Sunday, 6 April 2014

CONTOH RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                            :  SD IT Ma’arif Ma’ahdul ’Irfan Bandongan
Mata Pelajaran                           :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                          :  I/2
Standar Kompetensi                   :  Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                      :  Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu                            : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**              :  -     Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
                                                   -     Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran                 : -     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
-       Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·   Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·   Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.     Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Grow with English jilid 1, Mukarto, Erlangga
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
  5. Lks Hallo jilid 1 semester 2

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

Tes  lisan

Merespon dengan mengulang secara lisan

Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui
Kepala Sekolah



Nanik Nurbiyati Faizah, A. Ma
Bandongan, 16 Juli 2012
Guru bidang Bahasa Inggris



Abdul Rozzaq

No comments:

Post a Comment