Thursday 5 June 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tahajji kelas 1 sd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                         : Tahaji / Khot
Kelas/Semester                        : I (satu) / 1
Pertemuan ke               : 1
Alokasi Waktu             : 2 x 30 menit

I.                   STANDAR KOMPETENSI
1.             Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab

II.                   KOMPETENSI DASAR
1.1.       Mengenal bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2.       Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3.       Menyalin huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh ustadz

III.                   INDIKATOR
1.             Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf Hijaiyah secara harfiyah
2.             Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah

IV.                   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1.       Siswa mampu menulis ulang huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.2.       Siswa mampu mengenal dan mengetahui huruf Hijaiyah harfiyah

2.1.       Menulis huruf Hijaiyah dalam konteks Harfiyah (satu huruf)
2.2.       Siswa mampu mengulang instruksi yang telah diberikan oleh ustadz yaitu menulis huruf Hijaiyah sekurang-kurangnya 3 (tiga) huruf
2.3.       Siswa mampu mengulang tulisan huruf Hijaiyah harfiyah sekurang-kurangnya 3 (tiga) buah tulisan

V.                   MATERI AJAR
Penulisan Huruf Hijaiyah secara Harfiyah
1.1.       Bahan Ajar dan soal
a.    Menulis Huruf Hijaiyah yang meliputi huruf alif, ba, ta, tsa, jim, kha, dan kho
b.    Menyalin huruf yang telah ditulis sebanyak 3 (tiga) buah tulisan ke dalam buku siswa masing-masing
1.2.     Uraian dan jawaban
a.    ا ، ب ، ت ، ث ، ج ، ح ، خ
b.    Salinan huruf hijaiyah sebanyak 3 (tiga) buah tulisan

VI.                   METODE PEMBELAJARAN
1.             Contoh/Visualisasi
2.             Tanya jawab
3.             Latihan dan tugas

VII.                   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.             Kegiatan Awal
a.    Appersepsi dan Absensi
b.    Menanyakan materi yang sudah disampaikan
c.    Mengantarkan materi baru yang akan disampaikan
d.    Melakukan tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan (Penulisan huruf Hijaiyah Harfiyah)
2.             Kegiatan Inti
a.     Siswa mendengarkan penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b.    Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c.     Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d.    Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Ustadz
3.             Kegiatan Akhir/Evaluasi
a.     Menyimpulkan materi yang sudah disampaikan
b.    Melakukan tanya jawab
c.     Ustadz Memberikan Tugas dan memberikan penilaian tentang materi yang telah disampaikan
d.    Ustadz memberikan  umpan balik positif terhadap siswa
e.     Doa/Penutup 

VIII.                   ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.             Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.             Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot Dasar
3.             Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah

IX.                   PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Mampu menulis huruf Hijaiyah sekurang-kurangnya 3 buah tulisan per huruf hijaiyah
Tertulis
-
Menulis huruf Hijaiyah Harfiyah: tepat, kurang tepat, belum/tidak tepat.

Bandongan, ................................................... 2011

Menyetujui dan Mengetahui
Kepala SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan,



Nanik Nurbiati Faizah, A.Ma
NIP. -


Guru Mata Pelajaran,



Fajar Tri Anggono
NIP. -


No comments:

Post a Comment