّ تَضِيْعَ فَتـــَحْصِيْلٌ يَسِـــــْيرٌ مِنْ ثمـَـــَـنِهَا يَعُوْدُ عَلَى اْلوَقــْفِ اَوْلىَ مِنْ ضِيَاعِهَا وَاسْتــــُثـــْنِيــَتْ مِنْ بــَيْــعِ اْلوَقــْفِ ِلاَنّــــَهَا صَارَتْ كَالمْـَـــعْدُوْمَةِ. وَزَادَ فيِ مَتنْ ِالمْــــِنْهَاجِ وَلمَ ْتـــَصْلُحْ إِلاَّ لِلإِْحْرَاقِ قَالَ فيِ التُّحْفَةِ وَخَرَجَ بـــِقَوْلـــِهِ وَلمَ ْتـــَصْلُحْ الخ مَا إِذَا اَمْكَنَ اَنْ يــــَتّــَخِذَ مِنْهُ نحَــْــوُ اْلاَلـــْوَاحِ فَلاَ تـــُبَاعُ قَطْعًا بـــَلْ يجَــْـــتـــَهِدُ الحْـــَــاكِمُ وَيــَسْتـــَعْمِلُهُ فِيْمَا هُوَ اَقـــْرَبُ لمِــَـــقْصُوْدِ الْوَاقــِفِ قَالَ السُّبْكِيّْ حَتّـــَى لَـــوْ اَمْكَنَ اسْتـــِعْمَالـــُهُ بـــِإِدْرَاجـــِهِ فيِ اَلاَتِ الْـــعِمَارَةِ اِمْتـــَنـــَعَ بـــَيْعُهُ فِيْمَا يَظْهَرُ. اهــــــ ( قَوْلُهُ خِلاَفــًا لجـِـــَـمْعٍ فِيـــْهِمَا اَيْ فيِ الحْــَــصْرِ وَالجْــُــذُوْعِ ) صَحَّحُوْا عَدَمُ جـــَوَازِ بـــَيـــْعِهِمَا بـــِصِفَتـــِهِمَا المْــَــــذْكُوْرَةِ إِدَامَةً لِلْوَقـــْفِ فيِ عَيـــْنــِهِمَا ( إعانة الطالبين في منع بيع الوقف ٣ / ١٨  (

            Diperbolehkan menjual tikar (alas) wakaf untuk masjid yang sudah rusak, dengan hilangnya keindahanya dan manfaatnya, sedangkan maslahatnya ada pada penjualanya. Demikian halnya menjual kerangka atap masjid yang telah patah-patah, berbeda dengan sekelompok ulama ayng tidak memperbolehkan penjualan keduanya. Dalam al-tuhfah disebutkan kebolehan penjualan tersebut agar tidak tersia-siakan, karena hasil yang sedikit dar inilai penjualanya yang kembali pada barang wakaf itu lebih baik daripada penyia-nyiaanya. Dikecualikan dari penjualan barang wakaf (secara umum) karena alas atau kerangka atap masjid tersebut (sudah rusak) sehingga hukumnya seperti tidak ada. Dalam matan al-minhaj ditambahkan, bahwa barang-barang tersebut tidak layak kecuali untuk dibakar.
            Dalam al-tuhfah ditambahkan, jika menurut kemungkinan untuk dibuat papan, maka sama sekali tidak boleh dijual. Hakim harus berijtihad agar bisa diterjemahkan menjadi bentuk yang lebih dekat kepada tujuan dari orang yang mewakafkannyaa. Imam Subki berpendapat, kalau memang mungkin dipakai untuk peralatan bangunan, maka jelas dilarang untuk dijual. Pengertian dari berbeda oleh sebagian ulama yang tidak memperbolehkan penjualanya adalah bahwa mereka melarang penjualan alas dan kerangka atap masjid tesebut demi melanggengkan substansi barang wakaf.

وَلاَ يُبَاعُ مَوْقُوْفٌ وَإِنْ خَرُبَ اَيْ وَلاَ يُوْهَبُ لِلْخَبرَ ِالمْاَرِّ اَوَّلَ الْبَابِ وَكَمَا َيمْتَنِعُ بَيْعُهُ وَهِبَتُهُ َيمْـــتَنِعُ تَغْيِيرْ ُهَيْئَتِهِ كَجَعْلِ الْبُسْتَانِ دَارًا ... إِلىَ اَنْ قَالَ ... ( إِنْ تَعَذَّرَ اْلإِنْــــتِفَاعُ بِهِ إِلاَّ بِاْلإِسْتِهْلاَكِ ) كَاَنْ صَارَ لاَ يَنــْتــَفِعُ بــِهِ إِلاَّ بــِاْلإَحْرَاقِ ( إِنْـــقَطَعَ اْلوَقْفُ ) اَيْ َوَيمْـــلِكُهُ اْلمــَوْقُوْفُ عَلَيْهِ حِيْنَئِذٍ عَلَى اْلمــُعْــتــَمَدِ وَفيِ اْلإِعَانَةِ اَيْضًا مَا نَصّــَهُ وَسُئِلَ شَيْخُنَا عَمَّا إِذَا عُمِّرَ مَسْجِدٌ بِاَلاَتٍ جُدُدٍ وَبَقــِيّــَةِ اْلاَلــَةِ الْقــَدِيمْـــَةِ فَهَلْ َيجُــوْزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ اَخَرٍ قَدِيْمٍ بــِهَا اَوْ تــُبَاعُ وَيحُــْـــفَظُ ثمـَـــَـنُهَا فَاَجَابَ بــِاَنّــَهُ يجَـُــوْزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ قَدِيْمٍ وَحَادِثٍ بـــِهَا حَيْثُ قَطَعَ بـــِعَدَمِ احْتــِيَاجِ مَا هِيَ مِنْهُ إِلـــَيْهَا قَبـــْلَ فَنـــَائــِهَا وَلاَ يجَــُـوْزُ بَيـــْعُهُ بِوَجْهٍ مِنَ الْوُجُوْ هِ ( إعانة الطّالبين في منع بيع الوقف الجزء الثالث  )

            Tidak boleh menjual sesuatu yang telah diwakafkan walaupun sudah rusak, yakni tidak boleh diberikan berdasarkan hadis yang telah lalu pada awal bab. Sebagaimana dilarang untuk menjual dan menghibahkanya, juga dilarang mengubah posisi dan peruntukanya, seperti mengubah kebunnya menjadi rumah. Walaupun sudah sulit untuk dimanfaatkan, kecuali dengan menghancurkannya seperti tidak akan termanfaatkan kecuali harus dibakar. (Perubahan bentuk dan peruntukan tersebut di atas) dapat menyebabkan keterputusan wakaf. Dalam hal  ini, sesuai dengan pendapat yang kuat, maka yang diserahi wakaf boleh memilikinya.
            Syaikh kami diyanyakan tentang bangunan yang dibangun dengan bahan-bahan yang baru sememtara bahan-bahan yang lama masih ada. Apakah boleh membangun masjid lain dengan bahan-bahan yang lama tersebut? Atau dijual dan dimanfaatkan uang penjualannya? Beliau menjawab, boleh membangun masjid lama atau baru dengan bahan-bahan lama tersebut sekiranya labih ditetapkan bahwa barang tersebut memang tidak dibutuhkan lagi bagi masjid yang bersangkutan sebelum rusak sama sekali. Namun, sama sekali tidak boleh menjualnya.

No comments:

Post a Comment