Madrasah Diniyah Aliyah
Takhasus Ilmiah
Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan Soropaten Gandusari
Bandongan
Magelang Jawa Tengah
Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Nomor
Statistik Pesantren: 510033080130
Akta
Notaris Nomor: 09/2009, Tanggal 17 Oktober 2009
Notaris:
Evie Junani, SH.
Soropaten
Gandusari Bandongan Magelang Jawa Tengah
Kode Pos
56151, Telp. (0293) 314 204, CP. 081392094669
Lembar
Kepemilikan Panduan Penyusunan Muallafah
Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Soropaten
Gandusari Bandongan Magelang Jawa Tengah
Nama
|
:
|
………………………………………………………
|
NIS
|
:
|
………………………………………………………
|
Tempat
Lahir
|
:
|
………………………………………………………
|
Tanggal
Lahir
|
:
|
………………………………………………………
|
Tingkat
Madrasah
|
:
|
………………………………………………………
|
Tahun
Penyusunan
|
:
|
………………………………………………………
|
Alamat
Lengkap
|
:
|
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
|
Catatan
Tambahan
|
:
|
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
|
Pemilik,
…………………………………
NIS.
|
Catatan Pemilik.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Puji syukur
kita haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kami
untuk membuat Panduan Penyusunan Muallafah Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
ini, serta dzat yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kami sehingga pada
kesempatan kali ini kami dapat menghadirkan program baru dalam pendidikan
pesantren khususnya Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan yang berupa Penyusunan Muallafah/Karya
Tulis/Makalah sebagai bahan pertimbangan dalam kelulusan santri pondok
Pesantren.
Shalawat serta
salamNya semoga tetap tercurahkan atas Nabi Besar Muhammad SAW yang telah
mengajarkan dan menunjukkan seluruh umatnya dari zaman jahiliyah menuju zaman
yang penuh dengan keilmuan dengan perantara Agama Islam, semoga kita adalah
segolongan umat yang mendapat syafa’atnya di akhirat kelak, Amien.
Kami hadirkan
kepada pembaca sekalian, sebuah buku panduan Penyusunan Muallafah Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan. Semoga dengan diterbitkannya buku ini dapat
membantu penyusunan Muallafah bagi santri pondok pesantren khususnya, dan
umumnya kepada seluruh pembaca sekalian yang membutuhkan gambaran penyusunan
dasar sebuah artikel, makalah, dan sebagainya.
Berkaitan
dengan diadakannya program baru dalam kelulusan pendidikan program diniyah
aliyah pondok pesantren serta setelah kurang lebih 2 tahun berjalan Program
Penyusunan Karya Tulis sebagai syarat kelulusan, maka kami kembali merevisi
susunan format pembuatan Muallafah pada tahun 2011 silam, yakni tentang pedoman
atau panduan pembuatan karya tulis basis pesantren yang dibuat khusus sebagai
syarat kelulusan Program Diniyah Aliyah Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan.
Pedoman ini
memuat dan menguraikan informasi yang berkaitan dengan penyusunan karya tulis
meliputi sistematika penulisan, teknik penulisan, presentasi dan diskusi serta
penilaian. Agar pedoman ini senantiasa dapat memberikan informasi yang sahih,
benar, dan mutakhir, setiap masukan dan saran untuk perbaikan pedoman ini akan
diterima dengan senang hati. Saran dan kritik yang bersifat membangun selalu
kami nantikan demi kemajuan ilmu pendidikan Dunia Pesantren khususnya dan
umumnya terhadap kemajuan Dunia Islam.
Alhamdulillahirabbil’alamien.
Bandongan, 06 Nopember 2013
Penyusun,
Koordinator Pusat I Bidang Umum
Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Masa Khidmat 2013
Fajar Tri Anggono
NIS. 20 0301 161
Daftar Isi
Indeks hal
Sampul Depan ................................................................................................................. -
Halaman Sampul dalam ................................................................................................... -
Kata Pengantar ................................................................................................................ 4
Daftar isi ......................................................................................................................... 6
BAB I Pendahuluan ..................................................................................................... 7
A.
Pengertian Muallafah .......................................................................... 7
B.
Kode Etik Penyusunan Muallafah ....................................................... 8
C.
Tujuan Muallafah ................................................................................ 8
D.
Dasar Diadakannya Program Muallafah ............................................. 8
BAB II Penulisan dan
Penyusunan ............................................................................... 10
A.
Mekanisme Penyusunan Muallafah Berdasarkan Penelitian................ 10
B.
Persyaratan Penyusunan Muallafah .................................................... 11
C.
Materi Penyusunan Muallafah ............................................................ 13
D.
Sistematika Penyusunan Muallafah ..................................................... 22
E.
Format Penulisan Halaman ................................................................. 26
F.
Format Penulisan Lambang ................................................................. 27
G.
Format Penulisan Tabel ....................................................................... 27
H.
Penulisan pada Gambar ....................................................................... 29
BAB III Penutup ............................................................................................................. 31
Lampiran ......................................................................................................................... 32
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Pengertian Muallafah
Istilah Muallafah diambil dari bahasa arab allafa yang
berarti menyusun/membuat suatu karya/merangkai. Maka dari itu, istilah
muallafah dapat diartikan secara Istilah adalah sebuah karya yang didasarkan
pada buku atau pustaka lain, baik berbentuk video, teks, ataupun wawancara yang
kesemuanya dapat dipertanggung jawabkan kebenaran dan keafsahannya. Pertanggung
jawaban kebenaran dan keafsahan buku/referensi/kutipan/rujukan dibuktikan
dengan penulisan kutipan. Muallafah Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan adalah
sebuah penyusunan karya Ilmiah oleh santri Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan,
yang berlaku sebagai salah satu Syarat Kelulusan Program Madrasah Diniyah
Aliyah Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan (baca: PPMI). Penyusunan Muallafah dilaksanakan
pada tahap akhir pendidikan Madrasah Diniyah Aliyah PPMI. Penambahan Istilah
Ilmiah Takhasus dalam Penyusunan Muallafah adalah mengkhususkan penyusunan
Muallafah pada 1 atau 2 bidang keilmuan saja. Yakni bahwa penyusunan Muallafah
dalam banyak bidang keilmuan tidak diperbolehkan, karena selain tidak
memungkinkan penyusunan, Muallafah akan membingungkan pembaca dan pastinya
keterangan yang ada di dalamnya kurang jelas dan berbelit-belit sebab meski 1
bidang ilmu itu berkaitan dengan bidang lain, namun kadang-kadang judul dan tema
dalam suatu bidang keilmuan yang sedang atau akan dibuat belum tentu
sama/berkaitan/berhubungan dengan judul atau tema dalam bidang keilmuan yang
lain. Santri yang berhak menyusun Muallafah adalah santri yang tercatat sebagai
santri tingkat Akhir Madrasah Diniyah Aliyah. Untuk pertama kalinya, Program
Penyusunan Muallafah mulai dilaksanakan pada tahun 2012/1433.
B.
Kode Etik Penyusunan Muallafah
Kode etik adalah seperangkat norma yang dapat
dijadikan pedoman dalam penyusunan suatu Karya. Norma itu berkaitan dengan
teknik pengutipan, perujukan, perizinan terhadap bahan yang digunakan dan
penyebutan sumber data atau informasi. Penyusunan Muallafah harus jujur, dengan
menyebutkan rujukan terhadap bahan atau pikiran yang diambil dari sumber lain.
Pemakaian bahan, kutiipan atau pikiran dari suatu sumber atau orang lain yang
tidak disertai dengan rujukan dapat diidentikkan dengan plagiasi.
C. Tujuan Penyusunan Muallafah
1) Meningkatkan Potensi kepahaman santri tentang ilmu yang dibidanginya
2) Pendalaman takhasus para santri
3) Sebagai salah satu syarat kelulusan Program Madrasah Diniyah.
4) Tambahan pengetahuan bagi santri untuk bekal dalam kehidupan bermasyarakat
D. Dasar Diadakannya Program Muallafah
1. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2. Pasal 5 dan 6 Anggaran Dasar Pondok Pesantren Ma’ahidul ’Irfan
3. Keputusan Pengurus Koordinat 1 Bidang Tarbiyah Tentang Penyelenggaraan
Program Muallafah Takhasus Ilmiah Madrasah Diniyah Aliyah Pondok Pesantren
Ma’ahidul ’Irfan Nomor: 01.31/22/195/PPMI/XII/2011
4. Persetujuan Penyelenggaraan Muallafah Pondok Pesantren Atas Nama Pengasuh
Pondok Pesantren Ma’ahidul ’Irfan Nomor: 01.01/11/195/PPMI/I/2012
BAB II
PENULISAN DAN PENYUSUNAN MUALLAFAH
A.
Mekanisme Penyusunan Muallafah
1.
Santri Madrasah Diniyah Aliyah Kelas III secara Langsung mendapat
kewajiban membuat Muallafah.
2.
Santri mendapat bimbingan dari pengasuh atau yang mewakili tentang
materi dan sistematika penyusunan Muallafah yang telah diajukan dan atau
Bimbingan Tentang Penelitian yang akan dilaksanakan
3.
Santri menyusun Muallafah sesuai dengan judul dan permohonan yang
telah diajukan kepada Pondok Pesantren dan melaksanakan penelitian (bagi yang
mengajukan).
4.
Santri mengujikan Muallafah kepada Pengasuh Pondok Pesantren untuk
diterbitkan Pengesahan Muallafah.
5.
Santri membuat Muallafah rangkap 3 yang terdiri dan dibagi menjadi:
1 jilid untuk santri, 1 jilid untuk arsip Pengurus Bidang Tarbiyah, dan 1 jilid
untuk perpustakaan.
6.
Santri menandatangani berangkas penyerahan Muallafah yang telah
disediakan.
7.
Santri memperoleh Ijazah kelulusan Pondok Pesantren dan hal yang
bersangkutan dengan kelulusan Madrasah.
B.
Materi Penyusunan Muallafah
1.
Pemilihan Judul dan Tema Muallafah
Pemilihan
judul dan tema dalam pembuatan Muallafah didasarkan pada takhasus pada tingkat
madrasah yang dikuasai masing-masing santri. Pemilihan judul dapat
dibimbingkan, ditujukan, atau dirujukkan pada karya-karya, referensi, pustaka,
dan buku yang telah diakui kebenaran dan keafsahannya.
2.
Pembuatan Materi Isi
Isi Muallafah
dapat tertuju pada beberapa fan kelimuan (takhasus keilmuan) keagamaan.
Diantara takhasus tersebut adalah Ilmu nahwu, Shorof, Tajwid, Tauhid, Fiqih,
Aqidah, Akhlak, dan lain sebagainya. Dan dapat berupa analisa, terjemah,
ataupun uji pendapat tentang suatu keilmuan dalam bidang keagamaan. Setiap isi
dalam Muallafah adalah pengembangan dari buku atau karya yang telah ada. Bagi
santri yang sengaja membuat karya secara plagiat/tiruan karya orang lain secara
murni/keseluruhan maka karya tersebut tidak dipergunakan/karya tersebut
dihanguskan.[1]
Bagi
santri yang melakukan Plagiat (santri Plagiator) berkewajiban mengulang
pembuatan Muallafah sesuai prosedur yang tersebut dalam mekanisme penyusunan Muallafah.
3.
Bahasa Penyusunan Muallafah
Bahasa
yang diperolehkan untuk dipergunakan dalam menyusun Muallafah adalah bahasa
Indonesia (diutamakan) dengan memperhatikan EYD yang berlaku, dan Bahasa Jawa. Untuk
bahasa selain kedua bahasa secara mutlak tidak biperbolehkan.
4.
Ukuran Kertas dan Minimal Isi Halaman
Kertas
yang digunakan dalam penyusunan Muallafah adalah Kertas Kwarto (A4) ukuran 21
cm x 29 cm, atau 8.27 inc x 11.69 inc, dengan berat 75 atau 80 gsm. Minimal
Penyusunan Muallafah terdiri dari 30 halaman yang terdiri dari bagian
pendahuluan sampai akhir bagian penutup.
5.
Sistematika Penulisan
a.
Bagian Pendahuluan
Berisi
halaman sampul depan, sampul dalam, surat
pernyataan keaslian karya, halaman pengesahan, motto, halaman persembahan,
kata pengantar, daftar isi, daftar Gambar dan Tabel (jika ada), daftar lampiran,
dan abstraksi.
1)
Sampul Muka berisi tulisan MUALLAFAH, Judul Muallafah lengkap
dengan keterangannya, Logo Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, maksud pembuatan
Muallafah Sebagai salah satu syarat kelulusan Madrasah Diniyah Aliyah Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, penyusun dan Nomor Induk Santri (NIS), tulisan Madrasah
Diniyah Aliyah Takhasus Ilmiah Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, dan diakhiri
dengan tahun pembuatan. Contoh Format sampul tersebut dalam lampiran dengan
format teks 1/1.5 spasi.
2)
Halaman Sampul berisi format yang sama dengan sampul muka, hanya
diletakkan di dalam dan masuk ke dalam salah satu halaman dalam Bagian
Pendahuluan.
3)
Pernyataan Keaslian Karya dan Ijin Publikasi: Berisi Nama, NIS, Alamat,
Tingkat Madrasah, Nama Pesantren, dan Judul Muallafah, dibuat dengan 1 spasi
dengan dibubuhi materai Rp. 3.000,- (jika perlu). Untuk format
pernyataan keaslian dan Ijin Publikasi sebagaimana tersebut dalam lampiran.
Dan wajib dibuat dalam Bahasa Indonesia.
4)
Untuk halaman pengesahan dibuat oleh Pesantren.
5)
Format halaman motto dan halaman persembahan: mulai dari type font
sampai pada jarak tulisan dibuat sesuai format masing-masing santri, dengan
ketentuan halaman motto tidak diperbolehkan lebih dari 1 halaman, dan halaman
persembahan tidak diperbolehkan lebih dari 2 lembar.
6)
Kata pengantar dibuat dengan type font Times New Roman, ukuran 12
pt, dengan jarak 1 spasi. Dan tidak diperbolehkan lebih dari 2 (dua) halaman.
7)
Daftar isi Memuat gambaran secara menyeluruh tentang isi dan sebagai petunjuk bagi
pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau sub bab judul. Dalam daftar isi
tertera urutan Bab dan sub Bab. Format teks dengan type font Times New Roman
ukuran 12 pt jarak 1 spasi.
8)
Abstraksi adalah gambaran ringkas dari keseluruhan karya yang
dibuat, mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup Muallafah. Abstrak Muallafah
Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan dibuat ke dalam bahasa Indonesia dan dibuat
dengan type font Times New Romann unuran 12 pt dengan 1 spasi, dan tidak diperkenankan
lebih dari 1 halaman.
b.
Bagian Inti/Isi
1)
Bab I Pendahuluan
Berisi
Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Kegunaan, Telaah Pustaka,
Metodologi penulisan, Hipotesa Permasalahan (jika diperlukan), dan
sistematika penulisan Muallafah.
a)
Latar Belakang: Berisi
1.
Gambaran/Pengertian ringkas dari titik temu judul Muallafah,
2.
Kondisi real yang dialami sebelum diadakan atau disusun sebuah
penulisan tentang hal tersebut,
3.
Keadaan setelah diadakannya penulisan, dan harapan setelah
diadakannya penulisan. Latar belakang tidak boleh lebih dari 2 (dua) halaman.
b)
Rumusan Masalah
Rumusan
masalah adalah hasil analisa kekurangan atau permasalahan yang diambil dari
pemaparan pendahuluan. Perumusan masalah tidak diperbolehkan lebih dari 3
rumusan masalah.
c)
Tujuan
Tujuan
penulisan adalah jawaban sementara atau harapan dari pemecahan masalah yang
terdapat dalam rumusan masalah.
d)
Manfaat
Berisi
hal yang diharapkan setelah tujuan penulisan dapat tercapai, atau isi dari
Muallafah dapat dilaksanakan.
e)
Telaah Pustaka
Pengertian
tentang judul dan penalaran masalah yang dihadapi dalam perumusan masalah, atau
dapat disebut juga Telaah Pustaka dirubah menjadi Batasan Istilah yang ditulis
di dalam Muallafah.
f)
Metodologi Penulisan
Adalah
sebuah cara untuk mencari data yang sesuai dengan materi yang akan disusun
dalam Muallafah.
2)
Bab II Landasan Teori
Berisi
tentang materi pendukung yang berhubungan dengan judul serta permasalahan dan
berlaku sebagai landasan yang akan dipaparkan dalam analisa masalah. Landasan
teori tidak diperbolehkan keluar dari materi yang terkandung dalam rumusan
masalah.
3)
Bab III Analisa Masalah
Merupakan
jabaran dari rumusan masalah untuk mencapai tujuan. Analisa Masalah tidak boleh
bertentangan dengan landasan teori yang disebutkan, dan tidak bertentangan pula
dengan permasalahan yang telah dirumuskan.
4)
Bab IV Penutup
Berisi
kesimpulan, saran, dan penutup penyusunan Muallafah. Kesimpulan berupa hasil
dari seluruh bagian dalam pembuatan Muallafah. Dalam penulisan kesimpulan harus
disinkronkan dengan rumusan masalah.
c.
Bagian Penutup
Berisi
daftar pustaka, lampiran-lampiran, keterangan Izin pembuatan Muallafah, surat Izin
penelitian (jika berupa penelitian pada tempat lain selain Pondok Pesantren
Ma’ahidul ‘Irfan atau Penelitian tentang uji pendapat dan bedah buku), dan
beberapa fotokopi pendukung Muallafah.
1)
Daftar pustaka disusun dan diurutkan berdasar urutan abjad. Daftar
pustaka ditulis dengan ketentuan: font type Times New Roman, ukuran 12 pt, dan
1 spasi dengan format penulisan sebagai berikut.
namaBelakang,
namaDepan, JudulKarya/Buku, Kota: TempatTerbit, tahunTerbit…
Contoh:
Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, Semarang: PT. Indah, 2009.
2)
Halaman yang harus dilampirkan dalam penyusunan Muallafah adalah
Daftar Riwayat Hidup dengan relefansi: Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir,
Alamat, Riwayat Pendidikan mulai dari TK/SD/MI/tidak sekolah sampai pada
menduduki Pendidikan Pesantren, Pengalaman Organisasi (jika perlu dan pernah
mengikuti kegiatan organisasi), dan informasi penunjang lain.
3)
Jika Muallafah adalah hasil penelitian lapangan, maka wajib
melampirkan Surat Keterangan dari Objek Penelitian, dan atau Keterangan
Pengasuh Pesantren tentang Penelitian atau uji Pendapat dan Bedah Buku.
4)
Keterangan Tambahan
Khusus
untuk pembuatan Muallafah yang berdasarkan pada penelitian Lapangan, maka
format penyusunan Muallafah adalah ditambah 1 Bab khusus berupa laporan
penelitian yang terletak pada Bab III. Jadi format laporan adalah sebagai
berikut.
a)
Bagian Pendahuluan, berisi
Berisi Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Kegunaan,
Telaah Pustaka, Metodologi penulisan, Hipotesa Permasalahan (wajib diisi
ketika penyusunan Muallafah berupa penelitian lapangan), dan sistematika
penulisan Muallafah.
b)
Bagian Isi terdiri dari 5 (lima) bab, yaitu: Bab I Pendahuluan, Bab
II Landasan Teori, Bab III Laporan Penelitian, Bab IV Analisa Masalah, dan Bab
V Penutup. Penambahan Laporan Penelitian berupa laporan dari keseluruhan
penelitian yang dilakukan, baik berupa dokumentasi file atau dokumen gambar,
wawancara, dan lain sebagainya.
c)
Bagian Penutup terdiri dari kesimpulan, saran, dan penutup
penyusunan Muallafah. Kesimpulan berupa hasil dari seluruh bagian dalam
pembuatan Muallafah.
C.
Sistematika Penulisan Muallafah
1.
Keseluruhan penulisan menggunakan font type Times New Roman dengan
Margin kanan dan bawah 3 cm/ 1.18 inc, dan margin kiri dan atas 4 cm/ 1.58 inc.
Align text Justify (rata kanan-kiri), kecuali untuk Bab ditulis dengan align
text Center (tulis tengah) dan terletak pada bagian atas dengan format
huruf kapital. Untuk penulisan anak sub bab ditulis dengan huruf kapital pada
awal kalimah, kecuali pada huruf sambung seperti di, pada, dalam,
dan sebagainya.
2.
Penulisan Bagian isi secara keseluruhan dengan menggunakan type
font Times New Roman ukuran 12 pt dengan jarak 1.5 spasi, kecuali untuk Bab
ditulis dengan ukuran 14 pt dan jarak 3 spasi, Setiap permulaan paragraf
diawali dengan jarak 1 inc/ 1.5 cm/ 1
tab/ 7 spasi dari margin kiri.
3.
Penulisan Kutipan
Kutipan
adalah Pengambilan rujukan bahan dari marji’ (buku, karya tulis, Majalah,
Koran, wawancara, dll) yang telah diakui keafsahannya. Kutipan dapat ditulis
dengan 2 macam bentuk dan cara, yaitu Footnote dan Bodynote.
a)
Footnote
Footnote
adalah catatan kutipan yang ditulis di bagian bawah Muallafah. Kutipan yang
berupa footnote adalah dengan type Times New Roman ukuran 10 pt, jarak 1 spasi,
dengan permulaan penulisan 1 inc/ 1.5 cm/ 1 tab/ 7 spasi dari margin kiri,
dengan ketentuan bahwa: setiap footnote terletak di akhir paragraf. Format
penulisan kutipan berupa footnote adalah
NamaBelakang,
NamaDepan, JudulBuku, (KotaTerbit: CV/Perusahaan, TahunTerbit), halaman…
Contoh:
Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm. 23
1)
Apabila dalam 1 halaman Muallafah yang diambil dari
buku/referensi/kutipan yang sama dengan halaman yang berbeda, maka footnote
cukup ditulis dengan istilah: ibid, hlm…., atau dengan sitilah: ibid
‘tanpa halaman’ saja jika kutipan berasal dari buku/referensi/kutipan dan
halaman yang sama. Sedangkan untuk istilah Op.cit, Lok.cit dan lain sebagainya
tidak dipergunakan.
Contoh:
Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm. 23
Ibid.
Ibid, hlm. 45
2)
Penulisan kutipan pada halaman Muallafah yang berbeda, namun
dikutip dari buku yang sama, yaitu buku/referensi yang telah disebutkan pada
halaman sebelumnya maka penulisan kutipan cukup ditulis dengan format: nama
pengarang, judul karya, tiga titik (…), dan halaman pengutipan.
Contoh:
Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, … , hlm. 123
3)
Kutipan suatu karya yang tidak menguraikan tempat terbit cukup
ditulis dengan t.t.p (tanpa tempat penerbit), karya yang tidak
menguraikan penerbit cukup ditulis dengan 3 titik (…), sedangkan untuk karya yang
tidak mencantumkan tahun terbit cukup ditulis t.t. (tanpa tahun)
Contoh:
Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, (t.t.p: … , t.t), hlm. 23
4)
Pengambilan Kutipan dari buku yang dikarang secara
bersama-sama/kelompok, penulisan pengarang buku/referensi ditulis dengan
mencantumkan nama ketua kelompok tersebut ditambah dengan kata et, AL.
contoh:
Mahmudi,
Sarwo, et, AL, Keindahan Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm.
23
5)
Kutipan yang diambil dari artikel yang berada di website/internet,
dituliskan format pengutipan sebagai berikut.
Pengarang/t.p.(jika
pengarang menyembunyikan identitas), JudulKutipan(garis miring), (tempatPengambilanKutipan(misal:
warnet, rumah pribadi, dll): linkPengambilanKutipan, tanggalPengambilan.
Contoh:
Atau
b)
Bodynote
Bodynote
adalah rujukan/kutipan yang ditulis pada paragraf suatu kutipan. Format
penulisan pengutipan sama dengan format penulisan footnote, dengan ketentuan:
font type Times New Roman, ukuran 12 pt, jarak 1.5 spasi. Terdapat 3 macam
bodynote, masing-masing terletak di awal, tengah, dan akhir kalimah pengutipan.
1)
Bodynote di awal kalimah
(Mahmudi,
Sarwo, Keindahan Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm. 23) Islam
adalah keindahan, karena Islam adalah satu-satunya agama yang dierima di sisi
Allah SWT…
2)
Bodynote di tengah kalimah
…
Tersebut bahwa Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. (Mahmudi, Sarwo, Keindahan
Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm. 23) Islam adalah keindahan, karena
Islam adalah satu-satunya agama yang dierima di sisi Allah SWT…
3)
Bodynote di akhir kalimah
…
Tersebut bahwa Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Islam adalah keindahan,
karena Islam adalah satu-satunya agama yang dierima di sisi Allah SWT.
(Mahmudi, Sarwo, Keindahan Islam, (Semarang: PT. Indah, 2009), hlm. 23)
4.
Kutipan Hasil Wawancara
Kutipan
yang berasal dari hasil wawancara dan lain sebagainya, maka kutipan ditulis
dengan format penuliusan font type Times New Roman ukuran 10 pt jarak 1 spasi.
Peletakan kutipan sama dengan footnote atau bodynote, dengan format penulisan:
namaYang
diwawancara, Hasil Wawancara (tulis mriring), babMasalahwawancara(miring),(Daerahwawancara:
lokasi, tanggal wawancara).
Contoh.
Kepala
MI Ngadiresto, Hasil Wawancara, Permasalahan Akhlak Siswa Kepada Guru
dan Teman, (Purworejo: MI Ngadiresto, 23 Februari 2009).
D.
Format Penulisan Halaman
1.
Bagian Pendahuluan, penomoran ditulis dengan abjad arab i, ii, iii,
iv, v, dst. Dengan format teks font type Times New Roman ukuran 12, dengan tata
letak di tengah pada bagian bawah karya. Untuk halaman sampul, pernyataan
keaslian, dan halaman pengesahan tidak diberi halaman namun dihitung sebagai
isi dari karya yang sedang digarap.
2.
Bagian Isi, penomoran ditulis dengan menggunakan format angka arab
1, 2, 3, 4, 5, dst. Format penulisan untuk penomoran halaman dalam Bagian Isi adalah
dengan format teks font type Times New Roman ukuran 12 pt, terletak pada bagian
atas sebelah kanan, kecuali pada Halaman Bab, ditulis di Tengah bagian bawah.
3.
Bagian penutup, yang diberi halaman hanya daftar pustaka. Penomoran
Halaman daftar pustaka adalah nomor lanjutan dari halaman sebelumnya yang
terdapat dalam bagian penutup, namun format penomoran halaman pada daftar pustaka
adalah sama dengan format penomoran pada bagian isi yang terdapat dalam Halaman
Bab, yaitu font type Times New Roman ukuran 12 pt, terletak di bagian bawah
dengan posisi di tengah halaman. Selain daftar pustaka, seluruh halaman dalam
bagian penutup tidak diberi halaman.
E.
Format Penulisan Lambang
Penulisan untuk setiap awal bab dengan huruf kapital, untuk sub bab
dan anak sub bab dengan format huruf kapital pada setiap awal kalimah kecuali
pada huruf sambung seperti di, pada, dalam, dan
sebagainya.
F.
Format Penulisan tabel
Ditulis dengan format type font Times New Roman ukuran 11 pt dengan
jarak 1 spasi, sedangkan penulisan keterangan tabel ditulis dengan format
urutan tabel berdasarkan pada Bab yang diberi tabel dengan urutan tabel, dan
diletakkan di atas tabel dengan format penulisan type font Times New Roman
ukuran 11 pt jarak 1 spasi, kemudian untuk penulisan sumber rujukan tabel
diletakkan di bawah tabel dengan format penulisan sama dengan format penulisan
footnote, yaitu: type font Times New Roman ukuran 10 pt dengan jarak 1 spasi.
Jika tabel tidak memiliki sumber pasti cukup ditulis bahwa sumber tabel berasal
dari gambaran penulis. Dan Memberi jarak 3 spasi antara teks sebelum tabel dan teks
sesudah tabel. Contoh tabel
yang memiliki sumber;
Tabel 3.2. Tabel Pemasukan
No
|
Pemasukan
|
Keterangan Jumlah (Rp)
|
1
|
Syahriah Bulan Desember 2009
|
300.000,-
|
2
|
Amal Jariyah Bapak Jumadi
|
3.000.000,-
|
3
|
Syahriah Bulan Januari 2010
|
2.500.000,-
|
4
|
Infaq Dusun Soropaten
|
500.000,-
|
5
|
Amal Jariah dari Hamba Allah
|
500.000,-
|
Sumber:
Pengurus Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, Hasil wawancara, Pemasukan
Pesantren, (Soropaten: Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, 10 Januari 2011).
Contoh tabel yang tidak memiliki sumber pasti;
Tabel 3.2. Tabel Pemasukan
No
|
Pemasukan
|
Keterangan Jumlah (Rp)
|
1
|
Syahriah Bulan Desember 2009
|
300.000,-
|
2
|
Amal Jariyah Bapak Jumadi
|
3.000.000,-
|
3
|
Syahriah Bulan Januari 2010
|
2.500.000,-
|
4
|
Infaq Dusun Soropaten
|
500.000,-
|
5
|
Amal Jariah dari Hamba Allah
|
500.000,-
|
Sumber:
Gambaran Penyusun.
Keterangan contoh: tabel terletak pada Bab III, dengan urutan
kedua.
Jika suatu tabel cukup pendek (kurang dari
setengah halaman) sebaiknya diintegrasikan dengan teks yang bersangkutan dengan
tabel, dan jika tabel cukup besar (lebih dari setengah halaman) maka tabel
harus ditempatkan pada halaman tersendiri, dan jika tabel lebih dari 1 halaman
maka tabel dilanjutkan pada halaman berikutnya, ditulis dengan lanjutan tabel... pada tepi kiri,
kemudian membuat tabel lagi dengan mencantumkan kepala tabel (termasuk
teksnya). Contoh;
Tabel 3.2. Tabel Pemasukan
No
|
Pemasukan
|
Keterangan Jumlah (Rp)
|
1
|
Syahriah Bulan Desember 2009
|
300.000,-
|
2
|
Amal Jariyah Bapak Jumadi
|
3.000.000,-
|
3
|
Syahriah Bulan Januari 2010
|
2.500.000,-
|
4
|
Infaq Dusun Soropaten
|
500.000,-
|
5
|
Amal Jariah dari Hamba Allah
|
500.000,-
|
6
|
Syahriah Bulan Desember 2009
|
300.000,-
|
7
|
Amal Jariyah Bapak Jumadi
|
3.000.000,-
|
Lanjutan tabel 3.2. Tabel Pemasukan
No
|
Pemasukan
|
Keterangan Jumlah (Rp)
|
8
|
Syahriah Bulan Januari 2010
|
2.500.000,-
|
9
|
Infaq Dusun Soropaten
|
500.000,-
|
10
|
Amal Jariah dari Hamba Allah
|
500.000,-
|
Sumber:
Pengurus Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, Hasil wawancara, Pemasukan
Pesantren, (Soropaten: Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan, 10 Januari 2011).
G.
Penulisan Gambar
Penulisan keterangan gambar terletak di bawah gambar dengan format
urutan gambar berdasarkan pada Bab yang bergambar dengan urutan gambar, dengan ketentuan:
font type Times New Roman ukuran 12 pt, jarak 1 spasi, dan setelah keterangan
gambar diberi jarak 1 spasi sebelum tulisan setelah gambar atau keterangan
gambar. Contoh
Gambar 2.2. Salah Satu Macam Khot Basmalah
Keterangan
Gambar adalah sebagai berikut:
1.
…
2.
…
3.
…
Keterangan contoh: gambar terletak dalam Bab II dengan urutan kedua
dalam beberapa gambar yang terdapat pada bab tersebut.
Gambar 3.1. Gambaran Huruf Hijaiyah
Keterangan
Gambar adalah sebagai berikut:
1.
…
2.
…
3.
…
Keterangan contoh: gambar terletak dalam Bab III dengan urutan
pertama dalam beberapa gambar yang terdapat pada bab tersebut.
BAB III
PENUTUP
Alhamdulillah penulisan Panduan Penyusunan Muallafah dapat terselsaikan dengan
baik. Meski banyak kekurangan yang terdapat di dalamnya, penulis berharap
mendapat banyak masukan dan saran serta kritik yang bersifat membangun dari
pembaca sekalian, demi kemajuan Islam dan khususnya demi kemajuan Pendidikan Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan.
Apabila
ada kekurangan atau kesalahan dalam penyusunan buku panduan ini, dimohon
langsung saja kirimkan kritik dan saran anda kepada Pengurus Koordinat 1 Bidang
Tarbiyah untuk segera melaksanakan revisi/pembenahan. Dan apabila ada yang
kurang jelas tentang isi buku panduan penyusunan Muallafah, dapat
dikonfirmasikan kepada Koordinator 1 sebagai Penanggung Jawab pelaksanaan
Penyusunan Muallafah.
Semoga
dengan diterbitkannya buku panduan ini, dapat membantu pembaca sekalian dalam
pembuatan suatu karya tulis ilmiah ataupun makalah. Hanya kepada Allah kita
menyembah dan hanya kepadaNya kita memohon ampun, Maha Besar Allah yang
mengetahui segalanya. Wallahu a’lam bissawab.
Penyusun,
Koordinator Pusat I Bidang Umum
Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Masa Khidmat 2013
Lampiran-Lampiran
1.
Lampiran Contoh Surat Permohonan Penyusunan Muallafah
2.
Lampiran Contoh Surat Permohonan Izin Penelitian
3.
Lampiran Contoh format Halaman Muka dan Halaman Sampul
4.
Lampiran Contoh Format pernyataan keaslian
Lampiran
Contoh Surat Permohonan Penyusunan Muallafah
MUALLAFAH
ILMU
FIQIH UNTUK KEHIDUPAN
Analisa
Ilmu Fiqih dalam Kehidupan Keseharian
Untuk
Mengenali Lebih Dalam Tentang Ilmu Fiqih Keseharian
Diajukan Kepada Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan
Program Madrasah Diniyah Aliyah Takhasus Ilmiah
Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
OLEH:
Muhammad
Ibnu Kholid
NIS:
200301199
BIDANG
TARBIYAH
MADRASAH
DINIYAH ALIYAH TAKHASUS ILMIAH
PONDOK
PESANTREN MA’AHIDUL ‘IRFAN
TAHUN
2013 M/1434 H
|
Contoh
Format pernyataan keaslian.
Pernyataan Keaslian Karya dan Ijin
Publikasi: Berisi Nama, NIS, Alamat, Tingkat Madrasah, Nama Pesantren, dan
Judul Muallafah, dibuat dengan 1 spasi dengan dibubuhi materai Rp. 3.000,- (jika
perlu).
PERNYATAAN
KEASLIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini ;
Nama Lengkap :
Muhammad Ibnu Kholid
NIS : 200301199
Alamat
: Sitikan Ropoh
Kepil Wonosobo
Nama Pesantren : Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan
Judul Muallafah : ILMU FIQIH UNTUK KEHIDUPAN
Analisa Ilmu Fiqih
dalam Kehidupan Keseharian
Untuk Mengenali Lebih
Dalam Tentang Ilmu Fiqih Keseharian
Menyatakan
bahwa Muallafah ini secara keseluruhan adalah hasil penelitian atau karya
saya sendiri dan bukan merupakan karya Plagiat dari hasil karya orang lain,
kecuali pada bagian yang dirujuk sumbernya. Bila di kemudian hari terbukti
muallafah ini merupakan plagiat dari hasil karya orang lain, maka saya
bersedia menerima sanksi administrasi maupun sanksi dalam bentuk apapun.
Dan demi
pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui memberikan kepada Pondok
Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan Soropaten Gandusari Bandongan Magelang Hak Bebas
Royalti Noneksklusif (Non-Exclusive Royalty-Free Right) atas Muallafah
yang berjudul:
ILMU
FIQIH UNTUK KEHIDUPAN
Analisa
Ilmu Fiqih dalam Kehidupan Keseharian
Untuk
Mengenali Lebih Dalam Tentang Ilmu Fiqih Keseharian
Dengan hak
Bebas Royalti Noneksklusif ini Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan berhak
menyimpan, mengalihmedia/memformatkan, mengelola dalam bentuk pangkalan
data (Database), merawat, dan mempublikasikan Muallafah tersebut selama
tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis dan sebagai pemilik hak cipta.
Demikian
pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak
manapun.
Magelang, 27 Oktober
2013
Saya yang menyatakan,
Muhammad Ibnu Kholid
NIS: 200301199
|
[1] Plagiat adalah Pengambilan
Karangan, Penjiplakan Buku karangan orang lain yang diatasnamakan/disiarkan
sebagai karangan sendiri. (Sugono, Dendy, et. al., Kamus Bahasa
Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa Indonesia, 2008), hlm. 1193
No comments:
Post a Comment