KEPUTUSAN KONFERENSI BESAR
PENGURUS BESAR SYURIAH
NAHDLATUL ULAMA KE-2
Di Jakarta pada Tanggal 1-3 Jumadil Ulaa 1381
H.
11-13 Oktober 1961 M.
Kewakafan Alat-Alat Masjid Yang Sudah Rusak
Bagaimanakah hukumnya alat-alat masjid yang sudah rusak
seperti tikar dan pelepah kurma? Apakah masih tetap kewakafannya/kemesjidanya
ataukan tidak?
Alat-alat
masjid yang sudah rusak yang tidak patut dipakai lagi kecuali dibakar itu masih
tetap hukum kewakafanya, tetapi boleh dijual kalau kemaslahatanya hanya dijual,
kecuali menurut segolongan ulama
Keterangan,
dalam kitab Al-I’anah III/8 :
وَيجَـُـوْزُ بــَيْعُ حَصْرِ
المْــَـــــسْجِدِ المْــَـــوْقُوْفَةِ عَلَيْهِ اِذَا بَـــــلِيَتْ بــــِاَنْ
ذَهَبَ جَمَـــــالهُــَــا وَنـــَفْعُهَا وَكَانـــَتِ المْـَــصْلَحَةُ فيِ بَــيْعِهَا
وَكَذَا جُذُوْعُهُ المْـــُــنْكَسِرَةُ خِلاَفـــًا ِلجَـــــمْعٍ فِيــْهِمَا (
قَوْلُهُ وَيجَــــُوْزُ بَيْعُ حَصْرِ المْــــَسْجِدِ الخ ) قَالَ فِى التُّحْفَةِ
اَيْ ِلئَلاَّ تَضِيْعَ فَتـــَحْصِيْلٌ يَسِـــــْيرٌ مِنْ ثمـَـــَـنِهَا يَعُوْدُ
عَلَى اْلوَقــْفِ اَوْلىَ مِنْ ضِيَاعِهَا وَاسْتــــُثـــْنِيــَتْ مِنْ بــَيْــعِ
اْلوَقــْفِ ِلاَنّــــَهَا صَارَتْ كَالمْـَـــعْدُوْمَةِ. وَزَادَ فيِ مَتنْ ِالمْــــِنْهَاجِ
وَلمَ ْتـــَصْلُحْ إِلاَّ لِلإِْحْرَاقِ قَالَ فيِ التُّحْفَةِ وَخَرَجَ بـــِقَوْلـــِهِ
وَلمَ ْتـــَصْلُحْ الخ مَا إِذَا اَمْكَنَ اَنْ يــــَتّــَخِذَ مِنْهُ نحَــْــوُ
اْلاَلـــْوَاحِ فَلاَ تـــُبَاعُ قَطْعًا بـــَلْ يجَــْـــتـــَهِدُ الحْـــَــاكِمُ
وَيــَسْتـــَعْمِلُهُ فِيْمَا هُوَ اَقـــْرَبُ لمِــَـــقْصُوْدِ الْوَاقــِفِ قَالَ
السُّبْكِيّْ حَتّـــَى لَـــوْ اَمْكَنَ اسْتـــِعْمَالـــُهُ بـــِإِدْرَاجـــِهِ
فيِ اَلاَتِ الْـــعِمَارَةِ اِمْتـــَنـــَعَ بـــَيْعُهُ فِيْمَا يَظْهَرُ. اهــــــ
( قَوْلُهُ خِلاَفــًا لجـِـــَـمْعٍ فِيـــْهِمَا اَيْ فيِ الحْــَــصْرِ وَالجْــُــذُوْعِ
) صَحَّحُوْا عَدَمُ جـــَوَازِ بـــَيـــْعِهِمَا بـــِصِفَتـــِهِمَا المْــَــــذْكُوْرَةِ
إِدَامَةً لِلْوَقـــْفِ فيِ عَيـــْنــِهِمَا ( إعانة الطالبين في منع بيع الوقف
٣ / ١٨
(
Diperbolehkan
menjual tikar (alas) wakaf untuk masjid yang sudah rusak, dengan hilangnya
keindahanya dan manfaatnya, sedangkan maslahatnya ada pada penjualanya.
Demikian halnya menjual kerangka atap masjid yang telah patah-patah, berbeda
dengan sekelompok ulama ayng tidak memperbolehkan penjualan keduanya. Dalam al-tuhfah
disebutkan kebolehan penjualan tersebut agar tidak tersia-siakan, karena hasil
yang sedikit dar inilai penjualanya yang kembali pada barang wakaf itu lebih
baik daripada penyia-nyiaanya. Dikecualikan dari penjualan barang wakaf (secara
umum) karena alas atau kerangka atap masjid tersebut (sudah rusak) sehingga
hukumnya seperti tidak ada. Dalam matan al-minhaj ditambahkan, bahwa
barang-barang tersebut tidak layak kecuali untuk dibakar.
Dalam al-tuhfah
ditambahkan, jika menurut kemungkinan untuk dibuat papan, maka sama sekali
tidak boleh dijual. Hakim harus berijtihad agar bisa diterjemahkan menjadi
bentuk yang lebih dekat kepada tujuan dari orang yang mewakafkannyaa. Imam
Subki berpendapat, kalau memang mungkin dipakai untuk peralatan bangunan, maka
jelas dilarang untuk dijual. Pengertian dari berbeda oleh sebagian ulama yang
tidak memperbolehkan penjualanya adalah bahwa mereka melarang penjualan alas
dan kerangka atap masjid tesebut demi melanggengkan substansi barang wakaf.
وَلاَ يُبَاعُ مَوْقُوْفٌ وَإِنْ
خَرُبَ اَيْ وَلاَ يُوْهَبُ لِلْخَبرَ ِالمْاَرِّ اَوَّلَ الْبَابِ وَكَمَا َيمْتَنِعُ
بَيْعُهُ وَهِبَتُهُ َيمْـــتَنِعُ تَغْيِيرْ ُهَيْئَتِهِ كَجَعْلِ الْبُسْتَانِ دَارًا
... إِلىَ اَنْ قَالَ ... ( إِنْ تَعَذَّرَ اْلإِنْــــتِفَاعُ بِهِ إِلاَّ بِاْلإِسْتِهْلاَكِ
) كَاَنْ صَارَ لاَ يَنــْتــَفِعُ بــِهِ إِلاَّ بــِاْلإَحْرَاقِ ( إِنْـــقَطَعَ
اْلوَقْفُ ) اَيْ َوَيمْـــلِكُهُ اْلمــَوْقُوْفُ عَلَيْهِ حِيْنَئِذٍ عَلَى اْلمــُعْــتــَمَدِ
وَفيِ اْلإِعَانَةِ اَيْضًا مَا نَصّــَهُ وَسُئِلَ شَيْخُنَا عَمَّا إِذَا عُمِّرَ
مَسْجِدٌ بِاَلاَتٍ جُدُدٍ وَبَقــِيّــَةِ اْلاَلــَةِ الْقــَدِيمْـــَةِ فَهَلْ
َيجُــوْزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ اَخَرٍ قَدِيْمٍ بــِهَا اَوْ تــُبَاعُ وَيحُــْـــفَظُ
ثمـَـــَـنُهَا فَاَجَابَ بــِاَنّــَهُ يجَـُــوْزُ عِمَارَةُ مَسْجِدٍ قَدِيْمٍ وَحَادِثٍ
بـــِهَا حَيْثُ قَطَعَ بـــِعَدَمِ احْتــِيَاجِ مَا هِيَ مِنْهُ إِلـــَيْهَا قَبـــْلَ
فَنـــَائــِهَا وَلاَ يجَــُـوْزُ بَيـــْعُهُ بِوَجْهٍ مِنَ الْوُجُوْ هِ ( إعانة
الطّالبين في منع بيع الوقف الجزء الثالث )
Tidak
boleh menjual sesuatu yang telah diwakafkan walaupun sudah rusak, yakni tidak
boleh diberikan berdasarkan hadis yang telah lalu pada awal bab. Sebagaimana
dilarang untuk menjual dan menghibahkanya, juga dilarang mengubah posisi dan
peruntukanya, seperti mengubah kebunnya menjadi rumah. Walaupun sudah sulit
untuk dimanfaatkan, kecuali dengan menghancurkannya seperti tidak akan
termanfaatkan kecuali harus dibakar. (Perubahan bentuk dan peruntukan tersebut
di atas) dapat menyebabkan keterputusan wakaf. Dalam hal ini, sesuai dengan pendapat yang kuat, maka
yang diserahi wakaf boleh memilikinya.
Syaikh
kami diyanyakan tentang bangunan yang dibangun dengan bahan-bahan yang baru
sememtara bahan-bahan yang lama masih ada. Apakah boleh membangun masjid lain
dengan bahan-bahan yang lama tersebut? Atau dijual dan dimanfaatkan uang
penjualannya? Beliau menjawab, boleh membangun masjid lama atau baru dengan
bahan-bahan lama tersebut sekiranya labih ditetapkan bahwa barang tersebut
memang tidak dibutuhkan lagi bagi masjid yang bersangkutan sebelum rusak sama
sekali. Namun, sama sekali tidak boleh menjualnya.
No comments:
Post a Comment