Friday 11 April 2014

FOTO JURNALISTIK


FOTO JURNALISTIK
Foto jurnalistik adalah bagian cabang dari foto dokumentasi yang merekam sesuatu dari awal hingga akhir,sedang foto jurnalistik hanya mengambil hanya beberapa bahkan hanya satu foto yang menjadi momen terpenting,menarik atau hanya infomatif.

Foto Jurnalistik adalah kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan foto melalui media massa dengan mengabungkan komunikasi visual dan verbal.

Komunikasi Visual
Menyampaikan pesan melalui gambar/foto (visual approach) yang merupakan komponen utama komunikasi.

Komunikasi Verbal  
Menyampaikan pesan melalui bahasa verbal/teks yang dikenal dengan caption/keterangan foto.Dalam foto jurnalistik foto berita harus memiliki keterangan foto yang antara lain memiliki judul,dan komponen 5W dan 1 H.

Foto Jurnalistik membuat berita dengan mengunakan foto dan memberikan gambaran berita melalui teks keterangan foto yang mengandung komponen 5W dan 1 H :  
what(apa),where(dimana),when(kapan),why(mengapa),who(siapa), dan how(bagaimana)

Seperti halnya dalam menulis berita foto jurnalistik harus memiliki keterangan foto yang juga memiliki judul yang dipilih berdasar sudut pandang foto dan hal hal yang penting dalam foto.

Nilai Foto Jurnalistik
1.Aktualitas,memiliki nilai aktualitas, kejadian terbaru (terkini) yang informasi belum didapat masyarakat  
2.Luar Biasa,memiliki nilai luar biasa dari suatu kejadian yang menjadi perhatian khalayak ramai
3.Menarik,memiliki nilai magnitude bagi pembaca untuk melihat dan mengetahui
4.Penting,memiliki nilai penting dan bermanfaat bagi masyarakat 
5.Ketokohan,memiliki nilai ketokohan yang dapat mempengaruhi dan tingkat kepercayaan masyarakat
6.Human Interest,memiliki nilai dari sisi kemanusian hingga dapat menyentuh
7.Universal,memiliki nilai yang umum yang dapat diterima masayarakat dari berbagai kalangan dan lapisan
8.Informatif,memiliki nilai informatif yang berguna bagi masyarakat.

Dalam Foto Jurnalistik komponen foto terdiri dari Foto Berita Tunggal/Singel Picture dan Foto Berita Seri.Pada foto berita tunggal foto yang diterbitkan berdasar nilai aktualitas tetapi ada juga foto berita features yang diterbitkan tidak tergantung kepada nilai aktualitas.Sedangkan foto berita seri diterbitkan dengan jumlah foto yang banyak tetapi temanya satu.


Jenis Foto Jurnalistik
Foto jurnalistik berdasarkan lembaga Word Press Photo Foundation dibagi berdasarkan dari karakeristik objek foto berita

1. Foto Berita Spot/kejadian/Spot Photo
Adalah foto yang dihasilkan dari kejadian yang bersifat dadakan,tidak terduga, atau    tidak terjadual.Misalnya kebakaran,kecelakaan, bentrok,bencana alam dst.Foto Berita Spot ini sering menjadi menarik karena keaktualaan dan sering menjadi pusat pembicaraan publik.Foto yang dihasilkan dari kejadian mendadak ini dibutuhkan keberuntungan dan kerajinan dalam melihat dan menganalisa posisi dan keberadaan terhadap objek foto,selain itu dibutuhkan keberanian,dan ketenangan.Foto kategori ini harus bisa menampilkan muatan emosi. 

2. Foto Berita/UmumGeneral News Photo
Adalah foto yang dihasilkan dari kejadian kejadian terjadual,rutin, dan biasa baik itu foto ekonomi, politik,pendidikan,dan pemerintahan.Misalnya peresmian gedung oleh pejabat,kunjungan kerja menteri,pembukaan pameran dst.
  
3. Foto Berita Seseorang/People in the News Photo
Adalah foto tentang seorang,kelompok, atau masyarakat yang dapat dijadikan berita,baik tingkat kemenarikannya, keunikan,kepopuleran, atau ketokohan.Misalnya kepala negara,tokoh agama,tokoh politik dst

4. Foto Keseharian/Daily Life Photo
Adalah foto tentang kehidupan sehari yang terjadi dalam masyarakat dilihat dari sisi kemanusiawian (human interest),baik aktivitas kehidupan sehari hari maupun aktivitas kelompok masyarakat.Misalnya aktivitas pasar,aktivitas warga,aktivitas pendidikan dst.

5. Foto Potret/Portrait
Adalah foto yang menampilkan wajah seseorang secara detail, untuk memperlihatkan kekhasan wajahnya dilihat dari berbagai sisi.Misalnya wajah pekerja tambang,wajah masyarakat dayak,wajah anak punk dst.  

6. Foto Olahraga/Sport Photo
Adalah foto yang dibuat dari objek atau aktivitas olahraga baik dalam kegiatan pertandingan,latihan atau sekedar permain mengisi waktu.Misalnya pertandingan SFC,latihan rutin SFC,coaching clinic pemain SFC untuk anak SD, dst.

7. Foto Iptek/Sains and Tecnology Photo
Adalah foto yang objeknya diambil dari peristiwa atau aktivitas yang ada kaitan dengan ilmu pengetahuan  dan teknologi.Misalnya aktivitas penelitian dalam laboratorium,proses pendeteksian gempa,penemuaan alat pendeteksi wajah,dst
 



8. Foto Seni dan Budaya/Art and Culture Photo
Adalah foto yang diambil dari kegiatan seni dan budaya baik dalam satu kegiatan atau yang terjadi dalam masyarakat.Misalnya konser Noah,Wayang Semalam Suntuk,Pagelaran Dulmuluk, dst

9. Foto Sosial dan Lingkungan/Social and Environmrnt Photo
Adalah foto kehidupan sosial masyarakat dan foto tentang lingkungan baik dari sisi positif  atau negatif.Misalnya kehidupan masyarakat pinggiran sungai,pencemaran,illegal logging.   


Ciri Foto Jurnalistik
1.Independen
Foto jurnalistik harus independen tidak berpihak lebih mengutamakan kepentingan masyarakat umum bukan kelompok atau golongan
2.Kemampuan Teknis
Foto jurnalistik harus bisa menunjukan bahwa karya yang dihasilkan bisa menunjukan kekuatan pada kemampuan teknis penguasaan peralatan kamera.
3.Kepekaan
Foto jurnalistik yang dihasilkan bisa menunjukan kepekaan terhadap objek dan juga peka terhadap sisi lain dari karya foto yang dihasilkan
4.Memiliki Kekuatan
Karya foto yang dihasilkan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat melakukan sesuatu dalam proses perubahan menuju kebaikan,dan kepedulian.
5.Intelektualitas
Karya foto jurnalistik bisa mencerminkan intelektualitas pewarta foto itu sendiri yang memegang teguh etika,santun dan memiliki sudut pandang objektif yang cerdas

Metode Pengambilan Foto Jurnalistik
1.Menentukan objek objek utama/entire
2.Menentukan pilihan objek pilihan (point of interest)
3.Menentukan bidang pengambilan gambar seperti komposisi,pola, dan tekstur dalam satu kesatuan foto
4.Menentukan sudut pengambilan gambar
5.Menentukan pengambilan gambar berdasarkan teknis.   
Selain itu kita harus memanfaatkan panca indra yang ada pada diri kita :indera pendengaran,indra penglihatan,dan indra perasa

Cara mendapatkan foto berita
1.Keberuntungan
2.Memonitor jejaring
3.Hubungan dengan wartawan khusus di suatu bidang
4.Berhubungan dengan NGO
5.Humas instansi
6.Jadual acara






























No comments:

Post a Comment