SILABUS
Sekolah : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas : I (satu)
Mata Pelajaran : Tahaji / Khot
Semester : 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Alat, bahan, dan Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1. Mengenal
bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2. Menulis
huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3. Menyalin
huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi
yang diberikan oleh ustadz
|
Penulisan
Huruf Hijaiyah secara Harfiyah
|
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dan
keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b. Siswa mencatat
pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c. Siswa mendengarkan
dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d. Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
apa yang dijelaskan oleh Ustadz
|
1.
Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf
Hijaiyah secara harfiyah
2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
|
Tertulis
|
-
|
a.
Menulis seluruh Huruf Hijaiyah
yang meliputi huruf alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho, dal, dzal, ro, zain,
sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof, lam, mim, nun, wawu,
ha, lam alif, ya, dan hamzah
b.
Menyalin huruf yang telah
ditulis sebanyak 3 (tiga) buah tulisan ke dalam buku siswa masing-masing sesuai
dengan materi yang dituliskan ustadz
|
10 × 30 menit
|
1.
Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.
Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.
Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah
|
SILABUS
Sekolah : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas : I (satu)
Mata Pelajaran : Tahaji / Khot
Semester : 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Alat, bahan, dan Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Mengenal bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.
Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz
|
Penulisan
Huruf Hijaiyah secara Harfiyah
|
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dan
keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b. Siswa mencatat
pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c. Siswa mendengarkan
dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d. Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
apa yang dijelaskan oleh Ustadz
|
1.
Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf
Hijaiyah secara harfiyah
2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
|
Tertulis
|
-
|
a.
Menulis seluruh Huruf Hijaiyah dari
alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghjoin, fa, qof,
lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
(satu) buah huruf
b.
Menyalin huruf yang telah
ditulis sebanyak 1 (satu) buah huruf secara keseluruhan yang dituliskan oleh
ustadz, yang disalin ke dalam buku siswa masing-masing
|
4 × 30
menit
|
1.
Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.
Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.
Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah
|
SILABUS
Sekolah : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas : I (satu)
Mata Pelajaran : Tahaji / Khot
Semester : 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. mengenal huruf Hijaiyah
secara harfiyah
2. menulis tulisan arab bersambung dengan
kapasitas 1 (satu) kalimat arab
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Alat, bahan, dan Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Mengenal dan mengetahui huruf yang dapat
disambung atau tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf
Hijaiyah
1.2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3
Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz
2.1.
Menyambung huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya
dengan kapasitas 1 (satu) kalimah berbahasa arab yang terdiri dari 2,
3, sampai 4 huruf arab
2.2.
Menulis kalimah bersambung bahasa arab sesuai
dengan instruksi ustadz
|
Penulisan
dan penyambungan Huruf
Hijaiyah
|
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dan
keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b. Siswa mencatat
pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c. Siswa mendengarkan
dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d. Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
apa yang dijelaskan oleh Ustadz
|
1.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.
Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam
konteks kalimah arab tanpa harokat
|
Tertulis
|
Lembar Observasi
|
a.
Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari
alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof,
lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
(satu) buah huruf dipilih beberapa huruf yang dapat disambung
b.
Menyambung secara silang untuk
huruf -huruf yang dapat disambung dari beberapa huruf yang tersebut di atas
sesuai dengan perintah dan petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah
tulisan, dengan kapasitas 2-4 huruf arab
|
8x30 menit
|
1.
Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.
Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.
Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah
|
SILABUS
Sekolah : SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan
Bandongan
Kelas : I (satu)
Mata Pelajaran : Tahaji / Khot
Semester : 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. mengenal huruf Hijaiyah
secara harfiyah
2. menulis tulisan arab bersambung dengan
kapasitas 1 (satu) kalimat arab
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Alat, bahan, dan Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1.
Mengenal huruf Hijaiyah yang dapat disambung atau
tidak dapat disambung sesuai dengan kaidah penulisan huruf Hijaiyah
1.2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.
Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan
beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz
2.1. Menyambung
huruf hijaiyyah sekurang-kurangnya dengan kapasitas 1 (satu) kalimah
berbahasa arab yang terdiri dari 2 sampai 6 huruf arab
2.2. Menulis
kalimah bersambung bahasa arab sesuai dengan instruksi ustadz
2.3. Menulis
sambungan dari seluruh huruf arab
|
Penulisan
dan penyambungan Huruf
Hijaiyah
|
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dan
keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b. Siswa mencatat
pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c. Siswa mendengarkan
dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d. Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
apa yang dijelaskan oleh Ustadz
|
1.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.
Menulis dan menyambung Huruf Hijaiyyah dalam
konteks kalimah arab tanpa harokat
|
Tertulis
|
Lembar Observasi
|
a.
Menulis bebrapa huruf Hijaiyah dari
alif sampai ya, yaitu huruf yang meliputi alif, ba, ta, tsa, jim, kha, kho,
dal, dzal, ro, zain, sin, syin, shod, dzlod, tho, dzo, ‘ain, ghoin, fa, qof,
lam, mim, nun, wawu, ha, lam alif, ya, dan hamzah, dengan jumlah tulisan 1
(satu) buah huruf secara lengkap
b.
Menyambung secara silang untuk
huruf -huruf yang telah disebutkan di atas sesuai dengan perintah dan
petunjuk dari ustadz sebanyak 1 (satu) buah tulisan, dengan kapasitas 2-6
huruf arab
|
6× 30 menit
|
1.
Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.
Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.
Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah
|
No comments:
Post a Comment