Wednesday 11 January 2012

KRONOLOGI SDIT MA'ARIF BANDONGAN



KRONOLOGI
SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MA’ARIF MA’AHIDUL ‘IRFAN
SDITMMI
BANDONGAN

Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini telah menguasai peradaban dunia. Pesantren yang berperan sebagai lembaga pendidikan agama dituntut untuk dapat berperan lebih besar dalam rangka membina dan meningkatkan taraf hidup umat seiring dengan cepat dan ketatnya persaingan hidup dalam era global.
Hal-hal tersebut di atas yang mendorong Pimpinan Pondok Pesantren Ma’ahidul Irfan  Bandongan Magelang untuk ikut berperan berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat dan bernegara dengan mendirikan lembaga pendidikan formal untuk mengantarkan anak didik yang mempunyai Keteguhan Iman, Pengetahuan, Terampil dan Cakap sehingga mampu bersaing untuk masa depan yang lebih baik. Lembaga pendidikan formal tersebut adalah berupa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Yang mana lembaga pendidikan ini memadukan antara pendidikan agama dengan pendidikan sosial. Pendidikan dilaksanakan pada jenjang dasar sebab dengan bekal pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan jiwa berjuang sejak dini akan menghantarkan dirinya menuju jiwa ikhlas di hari kemudian. Nama dan panggilan bagi Lembaga Pendidikan Formal ini adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu Ma’arif Ma’ahidul ‘Irfan, yang kemudian diungkapkan dalam bahasa yang lebih singkat yaitu SDITMMI.
Adapun arti dari masing-masing kata yang digunakan sebagai nama sekolah dasar ini adalah sebagai berikut ;
1.      SD adalah singkatan dari kata Sekolah Dasar, yang mempunyai arti jenjang pendidikan terendah dan merupakan dasar dari jenjang pendidikan tinggi selanjutnya.
2.      Islam adalah agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW, merupakan suatu undang-undang, peraturan, dan hukum bagi seluruh umat muslim di dunia.
3.      Terpadu dimaksudkan bahwa lembaga pendidikan ini meskipun bernaung di bawah naungan dinas pendidikan, pemuda dan olah raga ‘baca Disdikpora’, namun dalam kerjanya adalah memadukan program yang sudah ditetapkan oleh pihak disdikpora dan program yang ditetapkan oleh kementerian agama ‘baca kemenag’. Hal ini dikarenakan dan bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pendidikan sosial/umum yang mantap dan pendidikan agama yang tidak tanggung-tanggung.
4.      Ma’arif adalah suatu lembaga pendidikan dari organisasi islam Nahdlatul Ulama. Dengan maksud meskipun lembaga pendidikan formal ini didirikan oleh pihak pondok pesantren, namun dalam kerjanya pondok pesantren sendiri masih menaruh harapan yang tinggi pada lembaga ma’arif untuk menuntun dan memberikan sportifitas serta dukungan pada pihak pondok pesantren dalam rangka melaksanakan apa yang telah menjadi tugas dan tanggung jawab pihak pondok pesantren.
5.      Ma’ahidul ‘Irfan adalah nama pondok pesantren yang mendirikan lembaga pendidikan formal, yang mana bekerja sama dengan lembaga ma’arif nahdlatul ulama. Metode kerja daripada kedua lembaga ini adalah bahwa pondok pesantren adalah sebagai pendiri, sedangkan pihak lembaga ma’arif adalah sebagai badan pendiri. Maka dari itu, beban moral dan kerja ada pada pihak pondok pesantren, sedangkan pihak ma’arif sendiri adalah sebagai manajer atau pengolah manajemen dari apa yang akan dikerjakan dan menjadi tugas pihak pondok pesantren. Sedangkan arti dari ma’ahidul ‘irfan sendiri adalah sebagai berikut ;
a.       Ma’ahid
Berasal dari kalimah isim Ma’had (mufrod), Ma’hadani (tasniyah), Ma’ahid (jama’). Adalah kalimat jama’ taksir dari lafal ma’ahad, yang mana lafal ma’had mempunyai arti “Perjanjian”, maka arti dari lafal ma’ahid adalah beberapa perjanjian atau perjanjian-perjanjian
b.      ‘Irfan
Lafal ‘Irfan berasal dari fi’il madhi ‘A-Ro-Fa yang mempunyai arti ‘Tahu, pintar, alim’, kata ‘irfan adalah mashdar dari lafal ‘a-ro-fa, maka arti dari lafal ‘irfan adalah pengetahuan.
Dari kedua arti di atas, lafal ma’ahidul ‘irfan dapat didefinisikan sebagai perjanjian-perjanjian tentang pengetahuan.

Untuk komponen-komponen dari singkatan nama sekolah adalah
SD
I
T
M
M
I

Sekolah Dasar
Islam
Terpadu
Ma’arif
Ma’ahidul
‘Irfan

Untuk pertama kalinya sekolah ini dibuka dan didirikan pada tahun ajaran 2011/2012, yang tepatnya pada bulan maret 2011 sekolah ini didirikan dan diresmikan oleh yayasan pondok pesantren dan lembaga ma’arif. Dan pada hari itu kepala sekolah dan bendahara ditetapkan secara bersamaan.
Adapun visi dan misi dari sekolah dasar islam terpadu “SDITMMI” adalah sebagai berikut ;
Visi
:
Cerdas, Terampil, Berkarakter Sholeh
Misi
:
1.      Menanamkan kesadaran prinsip hidup Belajar Sepanjang Hayat.
2.      Mengembangkan model pembelajaran yang SUPER (Sportif, Ulet, Progresif, Edukatif, dan Responsif)
3.      Menumbuhkan wawasan nasionalisme kebangsaan.
4.      Menumbuhkan sikap kemandirian dan berkecakapan hidup.
5.      Mengembangkan pola hidup yang melestarikan  nilai-nilai budaya lokal dalam menghadapi perubahan global.
6.      Mengembangkan nilai-nilai lulur pesantren dalam rangka membentuk pribadi yang berkarakter sholeh.
Lambang/logo sekolah adalah tergambar sebagaimana berikut ;

Arti dan makna dari lambang adalah
1.      Bentuk lingkaran berbunga dan berwarna hijau mempunyai arti bahwa setiap makhluk pasti mempunyai siklus kehidupan yang tidak tetap, layaknya dunia yang bundar setiap kali berputar, terkadang berkedudukan tinggi dan terkadang menjadi rendah. Begitu pula dengan sebuah lembaga kadang tinggi, kadang pula menjadi rendah. Meski demikian hati masing-masing anggota dari lembaga tersebut tetap berbunga yaitu tetap bahagia dan berwarna hijau yakni tetap tumbuh dan subur untuk menerima dengan ketabahan dan diusahakan dengan berdo’a, tawakal, dan mengharap ridloNya semoga dengan ketabahannya, ujian dan cobaan yang dilaluinya dapat memberikan manfaat dan pelajaran yang berguna bagi anggota tersebut.
2.      Melingkar bertuliskan SDIT MA’ARIF MA’AHIDUL ‘IRFAN mempunyai arti meski hambatan dan cobaan terus menerus menerjang, namun SDIT ibarat lingkaran yang tak hayal akan terus berjalan meskipun jalan yang begitu terjal, dalam artian bahwa SDIT tetap pantang menyerah dalam mengusahakan kemajuan dan meningkatnya kualitas pendidikan dan pengajaran dalam lembaga pendidikan tersebut.
3.      Buku terbuka di bawah dunia yang dililit tali berbintang 9 (sembilan) mempunyai arti ilmu tidaklah sempurna tanpa adanya buku/catatan sebagaimana difirmankan dalam Qs. Al Alaq ayat 1 yang mempunyai arti “bacalah dengan menyebut asma Tuhanmu yang maha menciptakan”. Buku terbuka tersebut bersumber dari faham ayat ini. Sedangkan maksud dari buku di bawah dunia adalah bahwa manusia menempati bumi, dan tidak mungkin jika ilmu yang digali dan dicari oleh manusia adalah selain di bumi, meskipun langit membentang, bulan bersinar serta matahari memberikan cahayanya, dll, semua itu adalah ibarat (pembelajaran) bagi manusia yang ada di bumi tentang kuasa ilahi yang maha pencipta. Adapun arti dari lilitan tali yang melilit dunia berbintang 9 (sembilan) dapat diketahui disini.
4.      Roda tiga bergandeng dan bersayap mempunyai arti 3 (tiga) hal yang tek akn terpisah dan sangat penting bagi kehidupan umat muslim khususnya dan seluruh manusia umumnya, yaitu Islam, Iman, Ihsan. Maksud dari sayap tersebut adalah bahwa ketiga komponen kehidupan adalah laksana burung yang terbang dan harus dicari dengan usaha yang tidak begitu mudah. Keimanan, keisalaman, dan keihsanan seseorang kadang-kadang bisa terbang entah kemana, dan jarang orang yang bisa menemukan ketiga hal tersebut dalam satu bidang.
·         Keislaman adalah pasrah dan tunduk kepada Tuhan YME
·         Keimanan adalah percaya dengan sungguh-sungguh tentang : adanya tuhan maha pencipta, adanya Nabi yang diutusNya yang diperuntukan mengajari manusia tentang keislaman, adanya malaikat sebagai penyampai wahyu (berita) dariNya yang disampaikan kepada Nabi, adanya Kitab (kalam Allah) yang diturunkan kepada Nabi lewat malaikat, adanya hari pembalasan, dan adanya takdir baik dan buruk adalah dariNya.
·         Keihsanan adalah mempunyai jiwa sosialis.
5.      Di bawah roda tampak tulisan cerdas, terampil, berkarakter sholih yang merupakan visi dari SDITMMI mempunyai arti bahwa SDITMMI ini mempunyai visi yang bernaung pada 3 (tiga) pilar kehidupan sebagaimana tersebut di atas.

Mohon do’a dan restunya pada awal tahun ajaran baru ini adalah tahun dimana seluruh program, administrasi, dan sistem SDITMMI akan dilaksanakan, semoga program dapat berjalan dengan lancar, administrasi dapat diatur dengan tertib, serta sistem sekoalah dapat dijalankan dengan rapi sesuai dengan yang telah direncanakan, dan semoga Allah Meridhai apa yang telah menjadi niat baik dari seluruh penyelenggara, pendiri, komite, panitia, dan seluruh pihak yang mendukung berdirinya lembaga pendidikan tersebut. Amien, Amien, Amien, Ya Robbal ‘Alamien.

No comments:

Post a Comment