Wednesday 25 January 2012

SOK SIBUK


JARENE SIBUK

Ini adalah detik-detik, sebuah keadaan dimana banyak santri yang sedang sibuk berlalu-lalang mengorak arik kertas, corat-coret lembaran, merangkai sebuah bentuk simbol, dan merusak staples. Keadaan yang dialami santri sedemikian rupa ini hanya dialami setahun sekali dalam rangka persiapan Tasyakur dan Haul Alim Ulama Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan. Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari sabtu, 28 Januari 2012 di area Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan Soropaten Gandusari Bandongan Magelang Jawa Tengah, dengan Pembicara KH. M Yusuf Chudlori dari Tegalrejo Magelang dan Habib Umar Muthahar dari Semarang.

Acara tersebut adalah sebuah acara yang mengikut serta dan menggabungkan 3 komponen sekaligus, yaitu:
1.      Pondok pesantren Ma’ahidul ‘Irfan yang mempunyai acara Tasyakur Li Khotmil Quran dan Haul Al Mukarrom KH. Ahmad Qostolani ke 32, yaitu pengasuh Pondok Pesantren Ke 10 Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
2.      Pengasuh Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan yang memiliki acara Haul Abah dan sesepuh Pondok Pesantren, serta temu keluarga besar pengasuh pondok pesantren.
3.      Alumni Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan yang mempunyai acara Haul Alim Ulama sekitar Dusun Soropaten maupun luar dusun soropaten, dan acara temu alumni tahunan yang dilaksanakan setahun sekali tanggal 3 rabiul awwal untuk setiap tahunnya.
4.      Masyarakat sekitar yang mempunyai acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Dari ketiga komponen di atas dapat diambiil kesimpulan bahwa acara tersebut bukanlah acara milik masyarakat, pondok pesantren, pengasuh, ataupun alumni. Namun acara milik bersama yang harus dilaksanakan dengan rancangan dan persiapan yang mantap.

Acara akan dimulai pukul 08.00 sampai selesai. Biasanya acara selesai pukul 15.30 WIB. Begitu setianya para hadirin yang bersedia menunggu dan menanti-nanti mauidlah hasanah dari penceramah, Ajib buat mereka….!!!

No comments:

Post a Comment