MAKALAH BAHASA INDONESIA



Upaya Mempertahankan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Muhammad Abdul Rozaq
Mahasiswa Semester II  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
FKIP Universitas Tidar Magelang

v Pendahuluan
“ Gi ngapain loe?” mungkin anda sering mendengar kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kata-kata semacam itu mengindikasikan bahwa sekarang ini orang sudah terbiasa menggunakan bahasa indonesia yang kurang tepat.  Kalau hal itu dilakukan didalam situasi yang tidak resmi, itu tidak menjadi masalah, tapi sering kali dalam situasi yang resmi seperti pada saat rapat atau di sekolah orang-orang menggunakan bahasa yang tidak baik dan benar, karena mereka tidak terbiasa dengan itu.
            Bahasa indonesia yang baik dan benar sekarang ini ibarat harimau sumatera yang boleh dikatakan hampir punah. Hal itu bisa dibuktikan dengan langkanya orang yang paham dengan kaidah-kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar.
            Dan yang lebih memprihatinkan lagi sekarang ini bahasa indonesia dianggap kuno dan tidak modern. Orang lebih suka menggunakan istilah-istilah bahasa asing karena dianggap lebih bagus dan lebih gaul.
            Kalau hal ini dibiarkan terus berlanjut bisa berakibat fatal.orang akan terbiasa dengan bahasa yang amburadul dan akan merasa asing dengan bahasa yang baik dan benar, yang pada akhirnya menyebababkan bahasa indonesia yang baik dan benar hilang.padahal bahasa indonesia adalah bahasa nasional yang merupakan identitas bangsa indonesia.
v Tujuan
Mata kuliah bahasa indonesia merupakan mata kuliah wajib disetiap program studi. Hal ini sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 34/Dikti/Kep/2006 .tujuan pembelajaran bahasa indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dan memiliki kemampuan menggunakan bahasa untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan.
Melalui tulisan ini diharapkan pembaca memahami tentang kaidah –kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar , sehingga bahasa indonesia yang merupakan identitas bangsa indonesia akan tetap lestari.
v Bahasa indonesia yang baik dan benar
a.       Pengertian
Dalam berbagai pertemuan yang bersifat resmi, misalnya rapat resmi, seminar, dan kita dianjurkan agar menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Setiap bulan oktober dijadikan bulan bahasa . penetapan ini berkaitan dengan peristiwa sumpah pemuda, 28 oktober 1928 saat dikumandangkan pernyataan tentang bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan.
Yang dimaksud dengan kaidah bahasa indonesia yang benar adalah sejumlah aturan tata bahasa yang telah dibakukan sebagaimana disdebutkan dalam beberapa dokumen resmi tentang bahasa indonesia. Dokumen yang dimaksud adalah :
1.      Buku tata bahasa baku bahasa indonesia
2.      Kamus umum bahasa indonesia
3.      Pedoman ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan
4.      Pedoman pembetukan istilah


           










Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.