Deskripsi Panitia Penyelenggara



PANITIA PENYELENGGARA

A.    Pengertian Panitia
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, yang dimaksud Panitia adalah sekumpulan orang yang diberi tugas mengurus suatu pekerjaan.[1]
Namun dalam buku ini istilah Panitia dibatasi dengan pengertian Sekelompok orang yang mengemban tugas penting dalam melaksanakan suatu acara. Peran panitia dalam suatu acara sangatlah penting, karena tanpa kerja keras dari seluruh panitia, maka kemungkinan besar suatu acara tidak akan terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana, bahkan dapat lebih parah yaitu dengan gagalnya pelaksanaan kegiatan ataupun acara. Selain hal tersebut perlu diingat bahwa: Meskipun sudah banyak waktu dan biaya yang telah dikorbankan, namun tidak disertai dengan kerja keras panitia, niscaya suatu acara tidak akan terlaksana sesuai dengan yang telah direncanakan.
Mengingat begitu pentingnya peran panitia dalam melancarkan suatu acara, maka pribadi masing-masing panitia harus dibekali dengan:
1.      Semangat kerja dalam menjalankan tugas
2.      Sadar bahwa apa yang diemban merupakan tugas suci yang akan diminta pertanggung jawaban kelak di hari yang akan datang. Dengan kesadaran ini maka panitia akan lebih memegang erat tugas dan berpegang teguh pada tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
3.      Melaksanakan tugas berdasarkan pada:
a.       Ukhuwah (Persaudaraan)
b.      Hirroh (Semangat Berjuang)
c.       Ikhlas (Rela dan Ridla)
4.      Berkeyakinan bahwa yang dilaksanakan adalah semata-mata hanya mencari Ridla Allah SWT melalui kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.

B.     Pengertian Prakata Panitia
Prakata Panitia adalah sebuah sambutan pendahuluan yang disampaikan oleh pihak penyelenggara suatu acara atau kegiatan. Prakata Panitia tidak dimasukkan dalam acara sambutan-sambutan (Bukan sebagian dari acara sambutan), karena acara sambutan adalah sebuah acara yang disampaikan oleh pihak External acara/kegiatan. Sedangkan prakata panitia disampaikan oleh pihak Internal acara atau kegiatan, maka dari itu Prakata Panitia Tidak dikategorikan masuk ke dalam acara sambutan-sambutan, atau secara ringkasnya panitia dalmam suatu acara dapat dikatakan sebagai Wong Kang Duwe Gawe. Jika dipikir secara nalar apakah perlu orang yang punya pekerjaan “Shohibul bait” atau Wong Kang Duwe Gawe harus dimuliakan oleh hadirin? Bukankah itu bertolak belakang dengan perintah Allah dan RasulNya agar seluruh umat manusia memuliakan Tetangga dan saudaranya, bukan dimuliakan oleh mereka. Untuk itu, menjadi hal yang pasti bagi shohibul bait untuk memuliakan hadirin sebagai tamu/undangan, Wallahu A’lam.
Prakata Panitia adalah sebuah sambutan yang mewakili seluruh panitia yang inti dari sambutan tersebut adalah ucapan selamat datang, permohonan maaf, ucapan terima kasih, dan do’a.



[1]       Sugono, Dendy, et, Kamus Bahasa Indonesia, ... , hlm. 1119
Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.