RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : SD IT Ma’arif Ma’ahdul ’Irfan Bandongan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan
tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan
ucapan lantang
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : - Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
- Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : - Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang
diucapkan atau didengar dari kaset/CD
- Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
·
Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang
dibahas.
·
Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada
dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan
mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan
membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan
apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F Guru meminta siswa untuk
mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Grow with English jilid 1, Mukarto, Erlangga
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Lks Hallo jilid 1 semester 2
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
suara lantang
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
pengucapan bahasa Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Nanik
Nurbiyati Faizah, A. Ma
|
Bandongan, 16 Juli 2012
Guru
bidang Bahasa
Inggris
Abdul Rozzaq
|
No comments:
Post a Comment