RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Tahaji
/ Khot
Kelas/Semester : I (satu) / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Mengetahui huruf Hijaiyah sebagai dasar untuk menulis arab
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.1. Mengenal bunyi
dan bentuk huruf Hijaiyah
1.2. Menulis
huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.3. Menyalin
huruf Hijaiyah secara harfiyah dengan beberapa jumlah sesuai dengan instruksi
yang diberikan oleh ustadz
III.
INDIKATOR
1.
Mengenal dan mengetahui bunyi dan bentuk huruf
Hijaiyah secara harfiyah
2.
Menulis huruf Hijaiyah secara harfiyah
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.1. Siswa mampu menulis ulang huruf Hijaiyah secara harfiyah
1.2. Siswa mampu
mengenal dan mengetahui huruf Hijaiyah harfiyah
2.1. Menulis
huruf Hijaiyah dalam konteks Harfiyah (satu huruf)
2.2. Siswa mampu
mengulang instruksi yang telah diberikan oleh ustadz yaitu menulis huruf Hijaiyah
sekurang-kurangnya 3 (tiga) huruf
2.3. Siswa mampu
mengulang tulisan huruf Hijaiyah harfiyah sekurang-kurangnya 3 (tiga) buah tulisan
V.
MATERI
AJAR
Penulisan Huruf Hijaiyah secara Harfiyah
1.1. Bahan
Ajar dan soal
a. Menulis Huruf
Hijaiyah yang meliputi huruf alif, ba, ta, tsa, jim, kha, dan kho
b. Menyalin
huruf yang telah ditulis sebanyak 3 (tiga) buah tulisan ke dalam buku siswa masing-masing
1.2. Uraian
dan jawaban
a. ا ، ب ، ت ، ث ، ج ، ح ، خ
b. Salinan
huruf hijaiyah sebanyak 3 (tiga) buah tulisan
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Contoh/Visualisasi
2.
Tanya jawab
3.
Latihan dan tugas
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
a.
Appersepsi dan Absensi
b.
Menanyakan materi yang sudah disampaikan
c.
Mengantarkan materi baru yang
akan disampaikan
d. Melakukan
tanya jawab tentang materi baru yang akan disampaikan (Penulisan huruf Hijaiyah Harfiyah)
2.
Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan
penjelasan dan
keterangan yang disampaikan oleh Ustadz
b. Siswa mencatat
pokok-pokok penjelasan dari Ustadz
c. Siswa mendengarkan dan
melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh Ustadz
d. Siswa melihat, memperhatikan, dan mempraktekan
apa yang dijelaskan oleh Ustadz
3.
Kegiatan Akhir/Evaluasi
a. Menyimpulkan materi
yang sudah disampaikan
b. Melakukan tanya jawab
c. Ustadz Memberikan Tugas dan memberikan penilaian tentang
materi yang telah disampaikan
d. Ustadz
memberikan umpan balik positif terhadap
siswa
e. Doa/Penutup
VIII.
ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat Belajar
Blackboard, kapur tulis
2.
Bahan Belajar
Daftar gambar Huruf Hijaiyah, buku tahsinul Khot
Dasar
3.
Sumber Belajar
Buku Al Khot/Pengenalan Huruf Hijaiyah
IX.
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
Mampu menulis huruf Hijaiyah sekurang-kurangnya
3 buah tulisan per huruf hijaiyah
|
Tertulis
|
-
|
Menulis huruf Hijaiyah Harfiyah: tepat, kurang tepat, belum/tidak tepat.
|
Bandongan,
................................................... 2011
Menyetujui dan Mengetahui
Kepala SDIT Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan,
Nanik Nurbiati Faizah, A.Ma
NIP. -
|
Guru Mata Pelajaran,
Fajar Tri Anggono
NIP. -
|
No comments:
Post a Comment