Cerpen ZIARAH KE MAKAM SUNAN PANDAN ARAN

ZIARAH KE MAKAM SUNAN PANDAN ARAN
Karya: M Rega Pratama Firmansyah
Siswa Kelas 6 SD IT Ma'arif Bandongan

Untuk yang ketiga kalinya aku bersama keluargaku, yaitu Ayah, Ibu, dan Adikku adu kesempatan untuk ziarah ke makam Sunan Pandan Aran yang terletak di Bayat Klaten. Kami berangkat pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2016 pada pukul 20.00 WIB setelah kami mendirikan shalat isya’. Sebelum melaksanakan perjalanan aku mempersiapkan segala sesuatunya seperti makanan, minuman, jaket, dan selimut.
Sebelum berangkat, kami melakukan doa bersama agar perjalanan kami diberi keselamatan sampai tujuan. Dalam perjalanan, aku menemui berbagai kendaraan, mulai yang roda dua, roda tiga, sampai roda empat seperti bus, truk, mobil pribadi, sepeda motor, dan becak.
Kami tiba di tempat ziarah pukul 22.30 WIB. Setelah mendapat tempat parkir, kami menuju toilet yang banyak tersedia di area parkir. Untuk menuju tempat ziarah, kami dikenai biaya masuk Rp.1000,- per orang dan kami harus melewati anak tangga yang cukup tinggi. Sesampainya di atas, kita harus mengisi buku tamu, setelah itu kami bisa langsung menuju Makam Sunan Pandan Aran untuk berziarah.
Setelah berziarah, kami langsung pulang karena waktu sudah larut malam. Dan malam itu kami sangat menikmati wisata religi.



Share on Google Plus

About Joko Sungsang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.