Friday, 11 April 2014

CONTOH PROPOSAL RUANG KELAS BARU (RKB) SEKOLAH DASAR












PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN
PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU
TAHUN 2013















SD IT MA’ARIF MA’AHIDUL ’IRFAN BANDONGAN
KABUPATEN MAGELANG
PROVINSI JAWA TENGAH
TAHUN 2013





LEMBAGA PELNDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
SD IT MA’ARIF MA’AHIDUL ’IRFAN BANDONGAN
NSS : 102030814028
Jl. Raden Abdullah Bandongan Magelang. 56151. Hp: 08529278776

Nomor    
:

Bandongan, 15 Oktober 2013
Lampiran
:
1 (satu) berkas

Perihal
:
Permohonan bantuan pembangunan ruang kelas baru








                                   
Yth. Direktur Pembinaan SD
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
Kementerian Pendidikan Nasional                             
Jln. Jenderal Sudirman
Senayan - Jakarta

Sehubungan dengan adanya program pemberian bantuan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan  untuk SD negeri dan swasta melalui dana Direktorat Pembinaan SD tahun 2013, dengan hormat kami mengajukan permohonan agar dapat memperoleh dana bantuan tersebut untuk membangun ruang kelas baru di sekolah kami.
Melihat kondisi sekolah kami, bantuan tersebut akan kami gunakan untuk melaksanakan pembangunan ruang kelas baru sebagaimana tertuang dalam usulan rencana kegiatan terlampir.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sertakan profil sekolah, usulan rencana penggunaan dana, surat pernyataan, foto lahan sekolah/lokasi di lantai satu, serta gambar tata letak bangunan (site plan), denah dan tampak sebagai data pendukung.

Atas perhatian dan pertimbangannya, kami mengucapkan terima kasih.



Mengetahui
Ketua Komite Sekolah



H. IRFANDI

Kepala Sekolah




NANIK NURBIYATI FAIZAH, A. Ma


Mengetahui
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Magelang



………………………………………
NIP. ……………………………

LEMBAGA PELNDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
SD IT MA’ARIF MA’AHIDUL ’IRFAN BANDONGAN
NSS : 102030814028
Jl. Raden Abdullah Bandongan Magelang. 56151. Hp: 08529278776

Kata Pengantar

............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ dst.
(KOP SEKOLAH)


A.  Latar Belakang.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................ dst.

B.  Tujuan.
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................dst.

C.  Manfaat.
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................dst.

(KOP SEKOLAH)



PROFIL SEKOLAH


1.    Nama sekolah               : ……..…..……………………………….
       Alamat                             :  Jln………..….……..………………….
                                                              Desa/Kelurahan …………………….
                                           Kecamatan ……….…......................
                                           Kab/Kota……………………………..
                                           No telepon/HP ................................ *)
2.    Tahun didirikan             : ………………………………..
3.    Tahun beroperasi         : ………………………………….
4.    Tahun terakhir direhab :          ................................................
5.    Status tanah                  : Milik Pemda/yayasan/sewa/kontrak **)
6.    Jumlah siswa dalam 3 (tiga) tahun terakhir
      
Kelas
Jumlah Siswa
07- 08
08 - 09
09 - 10
I
……… siswa
……… siswa
……… siswa
II
……… siswa
……… siswa
……… siswa
III
……… siswa
……… siswa
……… siswa
dst
……… siswa
……… siswa
……… siswa
Jmlh
……… siswa
……… siswa
……… siswa

8.    Jumlah Rombongan Belajar
Kelas I
:
……....    
Rombongan Belajar
Kelas II
:
….......
Rombongan Belajar
Kelas III
:
….......
Rombongan Belajar
..……  dst
:
….......
Rombongan Belajar
  
9.   Data Ruang Kelas
Kelas I
……
ruang
dengan kondisi
:
baik/rusak ringan /rusak sedang /rusak berat **)
Kelas II
……
ruang
dengan kondisi
:
baik/rusak ringan /rusak sedang /rusak berat **)
Kelas III
……
ruang
dengan kondisi
:
baik/rusak ringan /rusak sedang /rusak berat **)
……. dst
……
ruang
dengan kondisi
:
baik/rusak ringan /rusak sedang /rusak berat **)


10.  Data Bangunan/Ruang Lainnya:
1. …………………
dengan kondisi:
baik/rusak ringan/sedang/berat **)
2. …………………
dengan kondisi:
baik/rusak ringan/sedang/berat **)
3. …………………
dengan kondisi:
baik/rusak ringan/sedang/berat **)

11.  Data Guru :

No
Status Guru
Tingkat Pendidikan
SLTA
D 1
D 2
D 3
S 1
S 2
S3
1
Guru Tetap







2
Guru Tidak Tetap







3
Guru Bantu







Jumlah







      
12.  Sumber air bersih                         :       Sumur/PDAM/lainnya **)
       Debit air                                          :       cukup/kurang **)
13.  Dana ops & perawatan                :       Komite/ /Bantuan/............... **)
14.  Bukti kepemilikan lahan                      :           ada/tidak ada **)
15. Ukuran lahan/lokasi di lt2           :       ......... m x.........m
15.  Foto existing lahan pada lantai 1 atau lokasi dilantai 2 yang diusulkan (dicetak berwarna ukuran 4 R)


                                                                     ............., ................................................2013   

Mengetahui:                                                                                     Kepala Sekolah
Ketua Komite Sekolah                                                       
                                                                                               
            cap ttd                                                                                    cap ttd
                                                                    
…..……………………                                                          ………………………….
       nama terang                                                                  NIP. ……………………













Catatan:
**)  coret yang tidak perlu


(KOP SEKOLAH)

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini
Nama                         : ……………………………………..
NIP                             : ……………………………………..
Jabatan                      : ……………………………………..
Alamat Kantor           : ……………………………………..
Alamat rumah           : .....................................................

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa:
1.        Sekolah kami yang mengusulkan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  melalui dana Direktorat Pembinaan SD tahun 2013   tidak sedang menerima dana bantuan untuk membangun ruang kelas baru/perpustakaan dari sumber dana lain.
2.        Dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir, belum pernah dilakukan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan.
3.        Kondisi fisik sarana dan prasarana sekolah kami belum memenuhi kondisi minimal untuk fasilitas pembelajaran.
4.        Sampai dengan tahun 2013   ini sekolah kami tidak termasuk salah satu sekolah yang akan diregrouping.
5.        Sekolah kami berdiri di atas lahan milik Pemda/Yayasan/pinjaman/kontrak dengan jangka waktu …...... tahun **) dan tidak bermasalah.
6.        Memiliki Komite Sekolah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
Apabila dikemudian hari terbukti bahwa pernyataan yang kami buat tidak benar, kami sanggup menerima sanksi sesuai hukum yang berlaku.
Demikian pernyataan ini kami buat dengan sadar dan penuh rasa tanggung jawab serta tanpa tekanan dari pihak manapun, untuk digunakan sebagai salah satu persyaratan pengajuan dana bantuan pembangunan/rehabilitasi ruang kelas/ruang penunjang lainnya melalui dana Direktorat Pembinaan SD tahun 2013.
                                                           ............,................................................ 2013
        Kepala Sekolah
     
       Meterai Rp.6000
        
   .........................................
   NIP. ..................................
Catatan:
*) Diisi sesuai dengan status tanah







Lembar ini untuk
Foto kopi SK Pembentukan Tim Komite Sekolah


Jumlah lembar tergantung dari jumlah lembar SK, tidak harus hanya 1 lembar













Lembar Untuk


Bukti/surat keterangan kepemilikan tanah,
dan
surat pendirian sekolah khusus untuk sekolah swasta


(jumlah lembar tergantung kebutuhan, tidak harus 1 lembar)










Lembar Untuk

Gambar Lokasi (site plan) sekolah berikut tata letak bangunan/ruang kelas (denah),
dengan pemberian tanda khusus (arsir)
1.    pada lahan yang akan dibangun ruang kelas baru/perpustakaan
atau
2.    pada lokasi di lantai 2 yang akan dibangun ruang kelas baru/perpustakaan


(Cukup hanya  pada 1 lembar)








Lembar Untuk

Foto-foto situasi dan keadaan lahan yang digunakan membangun ruang kelas baru/perpustakaan
atau
Foto-foto situasi lokasi di lantai 2 tempat ruang kelas /perpustakaan yang akan dibangun baru


Jumlah lembar tidak terbatas, tergantung jumlah foto yang akan disertakan/ditempel

(minimal foto yang ditempelkan  adalah tampak luar 2 - 3 titik pengambilan,bagian dalam area ruangan yang rusak  2- 3 titik pengambilan, dan bagian lain yang rusak dan sangat perlu untuk diperlihatkan)








LAMPIRAN-LAMPIRAN




 (KOP SEKOLAH)

USULAN RENCANA KEGIATAN
Sesuai dengan kondisi sekolah kami sebagaimana terlihat dalam profil sekolah serta memperhatikan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas/Pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan untuk SDI Negeri dan Swasta Tahun 2013  , kami mengajukan usulan rencana kegiatan untuk membangun ruang kelas baru/perpustakaan dengan rincian sebagai berikut:

A.   Jenis Kegiatan

NO
JENIS KEGIATAN
VOLUME
BIAYA
1
Pembangunan…………**) ruang kelas (sama dengan jumlah biaya pada rekapitulasi RAB)
……….m2
Rp.…………..
2
Perencanaan dan pengawasan (sama dengan biaya perencanaan dan pengawasan pada rekapitulasi RAB)
 1 kegiatan
Rp………………
3
Operasional Tim Pelaksana Rehabilitasi Gedung Sekolah (sama dengan biaya operasional Tim pada rekapitulasi RAB)
1 kegiatan
Rp. ………..
Jumlah Total Biaya Kegiatan
Rp. …………..

  Terbilang: ……………………………………………………………………………….

B.  Pembiayaan                          
1. Jumlah biaya yang diperlukan
    (sama dengan  jumlah total biaya kegiatan)                             = Rp. ……………………
2. Subsidi dari pemerintah (dana bantuan yang diterima)   = Rp. ……………………
      3. Partisipasi masyarakat (swadaya)                              = Rp. ……………………

C.  Rencana Waktu Pelaksanaan:

NO
JENIS KEGIATAN
WAKTU PELAKSANAAN
MULAI
SELESAI
1
Pembuatan dokumen teknis & biaya


2
Rehabilitasi ruang kelas






Catatan:
**) Sebutkan sesuai dengan kegiatannya
D.  Indikator Keberhasilan:                                                                     
Indikator keberhasilan dari kegiatan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan lainnya melalui dana Direktorat Pembinaan SD tahun 2013   yang diselenggarakan di sekolah kami adalah sebagai berikut:
1.    ……………………………………………………………….
2.    ……………………………………………………………….
3.    ……………………………………………………………….
4.    ……………………………………………………………….


                                                                                               
Mengetahui                                                                        Yang membuat usulan
Ketua Komite Sekolah                                                    Kepala Sekolah                      
                                                                                                           
         
cap-ttd
                                                                                                     cap-ttd


….……………………                                                           …………………………
    nama terang                                                                     NIP ……………………



















Lembar Untuk

Foto copy rekening sekolah pada bank pemerintah










Lembar Untuk

Foto copy  NPWP Sekolah




BERITA ACARA PEMILIHAN DAN PEMBENTUKAN
TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU/perpustakaan

Nomor ………………………..
Pada hari ………. tanggal …………… bulan   ……… tahun dua ribu ............, kami yang bertandatangan di bawah ini, melalui forum musyawarah Pemilihan dan Pembentukan Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru/perpustakaan Sekolah ….……………..**) bertempat di ………………. yang dihadiri pihak sekolah, komite sekolah dan anggota masyarakat sebanyak ……….. orang, (daftar hadir terlampir) dengan ini menyatakan bahwa:
Tim Pelaksana Pembangunan Rang Kelas Baru Sekolah ……………**) telah dipilih secara musyawarah dengan penuh tanggung jawab serta tanpa tekanan dari pihak manapun.
Dari hasil musyawarah tersebut, ditetapkan bahwa:
NO
NAMA
ALAMAT
JABATAN
UNSUR DARI
TANDA TANGAN
1


Ketua
Unsur sekolah atau komite

2


Wakil ketua
Unsur sekolah atau komite

3


Sekretaris
Guru atau Komite Sekolah

4


Bendahara
Guru

5


Anggota
Komite atau Masyarakat


Kami yang bertandatangan selaku Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru/perpustakaan Sekolah ….......**) dengan ini menyatakan:
1.  Sanggup untuk melaksanakan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan sesuai dengan ketentuan dalam Petunjuk Teknis, serta menggalang partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
2.    Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan secara transparan dengan memberikan informasi secara terbuka melalui rapat dan papan pengumuman baik secara insidentil maupun berkala.
3.    Tidak memberikan kepada pihak manapun dan tidak menggunakan uang bantuan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  di luar ketentuan yang berlaku.
Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
………..…..…………….., ………...2013 
Ketua Tim Pelaksana Pembangunan
Ruang Kelas Baru/perpustakaan


………………………………
NIP. ………………………..



Catatan:
**)   Diisi sesuai dengan nama sekolah dasar
***)   Diisi sesuai dengan yang unsur yang dipilih
Jumlah tim rehabilitasi disesuaikan dengan keperluan dan ganjil.

KOP SEKOLAH DASAR

KEPUTUSAN KEPALA SD.........................................

NOMOR : ...............................

 

TENTANG

PENETAPAN TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU/perpustakaan

 SEKOLAH ...........................................

 


Kepala Sekolah  .......................................

Menimbang  :   a. Bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar diperlukan ruang kelas yang memadai.
                        b.         Bahwa untuk memenuhi ruang kelas yang memadai, diperlukan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  melalui dana APBN lewat Direktorat Pembinaan SD.
                        c. Bahwa pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi ruang kelas dilakukan secara swakelola oleh Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru/perpustakaan,
                        d.         Bahwa nama-nama yang tercantum dalam lampiran keputusan ini dipandang mampu untuk melaksanakan tugas dimaksud.
Mengingat    :   a. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
                        b. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
                        c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tahun 2002 tentang Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan
                        d. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  Untuk SD/MI Negeri dan Swasta Tahun 2013 
                        e. Berita Acara Pemilihan dan Pembentukan Tim Pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan No...........

MEMUTUSKAN
Menetapkan  :  
Pertama        :   Mengangkat yang namanya tercantum dalam kolom dua dengan unsur dalam kolom tiga dan jabatan dalam kolom 4 lampiran keputusan ini sebagai Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas baru/perpustakaan
Kedua           :   Tugas Tim Pelaksana Pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  adalah memilih dan menetapkan serta memberi pengarahan kepada perencana/pengawas, menandatangani surat perjanjian pemberian bantuan, menggalang dana dan partisipasi masyarakat serta membuat laporan keuangan dan pelaksanaan kegiatan.
Ketiga           :   Kegiatan pembangunan ruang kelas baru/perpustakaan  dibiayai oleh dana APBN dalam bentuk bantuan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan tahun 2013  .
Keempat       :   Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan berakhir setelah seluruh kegiatan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan untuk SD Negeri dan Swasta selesai dilaksanakan.
Kelima          :   Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya

Ditetapkan di : ...................................
Pada tanggal : ......................... 2013 
Kepala SD......................................

Stempel & ttd

_____________________________
NIP. ......................................

*)dipilih sesuai dengan jenis pelaksanaan



Lampiran Surat Keputusan Kepala Sekolah ………………………………
Nomor   :   .....................................................


SUSUNAN TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU/perpustakaan ...............................


No.
Nama
Unsur
Jabatan
(1)
(2)
(3)
(4)
1

Unsur sekolah atau komite
Ketua
2

Unsur sekolah atau komite
Wakil Ketua
3

Guru atau komite sekolah
Sekretaris
4

Bendahara Komite
Bendahara
5

Komite Sekolah atau Masyarakat
Anggota



Kepala Sekolah ............................



Stempel & ttd

___________________________
NIP. ......................................


*) dipilih sesuai dengan jenis pelaksanaan

Kop Surat Sekolah

 


SURAT TUGAS PERENCANA DAN PENGAWAS PEMBANGUNAN

                                      RUANG KELAS BARU /perpustakaan

                                   
Nomor            : ……………………………….
Tanggal         : ……………………………….

Ketua Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru/perpustakaan  SD.................……….……**)
Kabupaten /Kota ……………........................ Provinsi ………………..........................  
Berdasarkan berita acara pemilihan dan pembentukan  Tim Pelaksana Pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan SD  …………**), nomor ………….., tanggal……...........

Dengan ini menugaskan kepada
Nama                                     : ............................................. ***)
Alamat                        : ………………………………..

Untuk melaksanakan pekerjaan perencanaan dan pengawasan pembangunanruang kelas baru /perpustakaan, dengan uraian tugas sebagai berikut:
1.  Tahap perencanaan
a.    Membuat gambar rencana yang diperlukan, seperti:
§  Site plan (tata letak bangunan)
§  Denah, tampak dan potongan
§  Rencana atap; Rencana pondasi
§  Rencana plafon
§  Instalasi listrik penerangan
§  Instalasi air bersih
§  Detail, antara lain: kolom, kusen, kuda-kuda, dsb.
b.    Menyusun spesifikasi teknis sesuai dengan kondisi setempat.
c.    Melakukan survei harga bahan dan upah kerja.
d.    Membuat rencana anggaran biaya pelaksanaan.
e.    Membantu membuat jadwal pelaksanaan pekerjaan.
f.     Menyerahkan dokumen perencanaan sebanyak 3 (tiga) eksemplar.
g.    Memberikan penjelasan tentang hasil perencanaan.

2.    Tahap pelaksanaan
a.    Membantu Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru /perpustakaan  dalam mengarahkan dan membimbing tukang dan pekerja selama pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan.
b.    Memeriksa kuantitas dan kualitas bahan yang digunakan untuk pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan.
c.    Memantau dan mengevaluasi kinerja tukang dan pekerja selama pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan.
d.    Membuat laporan mingguan, laporan bulanan dan berita acara kemajuan pekerjaan pembangunan untuk diserahkan kepada Ketua Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru /perpustakaan.
e.    Membantu Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru /perpustakaan  dalam membuat foto perkembangan fisik pekerjaan pembangunan.
f.     Melaporkan permasalahan yang perlu ditangani oleh Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru /perpustakaan.
g.    Membuat laporan akhir hasil pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan untuk diserahkan kepada Ketua Tim Pelaksana Pembangunan Ruang Kelas Baru /perpustakaan.
h.    Perencana/pengawas bertanggung jawab penuh terhadap hasil perencanaan dan pengawasan pelaksanaan pembangunan ruang kelas baru /perpustakaan.

Jangka waktu penugasan perencanaan adalah 1 (satu) minggu mulai tanggal ...........s.d .............. , dan penugasaan pengawasan adalah 90 (sembilan puluh) hari kalender terhitung mulai dari tanggal dana Pembangunan diterima pada buku rekening sekolah.

Demikian surat tugas ini dibuat, untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

                                                                                               
Perencana/pengawas                                                 Ruang Kelas Baru /perpustakaan   
           
………………………………                                         ………………………………       
nama terang                                                                NIP. ………………………..   



Mengetahui
Kepala Sekolah                    

(stempel dan ttd)

......................................
NIP ...............................




Catatan:
**)    Diisi sesuai dengan nama sekolah
***)   Jika kelompok sebutkan nama ketua kelompoknya

No comments:

Post a Comment