Format
1:  Evaluasi Diri Guru
Nama Sekolah:  
 | 
  
Nomor Statistik Sekolah:  
 | 
 ||
Alamat:  
 | 
  
 Kecamatan: 
 | 
  
Kabupaten/Kota: 
 | 
 |
Nama Guru: 
 | 
  
Tahun Ajaran: 
 | 
  
Tanggal: 
 | 
 |
A.   
  Dimensi Tugas Utama/Indikator
  Kinerja Guru 
 | 
  
Evaluasi diri tentang kekuatan dan
  kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan
  kelemahan tersebut 
 | 
 ||
I. Perencanaan Pembelajaran 
 | 
 |||
1.        
  Kemampuan
  memformulasikan tujuan  pembelajaran
  dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik
  peserta didik 
 | 
  |||
2.        
  Kemampuan
  menyusun  bahan ajar secara runut,
  logis, kontekstual dan mutakhi 
 | 
  |||
3.        
  Kemampuna
  merencanakan kegiatan pembelajaran yang 
  efektif 
 | 
  |||
4.        
  Pemiilihan  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai
  dengan materi dan strategi pembelajaran 
 | 
  |||
II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif
  Dan Efektif 
 | 
 |||
Kagiatan
  Pendahuluan 
 | 
  |||
1.        
  Ketrampilan memulai
  pembelajaran dengan efektif 
 | 
  |||
Kegiatan
  Inti 
 | 
  |||
1.        
  Penguasaan
  materi pelajaran 
 | 
  |||
2.        
  Kemampuan
  menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif 
 | 
  |||
3.        
  Pemanfaatan
  sumber belajar/media dalam pembelajaran 
 | 
  |||
4.        
  Kemmpuan
  memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran 
 | 
  |||
5.        
  Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam
  pembelajaran 
 | 
  |||
Kegiatan
  Penutup 
 | 
  |||
1.        
  Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif 
 | 
  |||
III. Penilaian Pembelajaran 
 | 
 |||
1.        
  Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan
  keberhasilan belajar peserta didik 
 | 
  |||
2.        
  Penerapan
  berbagai strategi dan metode penilaian 
  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai
  kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP 
 | 
  |||
3.        
  Pemanfaatan  berbagai 
  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik
  tentang kemajuan belajarnya dan  bahan
  penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya 
 | 
  |||
B.     
  Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi
  inti tersebut 
 | 
  |||
1.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi
  (tugas utama grur) tersebut. 
 | 
  |||
2.      Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut. 
 | 
  |||
3.     
  Keberhasilan
  yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
  untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut 
 | 
  |||
4.     
  Pengembangan keprofesian
  berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi
  dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)  tersebut. 
 | 
  |||
C.   
  Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah 
 | 
  |||
1.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
  publikasi ilmiah 
 | 
  |||
2.      Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  menghasilkan publikasi ilmiah  
 | 
  |||
3.      Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti
  pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  untuk menghasilkan publikasi ilmiah 
 | 
  |||
4.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan
  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah 
 | 
  |||
D.   
  Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif 
 | 
  |||
1.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
  karya inovatif 
 | 
  |||
2.      Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  menghasilkan karya inovatif 
 | 
  |||
3.      Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti
  pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  untuk menghasilkan karya inovatif 
 | 
  |||
4.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
  karya inovatif 
 | 
  |||
E.    
  Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran
  berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb) 
 | 
  |||
1.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi penunjang
  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas. 
 | 
  |||
2.      Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang
  pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas. 
 | 
  |||
3.     
  Keberhasilan
  yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
  untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
  berkualitas 
 | 
  |||
4.     
  Pengembangan keprofesian
  berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi
  dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas 
 | 
  |||
F.    
  Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan
  (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb) 
 | 
  |||
1.      Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan
  tugas tambahan tersebut 
 | 
  |||
2.      Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
  melaksanakan tugas tambahan tersebut 
 | 
  |||
3.     
  Keberhasilan
  yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
  untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut 
 | 
  |||
4.     
  Pengembangan keprofesian
  berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi
  dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut 
 | 
  |||
Tanda tangan Guru: 
 | 
  
Tanda tangan Kepala Sekolah: 
 | 
 ||
No comments:
Post a Comment