Silabus Mata pelajaran Tahajji/menyambung huruf arab/alquran



SILABUS



Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab




Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu

Alat, bahan, dan Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.1.  Mengenal bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2.  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.  Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz


Penulisan Huruf Hijaiyah secara Harfiyah


a.    Siswa mendengarkan penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b.    Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c.    Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d.    Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Ustadz


1.    Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.    Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah


Tertulis

-

a.     Menulis seluruh Huruf Hijaiyah yang meliputi huruf alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah
b.     Menyalin huruf yang telah ditulis sebanyak 3 (tiga) buah tulisan ke dalam buku siswa masing-masing sesuai dengan materi yang dituliskan ustadz


10 × 30 menit

1.         Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.         Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.         Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah






SILABUS



Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab




Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu

Alat, bahan, dan Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.1.   Mengenal bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2.   Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.   Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz


Penulisan Huruf Hijaiyah secara Harfiyah


a.      Siswa mendengarkan penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b.     Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c.      Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d.     Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Ustadz


1.     Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.     Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah


Tertulis

-

a.     Menulis seluruh Huruf Hijaiyah dari alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1 (satu) buah huruf
b.     Menyalin huruf yang telah ditulis sebanyak 1 (satu) buah huruf secara keseluruhan yang dituliskan oleh ustadz, yang disalin ke dalam buku siswa masing-masing


4 × 30 menit


1.          Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.          Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.          Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah





SILABUS

Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. mengenal huruf Hijaiyah secara harfiyah
                                                  2. menulis tulisan arab bersambung dengan kapasitas 1 (satu) kalimat arab


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu

Alat, bahan, dan Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.1.   Mengenal dan mengetahui huruf yang dapat disambung atau tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah
1.2.   Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3     Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz

2.1.   Menyambung huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya dengan kapasitas 1 (satu) kalimah berbahasa arab yang terdiri dari 2, 3, sampai 4 huruf arab
2.2.   Menulis kalimah bersambung bahasa arab sesuai dengan instruksi ustadz


Penulisan dan penyambungan Huruf Hijaiyah


a.  Siswa mendengarkan penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b.  Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c.  Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d.  Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Ustadz


1.     Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.     Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam konteks kalimah arab tanpa harokat


Tertulis

Lembar Observasi

a.     Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1 (satu) buah huruf dipilih beberapa huruf yang dapat disambung
b.     Menyambung secara silang untuk huruf -huruf yang dapat disambung dari beberapa huruf yang tersebut di atas sesuai dengan perintah dan petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah tulisan, dengan kapasitas 2-4 huruf arab


8x30 menit

1.     Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.     Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.     Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah






SILABUS

Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. mengenal huruf Hijaiyah secara harfiyah
                                                  2. menulis tulisan arab bersambung dengan kapasitas 1 (satu) kalimat arab


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Alokasi waktu

Alat, bahan, dan Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen

1.1.   Mengenal huruf Hijaiyah yang dapat disambung atau tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah
1.2.   Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.   Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz

2.1. Menyambung huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya dengan kapasitas 1 (satu) kalimah berbahasa arab yang terdiri dari 2 sampai 6 huruf arab
2.2. Menulis kalimah bersambung bahasa arab sesuai dengan instruksi ustadz
2.3. Menulis sambungan dari seluruh huruf arab


Penulisan dan penyambungan Huruf Hijaiyah


a.      Siswa mendengarkan penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b.     Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c.      Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d.     Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Ustadz


1.     Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.     Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam konteks kalimah arab tanpa harokat


Tertulis

Lembar Observasi

a.     Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1 (satu) buah huruf secara lengkap
b.     Menyambung secara silang untuk huruf -huruf yang telah disebutkan di atas sesuai dengan perintah dan petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah tulisan, dengan kapasitas 2-6 huruf arab


6× 30 menit

1.     Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.     Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.     Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah




Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.