Model dan gaya dalam Da’wah



Langgam Da’wah

Secara bahasa Langgam Da’wah adalah gaya, model, cara, adat, kebiasaan. Dalam istilah da’wah, langgam dapat diartikan gaya penyampaian yang meliputi lagat bicara, tingkah, dan berperilaku seorang da’i. seorang da’i yang baik dan berpengalaman pasti bisa memilih langgam yang paling tepat digunakan dalam melaksanakan missi da’wah yang dilaksanakan, sehingga dalam berda’wah seorang da’i benar-benar menguasai masa. Dan di bawah ini adalah beberapa macam langgam da’wah yang harus diketahui oleh seorang da’i:
1.      Langgam Agama, yaitu sebuah langgam penyampaian da’wah yang disampaikan sedemikian rupa sehingga da’wah terasa menyatu dengan gerakan isi da’wah, menyatu dengan lingkungan, dan sedap didengar telinga seperti yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW, yaitu dengan Nada sayup-sayup lirih, Bergetar Keras, dan Naik turunya suara ibarat Gelombang Lautan
2.      Langgam Agitatif, yaitu sebuah penyampaian da’wah dengan nada keras, bersifat agresif. Langgam seperti ini adalah sebuah langgam yang dilakukan dalam da’wah terbuka, seperti: Tabligh Akbar, Da’wah di lapangan terbuka, Da’wah dalam kampanye politik, dan lain sebagainya.
3.      Langgam Konversi adalah langgam yang dilakukan dalam siatuasi tenang dan damai. Yaitu sebuah langgam dalam sebuah acara Rapat, Sidang, atau sejenisnya yang dilakukan dalam ruangan tertutup dan dihadiri oleh orang-orang tertentu.
4.      Langgam Didaktik adalah sebuah langgam yang dilakukan dalam ruangan, yang mana langgam tersebut bersifat mendidik. Seperti langgam seorang guru yang menyampaikan pembelajaran kepada murid, Langgam dosen yang menyampaikan materi kepada mahasiswa, langgam ustad yang menyampaikan dirosah kepada para santri, dan lain sebagainya
5.      Langgam Statistic adalah sebuah langgam yang dilakukan dengan menggunakan istilah, angka, atau grafik. Model langgam ini tepat namun membosankan karena yang dihadapi hanyalah berupa tulisan tanpa kata-kata penjelasan lebih lanjut tentang hal yang disampaikan
6.      Langgam Sentimentil adalah sebuah langgam yang dilakukan dengan gaya menyentuh dan terkadang sedikit puitis, namun terkadang juga dapat menyakiti karena terdapat unsur sindiran di dalamnya.

Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.