SILABUS
Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Materi Pokok/Pembahasan 
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Alat, bahan, dan Sumber Belajar 
 | 
 ||
Teknik 
 | 
  
Bentuk  
 | 
  
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
1.1.  Mengenal
  bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah 
1.2.  Menulis
  huruf Hijaiyah secara harfiyah 
1.3.  Menyalin
  huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi
  yang diberikan oleh ustadz 
 | 
  
Penulisan
  Huruf Hijaiyah secara Harfiyah 
 | 
  
a.    Siswa mendengarkan
  penjelasan dan
  keterangan yang disampaikan oleh Ustadz 
b.    Siswa mencatat
  pokok-pokok penjelasan dari Ustadz 
c.    Siswa mendengarkan
  dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz 
d.    Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
  apa yang dijelaskan oleh Ustadz  
 | 
  
1.   
  Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf
  Hijaiyah secara harfiyah 
2.   
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
 | 
  
Tertulis
   
 | 
  
- 
 | 
  
a.    
  Menulis seluruh Huruf Hijaiyah
  yang meliputi huruf alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain,
  sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu,
  ha, lam alif, ya, dan hamzah 
b.    
  Menyalin huruf yang telah
  ditulis sebanyak 3 (tiga) buah tulisan ke dalam buku siswa masing-masing sesuai
  dengan materi yang dituliskan ustadz 
 | 
  
10 × 30 menit 
 | 
  
1.        
  Alat Belajar 
Blackboard, kapur tulis 
2.        
  Bahan Belajar 
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar 
3.        
  Sumber Belajar 
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah 
 | 
 
SILABUS
Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Materi Pokok/Pembahasan 
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Alat, bahan, dan Sumber Belajar 
 | 
 ||
Teknik 
 | 
  
Bentuk  
 | 
  
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
1.1.  
  Mengenal bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah 
1.2.  
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
1.3.  
  Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
  beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz 
 | 
  
Penulisan
  Huruf Hijaiyah secara Harfiyah 
 | 
  
a.      Siswa mendengarkan
  penjelasan dan
  keterangan yang disampaikan oleh Ustadz 
b.     Siswa mencatat
  pokok-pokok penjelasan dari Ustadz 
c.      Siswa mendengarkan
  dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz 
d.     Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
  apa yang dijelaskan oleh Ustadz  
 | 
  
1.    
  Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf
  Hijaiyah secara harfiyah 
2.    
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
 | 
  
Tertulis
   
 | 
  
- 
 | 
  
a.    
  Menulis seluruh Huruf Hijaiyah dari
  alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
  dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof,
  lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
  (satu) buah huruf 
b.    
  Menyalin huruf yang telah
  ditulis sebanyak 1 (satu) buah huruf secara keseluruhan yang dituliskan oleh
  ustadz, yang disalin ke dalam buku siswa masing-masing  
 | 
  
4 × 30
  menit 
 | 
  
1.         
  Alat Belajar 
Blackboard, kapur tulis 
2.         
  Bahan Belajar 
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar 
3.         
  Sumber Belajar 
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah 
 | 
 
SILABUS
Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. mengenal huruf Hijaiyah
secara harfiyah
                                                  2. menulis tulisan arab bersambung dengan
kapasitas 1 (satu) kalimat arab
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Materi Pokok/Pembahasan 
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Alat, bahan, dan Sumber Belajar 
 | 
 ||
Teknik 
 | 
  
Bentuk  
 | 
  
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
1.1.  
  Mengenal dan mengetahui huruf yang dapat
  disambung atau tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf
  Hijaiyah 
1.2.  
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
1.3    
  Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
  beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz 
2.1.  
  Menyambung huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya
  dengan kapasitas 1 (satu) kalimah berbahasa arab yang terdiri dari 2,
  3, sampai 4 huruf arab 
2.2.  
  Menulis kalimah bersambung bahasa arab sesuai
  dengan instruksi ustadz 
 | 
  
Penulisan
  dan penyambungan Huruf
  Hijaiyah 
 | 
  
a.  Siswa mendengarkan
  penjelasan dan
  keterangan yang disampaikan oleh Ustadz 
b.  Siswa mencatat
  pokok-pokok penjelasan dari Ustadz 
c.  Siswa mendengarkan
  dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz 
d.  Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
  apa yang dijelaskan oleh Ustadz  
 | 
  
1.    
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
2.    
  Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam
  konteks kalimah arab tanpa harokat 
 | 
  
Tertulis 
 | 
  
Lembar Observasi 
 | 
  
a.    
  Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari
  alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
  dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof,
  lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
  (satu) buah huruf dipilih beberapa huruf yang dapat disambung 
b.    
  Menyambung secara silang untuk
  huruf -huruf yang dapat disambung dari beberapa huruf yang tersebut di atas
  sesuai dengan perintah dan petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah
  tulisan, dengan kapasitas 2-4 huruf arab 
 | 
  
8x30 menit 
 | 
  
1.    
  Alat Belajar 
Blackboard, kapur tulis 
2.    
  Bahan Belajar 
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar 
3.    
  Sumber Belajar 
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah 
 | 
 
SILABUS
Sekolah                                   : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas                                       :  I (satu)
Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Semester                                  : 1 (satu)
Standar kompetensi                 : 1. mengenal huruf Hijaiyah
secara harfiyah
                                                  2. menulis tulisan arab bersambung dengan
kapasitas 1 (satu) kalimat arab
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Materi Pokok/Pembahasan 
 | 
  
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Alat, bahan, dan Sumber Belajar 
 | 
 ||
Teknik 
 | 
  
Bentuk  
 | 
  
Contoh Instrumen 
 | 
 ||||||
1.1.  
  Mengenal huruf Hijaiyah yang dapat disambung atau
  tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah 
1.2.  
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
1.3.  
  Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
  beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz 
2.1. Menyambung
  huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya dengan kapasitas 1 (satu) kalimah
  berbahasa arab yang terdiri dari 2 sampai 6 huruf arab 
2.2. Menulis
  kalimah bersambung bahasa arab sesuai dengan instruksi ustadz 
2.3. Menulis
  sambungan dari seluruh huruf arab 
 | 
  
Penulisan
  dan penyambungan Huruf
  Hijaiyah 
 | 
  
a.      Siswa mendengarkan
  penjelasan dan
  keterangan yang disampaikan oleh Ustadz 
b.     Siswa mencatat
  pokok-pokok penjelasan dari Ustadz 
c.      Siswa mendengarkan
  dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz 
d.     Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
  apa yang dijelaskan oleh Ustadz  
 | 
  
1.    
  Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah 
2.    
  Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam
  konteks kalimah arab tanpa harokat 
 | 
  
Tertulis 
 | 
  
Lembar Observasi 
 | 
  
a.    
  Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari
  alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
  dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof,
  lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
  (satu) buah huruf secara lengkap 
b.    
  Menyambung secara silang untuk
  huruf -huruf yang telah disebutkan di atas sesuai dengan perintah dan
  petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah tulisan, dengan kapasitas 2-6
  huruf arab 
 | 
  
6× 30 menit 
 | 
  
1.    
  Alat Belajar  
Blackboard, kapur tulis 
2.    
  Bahan Belajar  
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar 
3.    
  Sumber Belajar 
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah 
 | 
 
No comments:
Post a Comment